Sukses

Miliarder Gucci, Campakkan Pacar yang Hamil Demi Salma Hayek

Francois Henri Pinhault mengaku mencampakkan kekasihnya Linda Evangelista, saat dia tengah hamil. Ia memilih nikahi Salma Hayek.

Wanita selalu menjadi bagian penting dalam kisah hidup pria-pria super kaya. Sebut saja, Francois Henri Pinault, yang harus berhadapan dengan mantan kekasihnya yang ternyata mengandung darah dagingnya.

Pria dengan kekayaan berjumlah US$ 15 miliar atau setara Rp 169,4 triliun ini, mengaku telah mencampakkan kekasihnya Linda Evangelista, saat dia mengaku tengah hamil. Hubungan empat bulan yang dijalani Pinault bersama Evangelista dirasa terlalu singkat untuk menuju pernikahan dan kehamilan tersebut di luar rencananya.

Setelah lima tahun berpisah dan Pinault telah menikahi model Hollywood Salma Hayek, Evangelista hadir kembali di kehidupannya. Kali ini dia menuntut Pinault bertanggung jawab atas jaminan hidup anaknya sebesar US$ 46 ribu atau setara Rp 519,5 juta per bulan.

Benarkah anak tersebut adalah buah hati Pinault dan mantan kekasih cantiknya itu?

Berikut sepak terjang pengusaha kaya asal Perancis Pinault yang sempat tersandung wanita seperti dikutip dari Forbes, Daily Mail, The Richest, dan sejumlah sumber lainnya, Kamis (31/10/2013):

Tak tamat kuliah, pilih berkarir di perusahaan keluarga

Francois Henri Pinault merupakan anak pengusaha kaya yang lahir pada 28 Mei 1962 di Rennes, Perancis. Ayahnya, Francois Pinault merupakan pendiri Pinault Group yang juga pernah menjabat sebagai CEO Pinault-Printemps-Redoute (PPR) dan memiliki klub sepakbola ternama Stade Rennes.

Setelah lulus dari HEC School Management pada 1985. Belum tamat menyelesaikan kuliahnya, Pinault lebih memilih memulai karirnya dengan bekerja di perusahaan sang ayah. Sebagai pegawai baru, dia bekerja mengelola Pinault Distribution, anak perusahaan ayahnya di bidang distribusi dan impor kayu. Karirnya lalu melonjak cepat, dia lalu diangkat menjadi CEO France Bois Industries, bagian dari grup Pinault.

Pria asal Prancis ini bertanggungjawab mengelola 14 pabrik hingga Desember 1990 saat dia ditarik kembali ke Pinault Distritbution sebagai CEO. Karirnya memang gemilang, terbukti pada 1993, dia pindah ke luar negeri dan bekerja di sana.

Berperan sebagai kepala CFAO, dia mengembangkan perusahaannya di Afrika dan wilayah sekitarnya. Pada 2000, dia kembali naik jabatan menjadi wakil direktur jenderal PPR (yang kemudian namanya diubah menjadi Kering) guna mengembangkan berbagai kegiatan teknologi di perusahaan keluargannya tersebut.

Miliarder yang kaya karena jualan jam tangan

Perusahaan raksasa Kering milik Pinault memiliki beberapa grup perusahaan seperti Gucci Group. Merek fashion ternama ini menjadi salah satu tempat Pinault meraup pundi-pundi uangnya.

Namun, Pinault merupakan anak baik yang mendengarkan saran-saran ayahnya saat berbisnis. Saat ayahnya meminta dia untuk memperbesar selisih laba perusahaan, orang terkaya ketiga di Prancis ini mengakuisisi perusahaan perhiasan Boucheron dan perusahaan pembuat jam Bedat & Cie.

Pada 1999, perusahaan yang dibentuk Pinault tersebut mengakuisisi 42% saham Grup Gucci. Dia juga mengakuisi sejumlah perusahaan jam tangan dan fashion dengan merek ternama seperti Christopher Kane, Alexander McQueen, Boucheron, Bottega Veneta, Stella McCartney, Yves Saint Laurent, Brioni dan Girard-Perregaux watches.

Pinault membeli 51% saham Christopher Kane di London. Dia mengaku sangat berambisi mengakuisisi perusahaan tersebut. Pada 2005, dia resmi diangkat menjadi direktur PPR dan juga menjabat sebagai kepala dewan direksi perusahaan Jerman, Puma pada 2007.

Perjalanan bisnisnya yang mulus membuat Pinault menjadi pria terkaya ke-53 di dunia versi Forbes. Sejauh ini, hartanya tercatat mencapai angka US$ 15 miliar atau setara Rp 169,4 triliun.

Pinault ketahuan punya anak dari wanita lain

Pada 2011, berita mengejutkan datang dari mantan kekasih Pinault, Linda Evangelista yang menuntut pria kaya tersebut untuk bertanggung jawab atas biaya hidup anaknya. Anak laki-laki berusia lima tahun yang dilahirkannya itu merupakan hasil hubungan singkatnya dengan Pinault pada akhir 2005.

Pinault yang masih berstatus sebagai suami model Hollywood Salma Hayek ini dituntut membayar senilai US$ 46 ribu per bulan atau setara Rp 519,5 juta. Uang tersebut akan digunakan Evangelista untuk membayar gaji pengasuh dan supir pribadi anaknya.

Bahkan dia meminta Pinault untuk memberikan bekal yang sama dengan anak perempuan Hayek. Wanita yang sempat menjalin hubungan asmara selama empat bulan dengan Pinault ini juga menuntut pria kaya itu untuk membelikan rumah mewah, persis seperti tempat tinggal Hayek.

Pinault campakan Evangelista saat tahu dia sedang mengandung

Secara blak-blakan, Pinault mengakui anak laki-laki bernama Augie itu memang benar darah dagingnya. Saat baru empat bulan menjalani hubungan dengan Evangelista, model cantik itu mengaku hamil dan mengandung anaknya.

Karena merasa tidak siap, Pinault langsung meminta Evangelista untuk menggugurkan bayinya. Di pengadilan, Pinault mengakui semuanya dan mengatakan, dirinya belum begitu banyak tahu soal Evangelista dan kehamilannya benar-benar di luar rencana.

Namun Evangelista menolak dan ingin melahirkan anak tersebut. Itu pula yang menjadi alasan Pinault mencampakkan wanita tersebut. Pada 2006, Pinault memilih menikahi model cantik lain Salma Hayek. Dari pernikahan keduanya itu, Pinault dianugerahi anak perempuan bernama Valentina yang lahir beberapa bulan setelah Augie melihat dunia.

Awalnya Evangelista masih memilih bungkam dan tak mengganggu kehidupan Pinault. Namun lama kelamaan, wanita cantik tersebut mulai kesulitan memenuhi kebutuhan sang anak. Dia pun memberanikan diri muncul ke permukaan dan menuntut Pinault untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai ayah kandung Augie.

Putusan pengadilan yang berlangsung selama empat hari itu diumumkan secara tertutup. Dari kabar yang beredar, Pinault menyanggupi jumlah yang dituntut Evangelista untuk anak kandungnya Agustin James Evangelista.

Pinault suka mengkoleksi karya seni dan cinta komputer

Terlepas dari kehidupannya yang sempat terguncang karena wanita, Pinault merupakan kolektor karya seni. Koleksi seni pribadinya diprediksi berjumlah 2 ribu kaya diantaranya hasil goretan tangan Picasso, Mondrian dan Jeff Koons.

Pinault juga memiliki kecintaan pribadi pada komputer. Tak heran pada 1990-an dia mengembangkan kegiatan berbasis internet di perusahaannya.

Urusan percintaan, Pinault telah menikah sebanyak dua kali. Dia menikah pertama kali dengan Dorothee Lepere pada 1996 dan hubungannya berakhir pada 2004. Dari pernikahan pertamanya, dia memiliki dua anak, Mathilde Pinault dan Francois Pinault.

Meski tersandung kasus dengan Evangelista, hubungannya dengan Hayek masih baik-baik saja. Pasangan tersebut dianugerahi satu puteri kecil bernama Valentina Paloma Pinault. (Sis/igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.