Sukses

Investasi Jepang di RI Bisa Tembus US$ 3 miliar Tahun Ini

Nilai investasi Jepang di Indonesia tahun ini bisa jauh lebih besar dari 2012.

Forum Kerjasama Ekonomi ke-5 antara Indonesia dan Jepang yang diwakili Menteri Perekonomian bidang Perdagangan dan Perindustrian Toshimitsu Motegi masih fokus membahas isu-isu investasi dan perdagangan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, memperkirakan investasi Jepang di Indonesia tahun ini bisa jauh lebih besar dari 2012.

"Isu perbaikan iklim investasi juga dibahas. Investasi Jepang pada semester pertama saja sudah hampir mendekati total investasi Jepang pada 2012. Sehingga diperkirakan investasi di 2013 jauh melampaui angka tahun lalu," ungkap dia, Jumat (4/10/2013).

Duta Besar Indonesia untuk Jepang Muhammad Lutfi menjelaskan lebih rinci jumlah peningkatan investasi Jepang di dalam negeri. Angka investasi Jepang di Indonesia bisa menembus angka US$ 3 miliar sepanjang 2013.

"Semester pertama 2013 itu jumlah investasinya US$ 2,3 miliar. Kita bisa menembus angka US$ 3 miliar akhir tahun ini," kata dia.

Investasi terbesar negara Sakura tersebut ke Indonesia terbesar datang dari industri otomotif. Lutfi menjelaskan sejumlah industri otomotif Jepang bahkan berniat meningkatkan investasinya di tanah air.

"Toyota akan menggandakan kapasitasnya (investasi), Honda akan melipatgandakan, begitu juga Suzuki, Daihatsu, dan Nissan," ungkapnya. Menurut dia, pada akhir 2015 nanti, kapasitas investasi Jepang di Indonesia akan sama dengan Thailand.

Hatta menjelaskan, Indonesia saat ini tengah berupaya melakukan perampingan pemangkasan biaya investasi secara agresif guna melancarkan penanaman modal ke dalam negeri. (Sis/Fik/Nur0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.