Sukses

Klaten Jadi Kota Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan di Jateng Selama Libur Lebaran 2024

Klaten, kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, menjadi destinasi wisata paling diminati oleh para wisatawan selama libur Lebaran tahun 2024.

Liputan6.com, Jakarta Klaten, kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, menjadi destinasi wisata paling diminati oleh para wisatawan selama libur Lebaran tahun 2024.

Kabupaten ini bahkan berhasil mengungguli Kota Semarang dan Kota Solo dalam jumlah kunjungan wisatawan.

Data yang dirilis oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng menunjukkan bahwa selama periode 6-15 April 2024, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Klaten mencapai 335.793 orang.

Sementara itu, Kota Semarang berada di posisi kedua dengan jumlah kunjungan mencapai 335.595 wisatawan.

Destinasi Wisata Paling Banyak Dikunjungi

  • ¬†Candi Prambanan

Salah satu daya tarik utama Klaten adalah Taman Wisata Candi Prambanan. Tempat wisata ini berhasil menarik perhatian sebanyak 85.975 orang selama libur Lebaran.

Candi Prambanan yang merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO ini memang menjadi ikon pariwisata Jawa Tengah yang terkenal.

Keindahan arsitektur candi kuno yang megah, serta suasana spiritual yang terasa di tempat ini, menjadikannya destinasi favorit para wisatawan.

  • Umbul Pelem

Selain Candi Prambanan, ada juga Umbul Pelem yang menempati posisi kedua dalam daftar tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Klaten.

Terdapat sebanyak 28.773 wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini selama libur Lebaran. Umbul Pelem merupakan sebuah kolam renang alami yang dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah.

Airnya yang jernih dan segar, serta suasana tenang dan sejuk di sekitarnya, membuat wisatawan betah berlama-lama di sini.

  • Objek Mata Air Cokro (OMAC)

Objek Mata Air Cokro (OMAC) juga menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi di Klaten selama libur Lebaran. Terdapat sebanyak 23.797 wisatawan yang mengunjungi objek wisata ini.

OMAC terkenal dengan mata airnya yang jernih dan kolam renang yang menyegarkan. Selain itu, OMAC juga menawarkan keindahan alam yang mempesona, seperti pemandangan perbukitan hijau yang menyejukkan mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kesuksesan Klaten dalam menarik kunjungan wisatawan selama libur Lebaran ini tidak terlepas dari upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisata di kabupaten ini.

Klaten memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, mulai dari situs sejarah, wisata alam, hingga kuliner khas daerah. Selain itu, pemerintah daerah juga giat dalam mempromosikan Klaten sebagai destinasi wisata yang menarik melalui berbagai media sosial dan platform digital.

Tidak hanya itu, Klaten juga terus berinovasi dalam menawarkan pengalaman wisata yang berbeda. Beberapa kegiatan seperti festival budaya, konser musik, dan acara seni lokal sering diadakan di berbagai tempat wisata di Klaten. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Klaten, kabupaten yang terletak di Jawa Tengah, telah berhasil menjadi destinasi wisata favorit dengan kunjungan terbanyak selama libur Lebaran tahun 2024.

Dengan berbagai daya tarik wisata yang dimiliki, serta upaya pemerintah daerah dalam mempromosikan pariwisata, Klaten semakin dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik di Jawa Tengah. Diharapkan, kesuksesan ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat ekonomi yang positif bagi masyarakat setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini