Sukses

FEB UI Raih Posisi Puncak Daftar Sekolah Bisnis di Indonesia

Pada 2024 ini, Universitas Indonesia (UI) kembali meraih posisi teratas di antara jajaran perguruan tinggi Indonesia berdasarkan QS World University Ranking 2024.

Liputan6.com, Jakarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dinobatkan sebagai Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia. Kampus ini masuk peringkat pertama berdasarkan QS World University Ranking by Subject 2024.

Predikat itu diraih FEB UI untuk tiga jurusan yang dimiliki yakni Accounting & Finance, Business & Management Studies, dan Economics & Econometrics.

Terkait hal tersebut, Dekan FEB UI Teguh Dartanto mengatakan capaian ini merupakan buah dari strategi, kerja keras, dan konsistensi dari seluruh civitas akademika FEB UI, baik dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, serta para mitra FEB UI.

“Saya sangat bangga atas capaian FEB UI di QS World University Rankings 2024, di mana seluruh bidang Accounting and Finance, Business and Management Studies, Economics and Econometrics, bukan hanya menjadi yang terdepan dan terbaik di Indonesia, tetapi juga terjadi peningkatan ranking yang signifikan di dunia, khususnya di bidang Economics and Econometrics yang meningkat seratus peringkat,” ujar Teguh.

Pada QS World University Rankings 2024, FEB UI mengalami peningkatan peringkat secara signifikan pada ranking bidang Business and Management Studies dari 201-250 (2023) ke 151-200 (2024) dan Economics and Econometrics dari 251-300 (2023) ke 151-200 (2024).

Sementara, bidang Accounting and Finance masih menempati posisi yang sama unggulnya, yaitu 101-150.Lebih lanjut, Teguh berharap seluruh civitas akademika FEB UI tidak terlena dengan capaian ini, tetapi menjadi penyemangat untuk terus melakukan continuous improvement agar fokus terhadap visi dan misi FEB UI guna mencetak pemimpin-pemimpin yang inklusif, relevan, dan bereputasi.

Sejak 2022, FEB Universitas Indonesia telah menyabet predikat double crown accreditation, istilah bergengsi bagi sekolah bisnis yang telah berhasil memperoleh dua akreditasi internasional, yaitu AACSB dan AMBA.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kualitas

Berkat raihan akreditasi tersebut, FEB UI berhasil meningkatkan kualitas akademik, kualitas layanan, serta kualitas sarana dan prasara bertaraf internasional.

Perbaikan berkelanjutan inilah yang turut mengantarkan FEB UI dalam meraih peringkat tertinggi pada QS World University Rankings.

“Sekolah bisnis selalu menjadi salah satu bidang ilmu yang selalu memikat peminat. Hal ini dikarenakan potensi lapangan kerja yang luas dan juga semua jenis industri memerlukan tenaga yang ahli di bidang ekonomi, keuangan, manajemen dan akuntansi. Inovasi dan pengembangan secara berkelanjutan terus kami lakukan untuk semakin meningkatkan kualitas FEB UI sebagai institusi serta SDM-SDM yang dihasilkan, terutama untuk mempersiapkan Indonesia Emas 2045,” papar Teguh.

Sebagai informasi, QS World University Rankings merupakan publikasi tahunan peringkat perguruan tinggi seluruh dunia yang diterbitkan oleh Quacquarelli Symonds (QS) yang acapkali dijadikan rujukan kualitas pendidikan tinggi dunia.

 

3 dari 3 halaman

Skor FEB UI

Pada 2024 ini, Universitas Indonesia (UI) kembali meraih posisi teratas di antara jajaran perguruan tinggi Indonesia berdasarkan QS World University Ranking 2024.

UI meraih skor tertinggi pada tiga dari lima Broad Subject Areas, yakni Social Sciences & Management, Arts & Humanities, serta Engineering & Technology.Metodologi pemeringkatan QS World University Ranking menggunakan lima indikator metriks penilaian.

Kelima indikator tersebut yakni reputasi akademik hasil survei global yang dilakukan kepada pengguna lulusan dan kalangan akademisi; jumlah sitasi penelitian yang dicapai universitas per makalah dalam subjek tersebut (semua data kutipan bersumber dari Elsevier Scopus).

Kemudian ‘H-index’ yang mengukur produktivitas dan dampak penelitian akademisi yang sudah dipublikasikan. Serta International Research Network yang mencerminkan kemampuan lembaga untuk mendiversifikasi geografi jaringan penelitian internasional mereka dengan membangun kemitraan penelitian yang berkelanjutan dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini