Sukses

BI Siapkan Rp 23,2 Triliun Uang Kartal Selama Ramadan di Jatim, Maksimal Penukaran Rp 4 Juta

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur (Jatim) Erwin Gutawa Hutapea menuturkan, jumlah kebutuhan uang kartal selama Ramadan dan Idulfitri di Jatim naik 4 persen pada 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur (Jatim) Erwin Gutawa Hutapea mengungkapkan, pihaknya menyiapkan sebanyak Rp 23,2 trilliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal selama Ramadan dan Idulfitri di Jatim. 

"Angka tersebut meningkat empat persen dari realisasi tahun 2023 kemarin yang mencapai Rp 22,3 trilliun," ujarnya usai meluncurkan program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Selasa, 19 Maret 2024, dikutip Rabu (20/3/2024).

Erwin menuturkan, program Serambi  mengambil tema Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah. Kegiatan Serambi dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia mulai 15 Maret 2024-5 April 2024, dan dilaksanakan di 45 kantor perwakilan BI termasuk di Jawa Timur.

"Untuk mendukung layanan kas yang prima, BI Jawa Timur menggandeng perbankan untuk memberikan layanan penukaran uang kartal kepada masyarakat," ucapnya. 

Terdapat 500 titik lokasi yang sudah ditentukan untuk pelayanan penukaran uang kepada masyarakat. Selain juga penukaran secara terpadu dengan 10 bank. Selain itu penukaran juga akan dilayani di rest area tol dan tempat layanan transportasi. 

"Layanan penukaran uang di perbankan akan dimulai pada 2 sampai dengan 4 April 2024. Untuk pelayanan kas keliling Bank Indonesia juga melakukan pembatasan penukaran, maksimal penukaran per orang Rp 4 juta. Pembatasan kita lakukan agar jumlah yang kita layani bisa lebih banyak," ujar Erwin. 

Erwin  juga mengingatkan masyarakat agar melakukan penukaran uang di Bank Indonesia atau bank lainnya. Ini dilakukan agar terhindar dari penipuan dan uang palsu.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat agar melakukan penukaran uang pada titik layanan perbankan. Jangan pada lokasi di pinggir jalan. Karena kita tidak tahu keasliannya dan jumlahnya," tutur dia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Libatkan 10 Perbankan

Erwin juga meminta masyarakat  bijak menggunakan rupiah  dan tidak memaksakan diri dalam berbelanja karena bisa mendorong peningkatan harga dan juga bisa menyebabkan orang terjebak dalam hutang. "Kami berharap masyarakat berbelanja sesuai dengan kebutuhan," ujarnya. 

Erwin menyampaikan, layanan penukaran drive thru sudah tidak ada dan diganti dengan layanan terpadu One Thru yang rencananya digelar di Grand City Surabaya.

"Untuk tahun ini kita akan mengganti layanan drive thru menjadi One Thru dengan melibatkan 10 perbankan dan digelar di Grand City. Tanggalnya kapan dimulai akan diumumkan di website Bank Indonesia, ditunggu saja," ucapnya. 

3 dari 4 halaman

BI Siapkan Rp 197 Triliun untuk Penukaran Uang di Ramadhan 2024

Sebelumnya diberitakan, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim mengungkapkan, Ramadan-Idul Fitri (RAFI) merupakan periode dimana uang beredar cukup tinggi. Peredaran uang di periode Ramadhan ini rata-rata 25 persen dalam satu tahun peredaran.

Tingginya uang beredar ini didukung oleh budaya masyarakat Indonesia di hari besar keagamaan, yaitu menggunakan uang baru dan membagi uang ke sanak saudara.

“Tahun ini Bank Indonesia menyediakan uang sebesar Rp 197 triliun, meningkat 4,65 persen dibandingkan tahun lalu,” ungkap Marlison kepada media usai acara Serambi 2024 di Gedung Bank Indonesia, Jakarta pada Jumat (15/3/2024).

Marlison mengatakan, penyediaan uang ini terus tumbuh dengan memperhatikan pertumbuhan ekonomi dan konsumsi masyarakat yang cukup. Maka dari itu, Bank Indonesia bersama perbankan akan membuka layanan penukaran uang tahun ini.

Perbankan akan membuka layanan kantor di 4.964 kantor atau titik di seluruh Indonesia. Nama bank yang tersedia dapat diakses di aplikasi Pintar Bank Indonesia.

Bank Indonesia pun juga akan membuka layanan penukaran uang sendiri, yaitu melakukan kegiatan secara reguler di tempat-tempat umum seperti ritel, pasar, kemudian juga tempat-tempat lainnya.

“Kita mulai tanggal 15 Maret hari ini sampai dengan 5 April, periode layanan penukaran uang,” terangnya.

“Kemudian kita juga akan mengadakan kegiatan bersama (BI dan perbankan) untuk di Jabodebek diselenggarakan di Istora Senayan pada 28-31 Maret. Di sama, masyarakat bisa (mengajukan) penukaran uang melalui aplikasi Pintar maupun go-show (hadir secara langsung),” sambungnya.

Termasuk bagi masyarakat yang hendak menukar uang melalui perbankan bisa lewat debit atau QRIS, tersedia saat acara nanti di Istora Senayan.

 

4 dari 4 halaman

BI Buka Layanan Penukaran Uang di Wilayah-wilayah Indonesia

Selain itu, BI juga melakukan kegiatan tematik, dengan membuka layanan penukaran uang di Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur.

“Kami juga menyediakan layanan tukar uang di titik arus mudik, salah satunya Jalan Tol Trans Jawa, Lampung, Lintas Sumatera, dan Medan. Khusus di Jawa kita akan buka di Kilometer 57, mulai tanggal 2-5 April,” kata Marlison.

“Nanti kawan-kawan kami juga akan buka di Cirebon, Semarang, hingga Surabaya. Begitu juga di beberapa titik penyebrangan di Merak-Bakauheni, stasiun kereta api, hingga Bandara,” tambahnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.