Sukses

Harga Emas Cetak Rekor Termahal Lagi, Kini Tembus USD 2.357 per Ounce

Harga emas mencapai rekor tertinggi dalam sejarah pada perdagangan sesi ketujuh berturut-turut hari Senin (Selasa waktu Jakarta). Lonjakan harga emas dunia ini sebagian didorong oleh pembelian bank sentral Asia.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas mencapai rekor tertinggi dalam sejarah pada perdagangan sesi ketujuh berturut-turut hari Senin (Selasa waktu Jakarta). Lonjakan harga emas dunia ini sebagian didorong oleh pembelian bank sentral Asia.

Dikutip dafri CNBC, Selasa (9/4/2024), harga emas berjangka AS naik 0,5% menjadi USD 2.357,2. Sedangkan harga emas di pasar spot naik 0,4% ke level USD 2.337,82 per ounce, setelah mencapai rekor tertinggi USD 2.353,79 di awal sesi.

Bank sentral Tiongkok menambahkan 160.000 ons emas ke cadangannya pada bulan Maret, katanya. Turki, India, Kazakhstan, dan beberapa negara Eropa Timur juga telah membeli emas tahun ini.

“Pasar memperkirakan penurunan suku bunga pada bulan Juni meskipun data ekonomi kuat,” kata Kepala Strategi Komoditas di TD Securities, Bart Melek.

“Tetapi, jika kita terus melihat data yang kuat, yang mengindikasikan bahwa Federal Reserve tidak terburu-buru menurunkan suku bunganya, maka emas tidak akan mampu mempertahankan kenaikannya. Pembelian bank sentral dan ketegangan geopolitik adalah elemen pendukung lainnya.” lanjut dia.

Berdasarkan harga suku bunga berjangka, para pedagang memperkirakan prospek penurunan suku bunga The Fed sebesar 52% pada bulan Juni. Namun, laporan pasar tenaga kerja AS pada hari Jumat menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja yang kuat di bulan Maret, mempertanyakan waktu penurunan suku bunga.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan. Spekulan emas Comex menaikkan posisi beli bersih mereka sebanyak 20.493 kontrak menjadi 178.213 dalam pekan yang berakhir 2 April, data menunjukkan pada hari Jumat.

Sementara itu, harga perak di pasar spot naik 0,4% pada hari Senin ke level USD 27,59. Ini menjadi harga tertinggi dalam hampir tiga tahun.

Dengan kenaikan harga terbaru, ada potensi kenaikan untuk perak di mana diproyeksikan akan berapa pada level 32/oz.

Impor perak India mencapai rekor tertinggi pada bulan Februari, karena bea masuk yang lebih rendah mendorong pembelian dalam jumlah besar dari Uni Emirat Arab, kata para pejabat kepada Reuters.

Senada dengan harga emas, harga platinum naik 3,2% menjadi USD 956,60 per ounce, sementara harga paladium menguat 3,9% menjadi USD 1,042.52 per ounce. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Emas Dunia Cetak Rekor Tertinggi dalam Sejarah, Tembus Level USD 2.353 per Ounce

Sebelumnya, harga emas naik ke level tertinggi dalam sejarah pada perdagangan Senin (Selasa waktu Jakarta). Harga emas dunia mencapai rekor puncaknya untuk sesi ketujuh berturut-turut, sebuah langkah yang diantisipasi oleh para analis dapat didorong oleh permintaan sektor resmi yang kuat dari Asia, meskipun ada hambatan dari penguatan dolar AS dan kenaikan suku bunga.

Dikutip dari CNBC, Senin (8/4/2024), harga emas dunia di pasar spot naik 0,3% menjadi USD 2.335,70 per ounce, setelah mencapai rekor tertinggi USD 2.353,79 di awal sesi perdagangan. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,4% menjadi USD 2.354,70.

“Kenaikan harga emas mungkin telah mengambil isyarat terbaru dari Bank Rakyat Tiongkok, yang memperpanjang pembelian logam mulia selama 17 bulan berturut-turut pada bulan Maret,” kata Kepala Analis Pasar Exinity Group, Han Tan.Tiongkok memiliki 72,74 juta troy ons emas pada akhir Maret, naik dari 72,58 juta ons pada akhir Februari, data resmi menunjukkan pada hari Minggu.

“Dengan PBoC dan Reserve Bank of India menyerap emas batangan untuk menyangga cadangan masing-masing, pembelian besar-besaran oleh bank sentral global tentu saja memicu lonjakan harga emas spot," lanjut dia.

 

3 dari 3 halaman

Harga Emas 13% Sepanjang 2024

Harga emas batangan telah meningkat lebih dari 13% tahun ini, meskipun terdapat hambatan dari data ekonomi AS yang kuat, dan spekulasi bahwa penurunan suku bunga dapat ditunda setelah bulan Juni.

“Hanya ada dua pembeli dalam buku saya yang memiliki sikap seperti itu terhadap emas. Salah satunya bisa berupa pembelian program oleh bank sentral. Alternatif lain, yang tidak terpengaruh oleh fundamental pasar, adalah pembelian opsi,” kata analis independen Ross Norman.

 UBS menaikkan target emas batangan pada akhir tahun menjadi USD 2.250 per ounce, mengingat permintaan yang lebih kuat dan kemungkinan kenaikan pembelian dana yang diperdagangkan di bursa di masa depan.

Sementara itu, permintaan emas fisik non-resmi di India tetap lemah pada minggu lalu karena kenaikan harga domestik membuat pembeli di wilayah yang sensitif terhadap harga menjadi enggan, sementara harga premium tetap tinggi di konsumen utama Tiongkok.

Selain harga emas, harga perak di pasar spot juga naik 1,1% pada USD 27,77 per ounce, platinum naik 1,2% lebih tinggi pada USD 937,90 dan paladium naik 0,9% pada USD 1.012,10.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.