Sukses

Dekranasda Gaet Uniqlo hingga Ikea Bawa UMKM Lokal Naik Daun

Dekranasda Kota Tangerang Selatan memiliki program kolaborasi dengan sejumlah brand ternama untuk mendongkrak penjualan para crafter di Tangsel.

Liputan6.com, Jakarta Dekranasda Kota Tangerang Selatan menggelar rapat kerja (raker) 2024. Pada raker tahun ini, Dekranasda Kota Tangsel fokus membahas program kerja sekaligus menyelaraskan kriya di wilayahnya, baik di tingkat kecamatan hingga kelurahan.

Raker Dekranasda se-Kota Tangsel 2024 kali ini diselenggarakan di Kantor Pemerintah Kota Tangsel. Sebanyak 80 perwakilan Dekranasda dari tingkat kelurahan hingga kecamatan di Kota Tangsel mengikuti rapat kerja tersebut.

Pada kesempatan itu, Dekranasda se-Kota Tangsel membahas program-program kerja pada tahun ini. Salah satunya, program kolaborasi dengan sejumlah brand ternama untuk mendongkrak penjualan para crafter di Tangsel.

"Kita berkolaborasi dengan beberapa brand besar seperti Uniqlo, Ikea, dan juga beberapa resto-resto yang terkemuka di Kota Tanggerang Selatan. Rapat kerja dekra Kota Tanggerang Selatan 2024 ini mengusung kolaborasi," ujar Ketua Dekranasda Kota Tangerang Selatan, Truetami Ajeng.

Pandangan UMKM untuk selanjutnya bisa menjadi marketplace, Truetami melihatnya sebagai sebagai peluang, namun bukan mengubah entitas UMKM menjadi marketplace.

“Nah, Kawan Dekra itu kita sebenarnya tidak bisa menjadi marketplace. Karena apa? Karena marketplace-nya itu kita bekerja sama lagi, seperti dengan ‘Toko Hijau’ atau ‘Toko Orange’. Jadi itulah kehebatan daripada mereka dua Daripada marketplace yang sudah besar Tapi kita memanfaatkan bagaimana peluangnya.” jelas Truetami.

Treutami berharap agar Dekranasda Kota Selatan menjadi tempat yang bermanfaat untuk penjualan para crafter maupun menjadi fasilitator yang baik bagi para UMKM, crafter dan juga para pengusaha kuliner yang ada di Kota Tengah

"Jadi kita membuka seluas-luasnya untuk berkolaborasi dengan para crafter, para perajin UMKM, kuliner, dan juga seperti misalkan mitra atau kawan Dekra, Mall yang ada di Tanggerang Selatan ataupun brand-brand terkenal yang memang sangat mendongkrak selling bagi para crafter yang ada di Tangerang Selatan," lanjutnya.

Selain membahas program kerja, Raker Dekranasda se-Kota Tangsel 2024 juga membahas upaya sinkronisasi dan harmonisasi kegiatan kriya dari setiap Dekra masing-masing wilayah pada tahun ini. Misalnya, menyamakan jadwal pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan hingga produk-produk yang akan diusung nantinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelatihan dan Pembinaan

Menurut Kabid Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel, Appgraid Purwanto, penyelerasan kegiatan ini sangat penting. Agar program yang dlaksanakan atau dikerjakan tidak saling tumpang tindih dan target dalam visi misi Dekranasda se-Kota Tangsel bisa sama-sama tercapai.

"Jadi mereka itu mencocokkan minimal timeline, jadwal pelaksanaan antara yang di pusat sama kecamatan. Harus sama, karena kan banyak pelatian, pembinaan. Kalau tumang tindih kan tidak bagus. Makanya harus sama dan agar dunia tercapai. Yang utama sih mereka koordinasi, sinkronisasi, dan harmonisasi kegiatan. Supaya kegiatan antara kota dan Kecamatan Kelurahan itu harmonis," kata Purwanto.

Tujuan kedua, lanjut Appgrraid, adalah silaturahim sebelum puasa. 

“Kalau dinas kita memang semua fasilitasi, termasuk anggaran dan perencanaan dari kita. Nanti pelaksanaannya oleh dekra kota-kota tersendiri. Nah, semua yang mereka lakukan tetap koordinasi dengan dekra kita. Karena walaupun dekra itu artinya kriya, kriya itu industri kecil, dan itu masuk binaan dari dinas Perindag," tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Dukungan Dekranasda

Salah satu perwakilan Dekranasda Kecamatan Setu, Ifa Fatmawati menyambut baik rapat kerja ini. Ia merasa pihaknya mendapat dukungan penuh dari Dekranasda Tangsel untuk kegiatan kriya tahun ini. 

"Visi-visi kecamatan setu supaya masyarakat di wilayah setu mendapatkan penghasilan lebih dari hasil kerajinan yang mereka buat. Dekranasda Kota Tangsel sangat men-support Kecamatan Setu. Masing-masing kecamatan di wilayah Tangsel ya khususnya, mereka memberikan kami fasilitas untuk mengajak masyarakat di wilayah masing-masing kecamatan agar lebih kreatif lagi masyarakatnya," kata Ifa.

Pada kesempatan itu, Ifa pun memaparkan terkait persiapan Dekranasda wilayahnya untuk pelaksanaan program kerja pada tahun ini. Termasuk membeli peralatan-peralatan untuk mendukung masyarakat Kecamatan Setu berkarya.

"Kecamatan Setu sudah membeli mesin jahit yang bisa digunakan sama masyarakat Kecamatan Setu untuk membuat batik, membuat tas, dompet, pouch handphone, dan itu bisa mereka jual untuk penghasilan tambahan mereka," kata Ifa membanggakan produk unggulan dari kecamatannya. 

Dekranasda Kota Tangsel akan di bulan Ramadhan akan mengadakan bazar ang akan berkolaborasi bersama Dinas Indag, Dinas UMKM dan juga Dekranasda wilayah yang diadakan di tanggal 28 Maret di Islamic Center Kota Tengah Selatan. Tema yang diusung nanti adalah Nuzulul Quran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.