Sukses

Babe Cabita Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Kariernya dari Stand Up Comedy hingga Bisnis kuliner

Komedian Babe Cabita meninggal dunia di usia 34 tahun pada 9 April 2024 dan rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cirendeu, Tangerang Selatan selepas Asar atau sekira pukul 16.00 WIB Selasa (9/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta Komedian Babe Cabita meninggal dunia di usia 34 tahun pada 9 April 2024 dan rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cirendeu, Tangerang Selatan selepas Asar atau sekira pukul 16.00 WIB Selasa (9/4/2024).

Dikutip dari Antara, Selasa (9/4/2024), Babe Cabita telah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia karena bakatnya sebagai komedian stand up yang kerap berhasil mengocok perut para penonton melalui aneka "punchline" komedinya yang santai namun mengena para pemirsanya.

Pria bernama asli Priya Prayogha Pratama itu mulai jadi sorotan publik sejak menjuarai ajang pencarian bakat Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) musim ketiga dari Kompas TV pada tahun 2013.Dari sana, Babe Cabita mulai “wara-wiri” di berbagai acara dan program televisi.

Selain menjadi komedian tunggal, Babe juga sering diundang sebagai pengisi dan pembawa acara di sejumlah program televisi. Setelah itu, Babe pun mulai melebarkan sayapnya dengan mencoba dunia akting hingga akhirnya berhasil membintangi sejumlah film bergenre komedi yang sukses di layar lebar Indonesia.

Mulai dari “Comic 8”, “Get Up Stand Up”, Sesuai Aplikasi”, “Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2”, dan berbagai judul film lainnya. Berkat kerja kerasnya, Babe berhasil masuk nominasi untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik di ajang Indonesia Box Office Movie Awards 2017 untuk penampilannya di film “Comic 8: Casino Kings Part 2”.

Tidak berhenti di situ, Babe Cabita kembali membuat peluang kariernya sendiri dengan membuka usaha kuliner Dadar Beredar bersama King Abdi (salah satu peserta di MasterChef Indonesia). Tidak butuh waktu lama, usaha kulinernya itu berhasil menyita perhatian masyarakat dan sukses hingga saat ini.

Usaha kuliner Dadar Beredar menyajikan ragam menu berbahan dasar telur dengan harga terjangkau. Dadar Beredar pun telah memiliki sejumlah cabang di beberapa kawasan, seperti Bekasi, Solo, Batam, dan lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Unggahan Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia

Sebelumnya, komika kenamaan Babe Cabita meninggal dunia. Pemilik nama asli Priya Prayogha Pratama ini menghembuskan napas terakhir pada Selasa pagi (9/4/2024) menurut kabar duka yang disampaikan aktor Oki Rengga Winata di unggahan media sosialnya.

Ia menulis, "Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raaji’unTelah meninggal Anak, Adik, Suami, Ayah Kami, Priya Prayogha Pratama Bin Irsyad Tanjung (Babe Cabita) Hari ini 9 April 2024 Pukul 06.38 wib di RS. Mayapada Lebak Bulus Jakarta Selatan. Mohon dimaafkan segala khilaf dan Salah. Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wa’fu’anhu."

Mendapati itu, publik langsung menyerbu akun media sosial Babe Cabita, mengungkap doa mereka dan menghaturkan salam perpisahan. Ini dibubuhkan salah satunya di unggahan terakhir yang dibagikan pria berusia 34 tahun itu di akun Instagram-nya, Kamis, 4 April 2024.

Di sana, Babe kedapatan berbagi konten selaras citra kocaknya, menulis, "Jangan lupakan sahabat masa kecil" di foto editan memperlihatkan ia berseragam SD putih-merah berjalan bersama figur Jackie Chan dan Cristiano Ronaldo. Di foto kedua, masih berupa foto editan bersama dua pesohor itu, ia mempromosikan bisnis kulinernya, "Jaga silaturahmi, bukber di Dadar Beredar."

"Orang lain biasanya kalo bukber pada pamer harta, tapi kalo kawanku bukber pada pamer otot!" bunyi keterangan tambahan yang ia bubuhkan. Kini, foto tersebut dibanjiri ucapan duka, dengan salah satu pengguna menulis, "Innalillahi wainnailaihi rojiun. Lu satu-satunya komika favorit gw bang babe dan cuma lu yang gw follow dari dulu karena komedi lu yang paling ngena buat gw. Terimakasih sudah menghibur kami dengan komedi lu yang luar biasa itu bang. Semoga mendapatkan tempat yang terbaik di sisii-Nya." 

3 dari 4 halaman

Ungkapan Duka

Ada juga warganet yang menulis, "Meninggal di bulan suci ramadhan , bulan suci penuh berkah , selamat jalan bg babe cabita ,,, alfatiha." "Innalillahi Wa inna ilaihi raji'un . Semoga Allah tempatkan babe di surga firdaus, surga tertinggi, surga dimana para sahabat berkumpul bersama Rasulullah Shalalahu 'alaihi Wassalam," yang lain mendoakan.

"Semoga lo masuk surga ya be, semoga konten konten komedi lo menjadi ladang pahala karena menghibur banyak orang 😢," komentar pengguna berbeda. Tidak sedikit juga yang mengaku kaget dan masih tidak menyangka. "Kaget banget. Innalillahi Wa inna ilaihi raji'un. Semoga dapat tempat terbaik di sisi-Nya," aku seorang warganet.

"Jujur, saya merinding dan terdiam beberapa menit dengan ketidak percayaan ini.. Komedian andalan saya satu-satunya melepas rasa capek secepat ini pergi. Gak bisa berkata kata lagi saya menerima berita ini," tulis seorang penggemar, sementara ada juga yang berkomentar, "Omg ga nyangkaaaa😭 Selamat jalan Babe, semoga semua kebaikanmu bisa jadi contoh buat kita semua."

4 dari 4 halaman

Mengidap Penyakit Langka

Tahun lalu, Babe Cabita sempat bercerita ia menderita penyakit anemia aplastik. Itu merupakan salah satu jenis penyakit langka yang membuatnya rutin mengonsumsi obat setiap hari. Bahkan, ia harus melakukan transfusi darah sebagai alternatif guna mengatasi penyakitnya. Anemia aplastik dijelaskan sebagai kondisi sumsum tulang belakang yang berhenti memproduksi sel darah merah.

"Jadi memang penyakit langka, penyakit ketidakmampuan tulang sumsum memproduksi darah. Di daerah-daerah, obatnya sangat susah, dan alternatifnya transfusi darah seumur hidup," ujar Babe di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, 4 September 2023, rangkum kanal Showbiz Liputan6.com.

Ia menyambung, "Satu bulan sekali transfusi darah seumur hidup karena enggak bisa menghasilkan darah. Kalau di daerah-daerah juga kurang dokter hematologi. Jadi daerah yang enggak ada dokter hematologi atau obat, jadinya transfusi gitu."

Mencari kantong darah pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Babe, yang sempat dirawat selama beberapa pekan karena penyakitnya, mengaku kesulitan mendapatkan kantong darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini