Sukses

Miliarder Tewas Kecelakaan Mobil, Keamanan Tesla Dipertanyakan

Angela Chao ditemukan tewas pada 11 Februari lalu, setelah mobilnya ambles ke dalam perairan dalam waktu sekitar satu jam.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari salah satu miliarder di Amerika Serikat. Miliarder sekaligus CEO perusahaan pelayaran Foremost Group, Angela Chao meninggal dunia usai mengalami kecelakaan di sebuah peternakan di Texas.

Dikutip dari Associated Press, Senin (18/3/2024) Angela Chao ditemukan tewas pada 11 Februari lalu, setelah mobilnya ambles ke dalam perairan dalam waktu sekitar satu jam.

Pernyataan resmi keluarga Chao tidak mengungkapkan rincian tentang kematiannya, dan pihak berwenang di Blanco County belum merilis informasi tambahan, dengan alasan penyelidikan yang sedang berlangsung.

The Wall Street Journal, mengutip laporan insiden pemadam kebakaran, mengatakan petugas penyelamat memerlukan tim penyelam saat tiba di lokasi kejadian tetapi tidak ada yang tersedia. Satu unit gawat darurat tiba pada pukul 00:28, sekitar 24 menit setelah mendapat panggilan.

Petugas kemudian meminta perangkat untuk memecahkan jendela kendaraan yang dikendarai Chao, sebuah unit mobil Tesla, dan pekerja layanan darurat serta petugas pemadam kebakaran memasuki air dengan alat penyelamat.

Chao ditemukan tidak sadarkan diri setelah mobilnya ditarik dari air, menurut keterangan kepala layanan darurat Blanco County Ben Oakley.

Chao (50 tahun), yang juga dikenal sebagai saudara ipar Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell, merupakan ketua dan CEO perusahaan pelayaran milik keluarganya, Foremost Group, dan presiden organisasi filantropi ayahnya, Foremost Foundation. Seorang juru bicara keluarga dan perusahaan menolak berkomentar mengenai laporan kecelakaan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Keluarga

McConnell pun mengumumkan kematian saudara iparnya ketika dia mengumumkan bulan lalu bahwa dia mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Republik di Senat.

"Seperti yang mungkin diketahui sebagian dari Anda, ini adalah masa yang sangat sulit bagi keluarga saya. Kami secara tragis kehilangan adik perempuan Elaine, Angela, beberapa pekan yang lalu," demikian pernyataan McConnell pada 28 Februari 2024.

"Saat Anda kehilangan orang yang dicintai, terutama di usia muda, ada introspeksi tertentu yang menyertai proses berduka," ungkapnya.

Adapun Ayah Chao, James S.C. Chao, mengatakan dalam pernyataan keluarga pada saat kematiannya bahwa "ketidakhadirannya meninggalkan kekosongan tidak hanya di hati kami, tetapi juga di komunitas Asia-Amerika.”

3 dari 4 halaman

Sekilas Profil Angela Chao

Angela Chao adalah anak bungsu dari enam bersaudara dari orang tua imigran yang pindah ke AS dari China pada akhir tahun 1950an.

Kakak tertuanya, Elaine Chao, menikah dengan McConnell dan menjabat sebagai sekretaris transportasi di bawah kepemimpinan mantan Presiden Donald Trump dan sekretaris tenaga kerja di bawah Presiden George W. Bush.

4 dari 4 halaman

Keamanan Tesla Dipertanyakan

Sebelum malam yang fatal itu, Chao diketahui sempat melakukan kesalahan yang sama dengan perpindahan gigi Tesla, membuat mobilnya terbalik dan bukannya melaju, demikian dilaporkan The Wall Street Journal.

Dia disebut bukan satu-satunya. Banyak pemilik Tesla yang mengeluhkan bahwa desain perpindahan gigi membingungkan.

"Pemilik Tesla menyuarakan keprihatinan selama bertahun-tahun tentang kekurangan desain dan kerusakan yang tampaknya menyebabkan mereka secara tidak sengaja mengemudi secara terbalik," mengutip Business Insider.

Business Insider menemukan 12 keluhan terkait fungsi mundur Tesla dalam basis data keluhan konsumen mobil yang disimpan oleh Departemen Transportasi AS.

Menurut Quartz, model mobil pasca-2021 memiliki layar sentuh yang konyol dan tidak memiliki indikator dan tangkai PRND [Park, Reverse, Neutral, Drive, dan Low]

Selain itu, pengguna Tesla juga telah menandai "pengereman hantu" oleh mobil ketika dalam mode autopilot, di mana mobil terkadang menginjak rem bahkan di tengah lalu lintas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini