Sukses

DAMRI Fasilitasi Layanan Reschedule dan Refund Tiket untuk Arus Balik Lebaran 2024

Damri menyebutkan, terdapat ketentuan berbeda untuk reschedule dan refund berdasarkan tempat pembelian tiket.

Liputan6.com, Jakarta - Perum DAMRI menyiapkan aturan untuk reschedule dan refund tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Kebijakan ini dilakukan guna mengantisipasi ada perubahan pada rencana perjalanan oleh penumpang saat arus balik Lebaran 2024, yang diperkirakan berlangsung pada 13-15 April 2024.

"DAMRI memfasilitasi perubahan rencana keberangkatan pelanggan dengan menyediakan layanan reschedule atau refund dengan ketentuan yang berlaku," ujar Corporate Secretary DAMRI Chrystian R M Pohan, Sabtu (13/4/2024).

Pohan menerangkan, terdapat ketentuan berbeda untuk reschedule dan refund berdasarkan tempat pembelian tiket. 

Apabila pelanggan ingin melakukan refund tiket yang dibeli secara online, dapat dilakukan melalui loket DAMRI maupun e-mail customer service cs@damri.co.id. Sedangkan tiket yang dibeli secara offline hanya dapat melalui loket DAMRI. 

"Untuk proses reschedule hanya dapat dilakukan melalui loket pembelian atau keberangkatan, baik untuk tiket yang dibeli secara offline maupun online," ujar Pohan.

Untuk memproses reschedule atau refund, penumpang DAMRI diwajibkan mempersiapkan beberapa dokumen termasuk identitas pelanggan (KTP), bukti pembayaran, dan tiket. 

Apabila refund diwakili oleh orang lain, maka perwakilan pelanggan harus membawa surat kuasa dari pelanggan serta KTP pelanggan. Pengguna juga diminta untuk menginformasikan nomor rekening sebagai proses refund yang akan diproses maksimal dalam kurun waktu 21 hari kerja.

"Baik proses reschedule maupun refund dapat diproses maksimal 6 jam sebelum keberangkatan," Pohan menambahkan. 

Setelah pelanggan menyediakan dokumen-dokumen yang diperlukan, proses reschedule atau refund akan diproses oleh tim DAMRI terkait berdasarkan ketentuan yang berlaku.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketentuan Tambahan

Selain itu, juga ada beberapa ketentuan tambahan untuk melakukan reschedule dan refund tiket DAMRI. Adapun pengguna yang melakukan refund akan dikenakan potongan 25 persen dari harga tiket. Sedangkan pelanggan yang melakukan reschedule akan dikenakan biaya tambahan sebesar 10 persen. 

"Tiket DAMRI yang dibeli melalui Online Travel Agent (OTA) tidak dapat dilakukan proses reschedule maupun refund. Untuk reschedule tiket hanya dapat dilakukan satu kali yang mana jika dilakukan ke kelas lebih tinggi, pelanggan harus membayar selisih tiket. Sementara pelanggan tidak mendapatkan selisih tiket apabila melakukan reschedule ke kelas lebih rendah," tuturnya. 

3 dari 4 halaman

DAMRI Angkut 300 Ribu Penumpang Mudik BUMN dengan 84 Bus

Sebelumnya diberitakan, Perum DAMRI mengantarkan hampir 300 ribu orang dengan 84 bus dalam program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024.

DAMRI sebagai operator bersinergi dengan sejumlah perusahaan BUMN lain, yakni Jasa Raharja, PT PP, Bank Syariah Indonesia, Jasa Tirta II, Reasuransi, Perum Perhutani, Bank Rakyat Indonesia, PT Pertamina, dan PT Taspen.

Adapun pemberangkatan peserta mudik BUMN secara simbolis dilakukan di Monas, Jakarta Pusat pada Jumat (5/4/2024) lalu oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Corporate Secretary DAMRI Chrystian R M Pohan mengatakan, pihaknya bangga dapat berpartisipasi dalam memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat yang ingin mudik gratis ke kampung halaman.

"Kami senantiasa menyiapkan armada dan pramudi yang prima. Sehingga siap mengantarkan masyarakat ke titik tujuan dengan mengedepankan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan," kata Pohan, Selasa (9/4/2024).

Dalam gelaran program mudik BUMN kali ini, DAMRI pun mengerahkan bus khusus disabilitas bagi seluruh lapisan masyarakat untuk dapat merayakan Lebaran 2024 di kampung halaman.

Mudik gratis yang difasilitasi oleh DAMRI tersedia menuju Wonogiri, Surakarta, Klaten, Kebumen, Purworejo, Sragen, Boyolali, Ngawi, Grobogan, Solo, Yogyakarta, Semarang, Pekalongan, Cirebon, dan Padang.

"DAMRI mendukung penuh kegiatan mudik gratis yang rutin diadakan setiap tahunnya dan bersinergi dengan perusahaan BUMN lainnya. Ini karena DAMRI mendorong masyarakat memanfaatkan angkutan umum untuk melakukan mudik guna menekan penggunaan kendaraan pribadi dalam rangka mengurangi kepadatan dan kecelakaan lalu lintas," tutur Pohan.

 

4 dari 4 halaman

DAMRI Bakal Tambah Sleeper Bus, Jawa dan Lampung Jadi Target

Sebelumnya diberitakan, Perum DAMRI berencana kembali merilis tambahan layanan bus tingkat Imperial Suites Double Decker, dengan fasilitas sleeper bus pada akhir 2024 ini.

Corporate Secretary DAMRI Chrystian RM Pohan berharap pihaknya bisa menambah rute dan armada sleeper bus pada tahun ini. Adapun saat ini tengah proses penyiapan armada.

"Mungkin sama seperti kayak tahun lalu, kita launching di Desember nanti. Tunggu saja, mungkin November/Desember," ujar Pohan dalam sesi temu media di Jakarta, dikutip Selasa (26/3/2024).

Untuk rute baru pengadaan sleeper bus, ia menyasar Jawa dan Lampung. Pasalnya, kecukupan armada milik Perum DAMRI paling banyak berasal dari kedua daerah tersebut.

"Nanti kita akan infokan untuk rute-rute baru. Kemungkinan kita akan terkuat di Trans Jawa sama Lampung, karena Lampung itu paling banyak DAMRI juga," imbuh Pohan.

Pohan mengatakan, kehadiran sleeper bus ini turut disambut animo yang tinggi dari para pengguna. Meskipun secara harga terbilang kompetitif dengan perusahaan otobus (PO) lain, ia merasa pede terhadap sambutan yang diberikan masyarakat.

"Kalau dari segi harga memang perusahaan kompetitif kayak PO swasta. Tapi karena kita lihat animenya lumayan, jadi ya kita tambah lagi. Sejauh ini masyarakat positif sih, apalagi banyak trending trending di YouTube kalau saya lihat," ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini