Sukses

Skema One Way Km 72 Tol Cipali sampai GT Kalikangkung Lanjut hingga Selasa Siang

Skema rekayasa lalu lintas satu arah, alias one way dari Km 72 Jalan Tol Cipali sampai dengan Km 414 gerbang tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang resmi diperpanjang hingga Selasa (9/4/2024) pukul 12.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Skema rekayasa lalu lintas satu arah, alias one way dari Km 72 Jalan Tol Cipali sampai dengan Km 414 gerbang tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang resmi diperpanjang hingga Selasa (9/4/2024) pukul 12.00 WIB.

Kebijakan ini diambil oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku pengelola tol atas diskresi Kepolisian, setelah sebelumnya skema one way tol ini dijadwalkan selesai Senin (8/4/2024) pukul 24.00 WIB dini hari.

Menurut laporan Jasa Marga, Selasa (9/4/2024), skenario lalu lintas di arus mudik Lebaran 2024 ini dilakukan dengan mengacu pada data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat dari arah Jakarta menuju ke Semarang, pantauan visual CCTV, laporan petugas Kepolisian di lapangan, serta prediksi peningkatan lalu lintas yang masih akan berlanjut hingga pagi hari.

Selain itu, atas diskresi Kepolisian dan berdasarkan kondisi lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang berangsur normal kembali, Jasa Marga juga telah menutup rekayasa lalu lintas lawan arah (contraflow) Km 47-Km 70 arah Cikampek ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak Senin (8/4/2024) Pukul 13.26 WIB.

"Rekayasa lalu lintas bersifat situasional sesuai diskresi Kepolisian. Bagi pengguna jalan diimbau untuk selalu berhati-hati di jalan dan mematuhi arahan petugas di lapangan," ujar Marketing and Communication Department Head Jasa Marga, Faiza Riani.

Penerapan One Way

Langkah ini bukan yang pertama kali, setelah sebelumnya Jasa Marga juga sempat memperpanjang penerapan one way dari Km 72 Jalan Tol Cipali hingga Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang Semarang pada Senin (8/4/2024) kemarin.

Adapun berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB), rekayasa lalu lintas itu semustinya dijadwalkan selesai pada Minggu (7/4/2024) pukul 24.00 WIB.

Sejumlah rekayasa lalu lintas di jalan tol pun dilakukan pada Senin (8/4/2024) kemarin, guna mengurai kepadatan arus mudik Lebaran. Mulai dari pemberlakuan sistem contraflow dua lajur di Km 47-70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.

Kemudian, one way dari Km 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan K. 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang, dan one way lokal yang dimulai di Km 428 Jatingaleh Jalan Tol Semarang Seksi ABC hingga Km 442 GT Bawen Jalan Tol Semarang-Solo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kecelakaan Tol Cikampek KM 58, Kemenhub Duga Sopir Kelelahan

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turun tangan melakukan investigasi kecelakaan di KM 58+600 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Tol Cikampek KM 58). Ada dugaan pengemudi kelelahan sehingga menyebabkan kecelakaan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno menyebut proses investigasi akan dilakukan bekerja sama dengan Polri. Sementara, diduga adanya kelelahan dari pengemudi Daihatsu Grandmax yang melaju saat contraflow dari arah Jakarta menuju Cikampek.

"Diduga ada faktor kelelahan pengemudi Daihatsu Grandmax sehingga mobil keluar ke jalur yang mengarah ke Jakarta," ungkap Hendro dalam keterangannya, Senin (8/4/2024).

Dia berharap kepada para pemudik agar bisa beristirahat apabila merasa mengantuk atau kelelahan. Menurutnya ada sejumlah titik yang bisa dimanfaatkan, seperti di Rest Area dengan waktu maksimal 30 menit atau bisa juga keluar tol terlebih dahulu untuk mencari tempat istirahat yang lebih nyaman.

"Mengingat padatnya kondisi lalu lintas sehingga menimbulkan rasa lelah bagi para pemudik maka diharapkan untuk utamakan waktu beristirahat. Setiap mengemudi selama 4 jam berturut-turut dianjurkan untuk istirahat selama 30 menit," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat merencanakan waktu perjalanan sebaik mungkin.

"Para pemudik bisa memilih berangkat di waktu-waktu yang tidak rentan untuk mengantuk dan upayakan tidur cukup sebelum mengemudi," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Investigasi

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turun tangan menanggapi kecelakaan maut di KM 58+600 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Kemenhub dan Polri akan melakukan investigasi kecelakaan tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno mengaku turut berduka atas kejadian yang menewaskan 12 orang tersebut. Diketahui, ada 3 kendaraan yang terlibat, 2 diantaranya terbakar di badan jalan.

"Kami turut prihatin atas kejadian kecelakaan ini hingga menimbulkan korban jiwa," kata Hendro dalam keterangannya, Senin (8/4/2024).

Dia mengatakan pihaknya sudah menjalin koordinasi dengan Polri untuk melakukan investigasi kecelakaan di Tol Japek tersebut. 

"Saat ini Ditjen Hubdat telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk terus melakukan investigasi mendalam terkait kecelakaan tersebut," ucapnya.

Informasi, kecelakaan maut terjadi di KM 58+600 ruas Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pad apukul 07.04 WIB. Kecelakaan ini melibatkan setidaknya 3 kendaraan.

Kendaraan terdiri dari Bus Primajasa bernomor polisi B 7655 TGD dengan satu unit Daihatsu Grandmax bernomor polisi B 1635 BKT dan kendaraan Daihatsu Terios bernomor polisi E 1399 MF.

4 dari 4 halaman

Jalur Kedua Arah Kembali Lancar

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat arus kerndaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sudah kembali lancar pasca kecelakaan di KM 58+600 arah Jakarta. Selanjutnya, perusahaan kembali memberlakukan sistem buka tutup contraflow KM 47 sampai KM 70 Tol Japek arah Cikampek.

Corporate Secretary Jasa Marga, Nixon Sitorus menyebut arus lalu lintas sudah kembali lancar usai penanganan dampak kecelakaan. Kendaraan di kedua arah Tol Japek sudah lancar sejak pukul 12.00 WIB.

"Sudah mulai terurai, sudah cair mengalir," ujar Nixon saat dikonfirmasi wartawan, Senin (8/4/2024).

Diketahui, telah terjadi kecelakaan di KM 58+600 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada Senin, 8 April 2024 pukul 07.04 WIB. Merespons kecelakaan tersebut dan mempercepat evakuasi kecelakaan di KM 58 yang melibatkan 3 kendaraan yaitu Daihatsu GrandMax, Daihatsu Terios, dan Bus Besar, contraflow KM 47 sampai KM 70 ditutup sementara.

"Atas diskresi Kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol berlakukan buka tutup contraflow KM 47 sampai dengan KM 70 arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek," ujar Senior Manager Representative Office 1 PT Jasamarga Transjawa Tol, Amri Sanusi dalam keterangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.