Sukses

Dicari Kepala LPS Baru yang Pintar, Berbadan Tegap dan Sehat!

LPS dan Menkeu hingga kini belum memiliki calon kuat Kepala LPS pengganti Mirza Adityaswara yang terpilih menjadi Dewan Gubernur Senior BI.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Menteri Keuangan (Menkeu) hingga kini belum memiliki calon kuat Kepala LPS menggantikan Mirza Adityaswara yang terpilih menjadi Dewan Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Heru Budiargo menyatakan hingga saat ini LPS masih terus berkoordinasi dengan Menkeu untuk mencari calon yang tepat pengganti Mirza.

"Kita tentu akan terus bicara dengan Menteri Keuangan, hanya itu. Dan tentu Pak Menteri Keuangan dan kita akan saling memberi masukan kira-kira siapa yang pantas," ujar dia saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (23/9/2013).

Heru menambahkan Kepala LPS yang baru diharapkan mampu berperan seperti Mirza atau bahkan jauh lebih baik untuk menjadikan lembaga ini lebih dipercaya masyarakat.

Untuk mendapatkan pengganti Mirza, LPS mensyaratkan beberapa hal yang perlu dipenuhi oleh calon penggantinya.

"Ada namanya formal dan material tapi itu sangat umum misalnya sebagai warga negara Indonesia, dan badan sehat dan tegap yang paling penting adalah kemampuan melihat standar dan operasional dari LPS. Dan di lain pihak kita akan bekerjasama dengan partner jaringan keuangan pengaman," jelas dia.

Lebih lanjut Heru menggarisbawahi hal penting lain yang harus diperhatikan calon pengisi jabatan yang ditinggalkan Mirza itu, yakni memahami makro dan mikro ekonomi Indonesia, serta mampu memahami pasar.

"Pak Mirza itu sebagai Dewan Komisioner LPS yang calonnya akan direkomendasikan melalui Menteri Keuangan dan kemudian prosesnya Presiden menunjuk orang yang dimaksud," tutup dia.(Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • LPS adalah Lembaga Penjamin Simpanan yang berfungsi untuk menjamin simpanan para nasabah.

    LPS

  • Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan negara.

    kemenkeu

  • Kepala LPS