Sukses

Pertamina Patra Niaga Salurkan Avtur di Bandara YIA Lewat Jaringan Pipa Bawah Tanah

Sebelumnya, sejak beroperasi di tahun 2019, AFT YIA menggunakan fasilitas modular. Dimana pengisian avtur ke pesawat udara dilakukan melalui refueller atau mobil tangki avtur.

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina Patra Niaga meresmikan infrastruktur baru yaitu Aviation Fuel Terminal (AFT) di Yogyakarta International Airport (YIA) yang dilengkapi dengan fully automatic hydrant fuel system. Adanya infrastruktur baru ini akan mempermudah operasional maskapai dmomen arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Dengan sistem ini, avtur dari tangki timbun di AFT YIA disalurkan melalui sistem perpipaan bawah tanah secara otomatis. Proses pengisian pesawat udara juga akan menggunakan armada truk jenis hydrant dispenser, seperti yang sudah diimplementasikan di sejumlah bandara besar lainnya seperti Soekarno-Hatta Jakarta, Ngurah Rai Bali, Hang Nadim Batam, Kualanamu Medan, dan Juanda Surabaya.

Sebelumnya, sejak beroperasi di tahun 2019, AFT YIA menggunakan fasilitas modular. Dimana pengisian avtur ke pesawat udara dilakukan melalui refueller atau mobil tangki avtur.

“Dengan penggunaan fasilitas baru hydrant fuel system, AFT YIA dapat memaksimalkan pelayanan pengisian avtur ke pesawat udara dengan volume besar dalam satu kali pengisian. AFT YIA juga mampu melayani pengisian ke empat pesawat udara wide-body aircraft (pesawat terbang berbadan lebar) secara bersamaan," kata Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan, Sabtu (23/3/2024).

"Fasilitas ini juga telah melalui serangkaian proses inspeksi dan commissioning yang ketat untuk menjamin kualitas dan keamanannya sesuai dengan standar internasional," tambah Riva saat melakukan tinjauan bersama jajaran direksi Pertamina Patra Niaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Terbaik

Penguatan infrastruktur di AFT YIA sejalan dengan kebijakan yang tertuang dalam Perpres Nomor 98 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara Udara Baru di Kabupaten Kulonprogo, DIY. Sehingga Pertamina Patra Niaga membangun AFT baru dengan fasilitas hydrant system untuk memastikan layanan terbaik kepada pelanggan.

"AFT YIA ini memiliki empat tanki timbun dengan kapasitas masing-masing 1000 Kiloliter. Untuk realisasi saat ini penyaluran atau throughput 155 Kiloliter per hari," jelas Riva.

Adapun titik suplai avtur untuk AFT YIA disalurkan dari Fuel Terminal Rewulu, Bantul. Untuk saat ini, Bandara YIA memiliki mobil tangki pengisian avtur (refueller) sebanyak tujuh unit dan system pengisian avtur melalui hydrant ke pesawat (hydrant dispenser) sebanyak empat unit. Keseluruhan unit ini juga akan dimaksimalkan untuk mendukung operasional maskapai penerbangan jelang momen Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2024 yang akan dimulai pekan depan.

"AFT YIA juga turut mendukung upaya dekarbonisasi. Diantaranya kami sudah mulai menggunakan panel surya sebagai sumber energi untuk penerangan di area fasilitas, menerapkan efisiensi energi dengan VSD (Variable Speed Drive) dan hydrant fuel system yang seluruhnya otomatis, serta armada hydrant dispenser paling muktahir" tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.