Sukses

Berapa Usia Ideal untuk Mulai Berbisnis?

Bagi Anda yang berniat mendirikan bisnis, ternyata bukan hanya modal dan strategi yang perlu perlu dipikirkan. Ternyata, usia juga merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Faktanya, sebagian pengusaha besar mengungkapkan usia 25 bukan waktu yang tepat untuk mulai berbisnis.

Dalam buku berjudul `Breakthrough Entrepreneurship: The Proven Framework for Building Brilliant New Ventures` karya pengusaha besar Jon Burgstone dan Bill Murphy, orang-orang yang berusia 30 tahun ke atas memiliki lebih banyak pengalaman dan matang dalam berbisnis.

Sementara melansir lamar Inc.com, Kamis (6/11/2013), banyak pengusaha sukses memulai bisnisnya saat berusia di atas 25 tahun. Terbukti, jumlah pengusaha sukses yang membangun bisnis di bidang teknologi rata-rata berusia 35-39 tahun. Jumlahnya dua kali lipat dari orang yang berusia di atas 50 tahun dan lebih muda dari 25 tahun.

Artinya, para pengusaha berusia 24-35 tahun masih dianggap berisiko untuk memulai bisnis sendiri. Menurut survei American Express, dari 16% orang yang memulai bisnis langsung setelah lulus, hanya 4% yang berhasil.

Sementara itu para pengusaha yang berhasil membangun bisnis diantaranya seperti Jimmy Wales pendiri Wikipedia, Michael Arrington pendiri TechCrunch serta Reed Hastings pembangun  Netflix. Seluruh pengusaha sukses tersebut berusia antara 35 hingga 42 tahun.

Namun diungkap Wales, para pemuda tak perlu takut unuk memulai sukses di usia yang lebih muda. Menurutnya, umur hanyalah angka tanpa makna dan tidak menentukan apapun dalam bisnis. (Sis/Ndw)