Sukses

Puncak Arus Balik Lebaran, 1.236 Pesawat Hilir Mudik di Bandara Soekarno Hatta

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus balik Lebaran 2024 akan jatuh pada Senin 15 April 2024. Total, akan ada 190 ribu pergerakan penumpang dan 1.236 pesawat yang akan memadati Bandara Soekarno Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi, puncak arus balik Lebaran 2024 akan jatuh pada Senin, 15 April 2024. Pada hari itu, akan ada 190 ribu pergerakan penumpang dan 1.236 pesawat yang akan memadati Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

"Hari Senin itu, akan melebihi 1.236 (penerbangan). Jadi semua airline harus menyiapkan diri, jadi harus kerja sama antar Angkasa Pura II, Airlines dan lainnya,"ungkap Budi Karya, saat mengunjungi Bandara Soekarno Hatta, Jumat (12/4/2024).

Dengan jumlah pergerakan pesawat tersebut Menhub memastikan, bila angka arus balik tahun ini sudah mendekati angka arus balik pada Lebaran 2019, yang mencapai 1.280 pergerakan penerbangan.

"Surprise-nya adalah jumlah penumpangnya lebih besar, kalau di Jakarta lebih besar 101 persen dibanding 2019 dan 100 persen di Bali,"kata Menhub.

Lalu, prediksi pergerakan penumpang pada puncak arus balik Lebaran 2024 nanti, diprediksi akan mencapai 190 ribu orang di Bandara Soekarno Hatta. 

"Oleh karenanya, tadi saya bicara dengan Kapolres, ini tidak mungkin terjadi kalau kita tidak berkolaborasi, semua sektor. Seperti Angkasa Pura, Airnav, kepolisian, Bea Cukai, Imigrasi, otoritas bandara, Airlines, komplit elemennya harus sama-sama, saling mengisi,"katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puncak Arus Mudik, 577 Ribu Orang Terbang dari 35 Bandara Angkasa Pura Indonesia

Sebelumnya, PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airport mencatat puncak arus mudik Lebaran 2024 terjadi pada 6 April 2024. Tercatat, sebanyak 577.496 orang terbang dari 35 bandara yang dikelola, baik oleh Angkasa Pura I maupun Angkasa Pura II.

Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi mengatakan, jumlah ini lebih tinggi 21 persen dibandingkan dengan trafik pada periode yang sama pada tahun lalu yang mencapai 476.851 pergerakan penumpang.

"Kami mencatat terdapat kenaikan yang cukup signifikan untuk pergerakan penumpang pada puncak arus mudik lebaran 2024. Semoga para penumpang dapat bermudik dengan tenang dan aman,” ujar Faik dalam keterangannya, Senin (8/4/2024).

Pertumbuhan juga tercatat pada pergerakan pesawat di 35 bandara. Data Faik menyebut ada 4.157 pergerakan pesawat atau tumbuh sebesar 13 persen dari periode yang sama tahun lalu.

InJourney Airports mencatat tiga bandara dengan jumlah pergerakan penumpang tertinggi pada puncak arus mudik Lebaran. Yaitu Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dengan 187.750 pergerakan penumpang.

Lalu, diikuti oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 34.315 pergerakan penumpang, dan Bandara Juanda Surabaya dengan 23.087 pergerakan penumpang.

"Di tengah tingginya trend trafik, InJourney Airports melalui 35 bandara yang dikelola berkomitmen untuk dapat menghadirkan pelayanan terbaik, serta tentunya untuk mewujudkan operasional penerbangan dan bandara yang selamat, aman, dan nyaman," ujar Faik Fahmi.

3 dari 3 halaman

Bandara Soekarno-Hatta Padat

Empat hari jelang Lebaran 2024, ribuan penumpang tampak memadati area Check In Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Sabtu, 6 April 2024. Bukan hanya di Terminal 3 saja, antrean juga terjadi di Terminal 1 dan 2.

Kepadatan penumpang di Bandara Soekarno Hatta terjadi di area check in penerbangan domestik, seperti di area Pelita Air, Citilink dan Garuda Indonesia. Mulai dari self check in, check in bagasi, hingga area wrapping bagasi. 

Kepadatan mulai terjadi sejak pukul 04.00 subuh, bagi mereka yang mengambil penerbangan pagi di pukul 05.00, 06.00 dan 07.00 pagi. Terutama penerbangan ke wilayah Indonesia bagian timur.

Para penumpang tersebut tampak melakukan check in lebih awal. Misalnya saja salah seorang penumpang, Suherman, penerbangannya baru nanti jam 12 siang, namun dia bersama keluarganya sudah ikut antrean mengular agar bisa check in.

"Agar tidak terlambat, wajar antre begini karena memang semua sudah libur dan mau mudik. Enggak masalah, sabar saja,"ungkapnya.

Sementara terlihat, petugas maskapai mengatur antrean agar tidak menutup lajur pejalan. Ada juga petugas yang membantu self check in bagi mereka yang tidak membawa bagasi.

Sementara antrean check in juga tampak di Terminal 2, dimana maskapai Lion Group seperti Lion Air dan Batik Air berada di sana. Dari data yang dihimpun, sebanyak 36 persen dari prediksi 184 ribu pergerakan penumpang, terdapat di Terminal 2. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini