Sukses

[VIDEO] Pedagang Tahu Tempe Sudah Siap-siap Mogok Jualan 3 Hari

Pedagang tahu tempe sudah siap-siap untuk melakukan aksi mogok jualan selama 3 hari. Pedagang tahu tempe se-Jabodetabek akan demo di Jakarta

Meski aksi mogok massal pedagang tahu tempe se-Indonesia baru akan dilakukan Senin besok (9/9/2013), namun di Depok Jawa Barat sebagian besar pedagang tahu-tempe sudah tidak berjualan sejak hari Minggu ini (8/9/2013).

Rencana mogok berjualan juga akan dilakukan pedagang tahu tempe di Sukabumi.

Pemandangan di lapak-lapak tempat penjualan tahu tempe di Pasar Kemiri Muka, Beji, Depok,  Jawa Barat sebagian besar tampak kosong. Tidak ada aktivitas jual beli. Para pedagang tahu tempe rupanya memilih berhenti berjualan menyusul makin mahalnya harga kedelai sejak hari Minggu ini (8/9/2013). Padahal aksi mogok massal pedagang tahu tempe se-Jabodetabek baru akan dilakukan Senin besok (9/9/2013).

Dari puluhan lapak di pasar ini, hanya ada tujuh lapak tahu tempe yang buka. Meski begitu para pedagang menyatakan siap untuk melakukan mogok massal Senin besok.

Hal senada juga dilakukan para pedagang tahu tempe di Sukabumi. Pedagang di daerah ini juga tak mau ketinggalan dan berencana mogok berjualan.

Pengumuman bahwa pedagang tahu tempe akan libur berjualan selama tiga hari (9-11 September) terpampang di pasar Cibadak Sukabumi. Rencananya, para pedagang tahu tempe akan berangkat ke Jakarta untuk berunjuk rasa memprotes mahalnya harga kedelai.

Mahalnya harga kedelai telah membuat para pengusaha tahu tempe menjerit bahkan banyak yang terancam gulung tikar. (Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.