Sukses

Harga Daging & Cabai Turun, Kini Giliran Harga Ikan Bandeng Naik

Saat harga daging sapi dan cabai rawit mulai turun, kini giliran harga ikan laut yang sedikit naik seiring dengan terjadinya anomali cuaca.

Setelah harga daging sapi dan cabai rawit mengalami penurunan, kini giliran harga ikan laut yang sedikit naik seiring dengan terjadinya anomali cuaca.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa melaporkan harga beberapa bahan pangan telah mengalami penurunan sampai dengan pekan pertama di September 2013.

"Ketersediaan bahan pangan pokok cukup dan harga bahan pangan mulai menurun, antara lain bawang merah turun 19,89%, cabai merah sampai 5,46%, cabai rawit 9,25%, harga bawang putih merosot 1,28%," ujarnya saat paparan hasil Rakor Pangan di kantornya, Jakarta, Rabu (4/9/2013).  

Adapun penurunan harga terjadi pada daging sapi yang melorot tipis 0,16%, telur ayam ras turun 0,38%. "Tapi harga ikan bandeng justru mengalami kenaikan di minggu keempat Agustus sekitar 0,35%. Sedangkan harga ikan kembung stabil," terang dia.

Di sisi lain, Hatta menambahkan, harga beras relatif stabil meski sedikit terjadi kenaikan 0,08% untuk semua jenis beras, baik yang termurah maupun umum.

"Itu bukan terjadi karena suplai atau kecukupan pasokan. Tapi karena cuaca di beberapa daerah tertentu, karena harga kedelai juga melambung tinggi," papar dia.

Perbaikan gejolak harga pangan dari pemerintah, dinilai Hatta telah ikut berkontribusi terhadap laju inflasi Agustus yang bisa lebih rendah dibandingkan Juli 2013.

"Volatile food dan administrative prices sangat kami jaga. DIharapkan inflasi September dan Oktober dapat menurun jauh, bahkan berpotensi deflasi," tandas Hatta. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini