Sukses

Harga Minyakita Siap-Siap Naik jadi Segini  

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa harga eceren tertinggi (HET) minyak goreng rakyat atau MinyaKita sudah layak untuk dinaikkan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa harga eceren tertinggi (HET) minyak goreng rakyat atau MinyaKita sudah layak untuk dinaikkan.

Hal itu mengingat pemberlakuan HET minyak goreng MinyaKita sebesar Rp 14.000 per liter sudah berjalan selama dua tahun.

“Kita memang akan bahas karena semua (harga) sudah naik, ya harus kita naikkan,” kata Zulhas kepada media di Jakarta Utara, Senin (27/5/2024).

“(HET MinyaKita) memang sudah layak naik ya kan udah dua tahun ya. Rp 15.000 atau Rp 15.500," sebutnya.

Zulhas mengatakan, perubahan terkait harga HET MinyaKita akan dibahas dalam rapatmendatang bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Mendag berharap, pertemuan tersebut nantinya akan menghasilkan keputusan terkait HET MinyaKita.

"Mungkin beberapa waktu lagi. Tunggu nanti kalo ada rapat di Menko nanti kita bicarakan,” ungkap Zulhas.

Beberapa pekan lalu, Mendag telah mengusulkan HET MinyaKita di angka Rp 15.000 per liter. Angka ini merupakan kenaikan Rp 1.000 dari HET Minyakita saat ini sebesar Rp 14.000 per liter.

"Saya usulkan naik Rp 1.000 (per liter Minyakita)," kata Zulhas kepada media di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin, 6 Mei 2024.

Penyesuaian harga Minyakita ini untuk membiayai dari sisi kemasan. "Sedang didiskusikan untuk disesuaikan (harganya)," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemendag Berancang-ancang Membuat 2 Kebijakan Baru Minyak Goreng

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkapkan bahwa pihaknya sedang melakukan kajian internal untuk dua kebijakan baru terkait minyak goreng.

Dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024, Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendag, Bambang Wisnubroto mengatakan bahwa dua kebijakan tersebut adalah kenaikan untuk harga eceran tertinggi (HET) MinyaKita dan mengeluarkan minyak curah dari kewajiban domestic market obligation (DMO).

"Ada dua hal yang mungkin dilakukan perubahan, pertama adalah penyesuaian HET dan opsi untuk minyak curah tidak lagi diperhitungkan jadi DMO," ungkap Bambang dalam rapat yang disiarkan secara daring pada Senin (13/5/2024).

Ia menjelaskan, penyesuaian pada harga eceran tertinggi atau HET MinyaKita dilakukan karena dianggap sudah tidak sesuai lagi dengan harga biaya pokok produksi, yang terus berubah.

Kemudian terkait kebijakan minyak curah yang dikeluarkan dari DMO, langkah itu menjadi pertimbangan karena hanya ada dua negara yang masih menggunakan minyak curah, yakni Indonesia dan Bangladesh.

"Jadi ada opsi minyak curah tidak dihitung dengan DMO yang dikaitkan dengan hak ekspor," jelasnya.

"Ini adalah perubahan-perubahan yang akan kami lakukan, tentunya nanti ada perubahan regulasi dari sisi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 49 Tahun 2022," lanjut Bambang.

Sebagai informasi, harga eceran tertinggi atau HET MinyaKita dipatok Rp. 14.000 per liter dan minyak curah Rp. 15.500 per kilogram.

Kebijakan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Nomor 03 Tahun 2023 tentang Pedoman Penjualan Minyak Goreng Rakyat yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag.

3 dari 3 halaman

Harga Minyakita Bakal Naik Lagi

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengusulkan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng rakyat atau Minyakita di angka Rp 15.000 per liter. Angka ini naik Rp 1.000 jika dibandingkan dengan HET Minyakita saat ini yang tercatat Rp 14.000 per liter.

"Saya usulkan naik Rp 1.000 (per liter Minyakita)," kata Mendag Zulkifli Hasan kepada awak media di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (6/5/2024).

 Penyesuaian harga Minyakita ini untuk membiayai dari sisi kemasan. Saat ini, pihaknya masih terus melakukan pembahasan terkait rencana kenaikan HET Minyakita.

"Sedang didiskusikan untuk disesuaikan (harganya)," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini