Sukses

Cara Bedakan Emas Asli dan Palsu, Awas Tertipu!

Emas telah lama dianggap sebagai symbol kekayaan, stabilitas, dan investasi yang aman. Namun belakangan ini konsumen dihadapkan pada ancaman yang meresahkan, yaitu maraknya emas palsu.

Liputan6.com, Jakarta Emas telah lama dianggap sebagai symbol kekayaan, stabilitas, dan investasi yang aman. Namun belakangan ini konsumen dihadapkan pada ancaman yang meresahkan, yaitu maraknya emas palsu.

Penting bagi pembeli emas untuk dapat membedakan emas asli dari yang palsu, untuk memastikan bahwa anda mendapatkan nilai yang sesungguhnya  dari emas yang anda beli.

Pada era digital ini, berbelanja emas secara online dapat menjadi tugas yang menantang dan memerlukan kehati-hatian ekstra. Terutama saat berbelanja emas di e-commerce, di mana transaksi dilakukan tanpa melihat barang secara langsung.

Dampak dari maraknya peredaran emas palsu sangat luas. Selain kerugian finansial bagi konsumen tertipu, ini juga merusak kepercayaan masyarakat terhadap investasi emas sebagai instrumen keuangan yang aman dan dapat diandalkan.

Selain itu, hal ini juga dapat merugikan industri emas secara keseluruhan dengan mengganggu keseimbangan pasar dan menimbulkan ketidakstabilan.

Berikut beberapa tips membedakan emas asli dan palsu melansir laman Galeri24, Jumat (8/3/2024)

Bedakan Emas Asli dan Palsu

Meskipun hanya melihat sekilas, membedakan emas asli dari palsu bukanlah hal yang sulit bagi para profesional yang bekerja dengan emas. Tetapi bagi orang awam pasti akan membutuhkan bantuan profesional untuk membedakan. Karena menilai emas asli atau palsu membutuhkan keahlian khusus,

Kesadaran akan masalah peredaran emas palsu sangatlah penting bagi masyarakat umum. Dengan pengetahuan yang memadai dan tindakan yang tepat, kita dapat melindungi diri kita sendiri dan pasar emas dari ancaman yang mengintai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perhatikan Cap Kadar Emas

Cap atau tanda yang tertera pada permukaan emas bisa menjadi cara untuk menunjukkan kadar kemurnian emas tersebut. Produsen atau pabrik emas yang terpercaya biasanya memiliki cap yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan.

Seperti angka gramasi 999,9 yang artinya emas tersebut mengandung hampir seratus persen emas  atau emas murni. Lalu juga pada perhiasan cap tanggungan, menunjukan persentase kadar emas yang dimiliki. Semakin tinggi persentasenya maka semakin tinggi pula kadar maka semakin murni emas tersebut.

Pada cincin atau gelang cap kadar emas sering kali ditempatkan dibagian dalam, lalu pada kalung cap kadar emas biasa ditempatkan di bagian belakang pengait perhiasan tersebut. Lalu pada gelang  rantai, cap kadar emas mungkin ditempatkan di ujung rantai atau sisi dekat dengan klip pengait.

 

3 dari 4 halaman

Pemeriksaan Fisik

Ada beberapa sifat emas yang harus kita ketahui agar lebih mudah menilainya. Emas asli tidak bersifat magnetik, jadi salah satu cara cepat untuk memeriksa keasliannya adalah dengan menggunakan magnet. Jika emas tertarik oleh magnet, maka kemungkinan besar palsu.

Bentuk emas dapat memberikan petunjuk tentang kemurnian emas. Misalnya, emas murni biasanya lebih lembut dan cenderung digunakan dalam bentuk batangan atau koin investasi. Sementara itu, emas yang dicampur dengan logam lain untuk meningkatkan kekuatan biasanya digunakan dalam perhiasan seperti cincin atau gelang.

Beberapa produk emas juga disertai dengan sertifikat atau dokumentasi resmi yang mencantumkan cap kadar emas serta informasi lainnya tentang produk tersebut. Sertifikat ini dapat memberikan bukti yang lebih kuat tentang keaslian dan kemurnian emas.

Emas murni secara alami juga tidak akan berkarat karena sifatnya yang tidak bereaksi dengan oksigen atau zat lainnya untuk membentuk karat. Jadi, jika Anda menemukan karat pada emas, itu bisa menjadi tanda bahwa emas tersebut palsu atau tercampur dengan logam lain yang lebih mudah berkarat.

4 dari 4 halaman

Riset

Sebelum melakukan pembelian, luangkan waktu untuk melakukan penelitian tentang penjual emas yang direkomendasikan. Tinjau reputasi mereka, baca ulasan dari pelanggan sebelumnya, dan pastikan bahwa mereka memiliki sertifikasi dan izin yang diperlukan.

Pilihlah toko emas yang sudah dikenal dan memiliki reputasi baik. Tempat-tempat ini biasanya menjual emas asli dengan sertifikasi yang dapat diverifikasi.

Beberapa produk emas juga disertai dengan sertifikat atau dokumentasi resmi yang mencantumkan cap kadar emas serta informasi lainnya tentang produk tersebut. Sertifikat ini dapat memberikan bukti yang lebih kuat tentang keaslian dan kemurnian emas.

Simpan bukti pembelian dan semua dokumen terkait dengan transaksi pembelian emas. Ini akan berguna jika Anda perlu melakukan klaim atau mengajukan keluhan di masa mendata

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.