Sukses

Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta Bakal Sentuh 188.795 Penumpang

Sebanyak 188.795 penumpang diprediksi memenuhi Bandara Soetta pada saat puncak arus mudik Lebaran 2024 pada 6 April 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 188.795 penumpang diprediksi memenuhi Bandara Internasional Soekarno Hatta atau Bandara Soetta pada saat puncak arus mudik Lebaran 2024 pada 6 April 2024. Jika jumlah prediksi itu benar, pergerakan penumpang pada 2024 sudah menyamai sebelum pandemi COVID-19 pada 2019.

EGM Bandara Soekarno Hatta, Dwi Ananda Wicaksana mengungkapkan, perkiraan trafik tertinggi penumpang pada arus mudik Lebaran 2024 tersebut, akan terjadi pada H-4 Lebaran atau sekitar 6 April 2024. Pada saat itu, pergerakan penumpang di dalam satu hari penuh, aka nada 188.795 pax.

"Itu artinya naik 7 sampai 8 persen bila dibandingkan tahun lalu, atau kalau proyeksi 2024 ini benar, yakni pergerakan penumpang mencapai 188 ribu lebih pax, maka hampir 100 persen dibandingkan tahun 2019 atau sebelum pandemi. Jadi itu cukup bagus,”ungkap Dwi Ananda.

Bukan hanya pada saat puncak arus mudik, Bandara Soekarno Hatta (Bandara Soetta) juga masih akan dipenuhi penumpang pada saat arus balik terjadi. Puncaknya, diprediksi terjadi pada H+4 atau pada 15 April 2024. "Jumlah prediksinya lebih tinggi lagi dibanding arus mudik Lebaran, yakni sebanyak 192.054 pax,” ujar dia.

Meski prediksi pergerakan penumpang meningkat bahkan bisa disamai dengan 2019 atau sebelum pandemi COVID-19 melanda, pergerakan pesawat dirasa tidak terlalu signifikan. Hanya saja, tingkat keterisian atau okupansinya yang sudah lebih baik.

"Pada saat puncak arus mudik Lebaran diperkirakan ada pergerakan 1.212 penerbangan pesawat. Sementara puncak arus baliknya, mencapai 1.117 pergerakan pesawat,”ungkap Dwi Ananda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Operasikan Tiga Runway

Sementara, untuk memperlancar pergerakan pesawat, APII memastikan, tiga runway sudah dioperasikan selama 24 jam. Artinya, bisa mengurai kepadatan pesawat, terutama di jam-jam sibuk.

"Runway 3 semula atau tahun lalu hanya beroperasi 12 jam, kini semua sudah siaga beroperasi 24 jam," ujar dia.

Meski begitu, Dwi Ananda mengimbau agar para maskapai untuk lebih koperatif, terutama bekerjasama dengan ground handling. Misalnya saja, delay akibat cuaca atau rotasi pesawat, diharapkan airlines juga menginformasikan secepatnya kepada penumpang.

"Segera informasikan ke penumpang, sehingga mungkin kita juga bisa berikan informasi lebih awal ke penumpang. Lalu beri kompensasi, makanan atau minuman, tentu kita kasih hiburan juga di terminal," tutur dia.

 

3 dari 4 halaman

88 BUMN Kembali Gelar Mudik Gratis, Begini Cara Daftarnya

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menggelar mudik gratis 2024 yang  melibatkan sebanyak 88 BUMN.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono, mengatakan pihaknya berperan sebagai koordinator mudik gratis tahun ini. Untuk program ini ditargetkan bisa mengangkut 80.215 pemudik.

"Tahun ini bertambah lagi jadi 88 BUMN (yang berpartisipasi) memberikan kontribusi secara signifikan, target pemudik 80.215 pemudik, naik 20 persen dibandingkan tahun lalu," ujar Rivan dalam konferensi pers Peran BUMN dalam mudik Lebaran tahun 2024, di Kementerian BUMN, Rabu (27/3/2024).

Adapun rincian jenis transportasi dan jumlah pemudik tahun ini, yakni armada bus dengan jumlah 1.225 bus untuk mengangkut 55.607 penumpang. 

Selanjutnya, tersedia 60 armada kereta untuk mengangkut 18.998 penumpang dan 15 armada kapal laut untuk mengangkut 5.610 penumpang.

Rivan menyebut bagi calon pemudik yang menggunakan bus akan dilakukan pemberangkatan mudik gratis BUMN di Silang Monas pada 5 April 2024 pukul 07.00 WIB. Rencananya pengibaran bendera (flag off) akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Rencananya kita akan melepas nanti di Silang Monas flag off 5 April 2024 jam 7 (pagi), mudah-mudahan Bapak Presiden dan Menteri BUMN dalam hal ini bisa hadir," ujarnya.

Sedangkan, pemberangkatan menggunakan kereta api akan dilakukan di Stasiun Pasar Senen pada 2-3 April 2024. Adapun rute tujuannya terdiri dari ke Surabaya, Malang, Blitar, Solo dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kata Rivan, pendaftaran mudik gratis ini telah dibuka sejak 4 Maret 2024 dan akan ditutup jika kuota terpenuhi. Bagi yang tertarik dengan program mudik gratis BUMN bisa diakses melalui laman mudik.jasaraharja.co.id untuk mendaftar.

 

4 dari 4 halaman

Jasa Raharja Imbau Warga Jangan Mudik Lebaran Pakai Motor

Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, menghimbau masyarakat yang akan melakukan mudik selama periode Lebaran 2024 agar tidak menggunakan sepeda motor.

"Pada saat Lebaran ini kita tidak bisa menghindari bahwa masyarakat menggunakan sepeda motor,  namun dilihat dari profil penggunaan sepeda motor kami menghimbau agar masyarakat tidak menggunakan motor," kata Rivan dalam konferensi pers Peran BUMN dalam mudik lebaran tahun 2024, di Kementerian BUMN, Rabu (27/3/2024).

Untuk mencegah meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas menjelang mudik lebaran tahun ini, Jasa Raharja bekerjasama dengan beberapa pihak yakni Korlantas, Kementerian Perhubungan, dan instansi terkait untuk menyelenggarakan pengiriman sepeda motor ke kampung halaman calon pemudik.

"Kami bekerjasama dengan beberapa pihak, bagi pemudik bisa mengirimkan sepeda motornya. Diharapkan pemudik tidak melakukan perjalanan jauh," ujarnya.

Adapun jika melihat data demografi laka lantas tahun 2023, kecelakaan tertinggi dialami oleh penggunaan sepeda motor yakni 77,67 persen, bus 0,94 persen, kendaraan umum 0,49 persen, kendaraan pribadi 8,58 persen, truk 9,88 persen, kapal 0,01 persen, kereta api 0,29 persen.

Selain itu, dilihat dari usia, kecelakaan paling banyak didominasi oleh pelajar atau mahasiswa yang termasuk usia produktif. Oleh karena itu, kecelakaan lalu lintas menjelang mudik 2024 ini menjadi perhatian Jasa Raharja.

"Overall kecelakaan ini menjadi perhatian kita semua, di antaranya adalah pelajar yang menjadi korban usia produktif dan laki-laki," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini