Sukses

Kelola Laporan Keuangan Lebih Efektif, Ketahui Tips Berikut Ini

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, mengelola laporan keuangan dengan efektif menjadi kunci utama keberhasilan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Dalam dunia bisnis yang kompetitif, mengelola laporan keuangan dengan efektif menjadi kunci utama keberhasilan perusahaan. Laporan keuangan tidak hanya menjadi alat untuk memenuhi kewajiban perpajakan atau kebutuhan pihak eksternal, tetapi juga menjadi panduan internal bagi manajemen untuk membuat keputusan yang tepat. 

Ada beberapa tips mengelola laporan keuangan yang bisa dilakukan saat membangun bisnis maupun usaha.

Pertama, sebelum memulai proses pengelolaan laporan keuangan, pahami dengan jelas tujuan dari laporan tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan informasi yang paling relevan dan diperlukan.

Investasikan dalam sebuah akuntansi yang tepat untuk kebutuhan perusahaan Anda. Saat ini, aplikasi modern tidak hanya memudahkan pengelolaan laporan keuangan tetapi juga dapat mengurangi risiko kesalahan manusia. Dengan fitur otomatisasi, Anda dapat menghemat waktu dan menghindari kekeliruan yang mungkin terjadi.

Kemudian, melibatkan tim keuangan yang terlatih dan terampil sangat penting dalam mengelola laporan keuangan. Pastikan tim Anda memiliki pengetahuan yang cukup dan selalu mengikuti perkembangan regulasi keuangan terkini. 

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan Finfloo, layanan keuangan yang terpercaya. Founder Finfloo, Arini Astari mengatakan bahwa Finfloo mulanya bernama Moodah yang didirikan pada tahun 2020.

“Berawal dari kepercayaan tersebut, pada tahun 2020 kami meluncurkan aplikasi pembukuan bernama Moodah. Aplikasi ini berhasil membantu lebih dari 70.000 pemilik usaha untuk mengenali keuntungan atau kerugian mereka," kata Arini dikutip Minggu (3/3/3024).

“Sudah ada lebih dari 100 mitra profesional pembukuan dan perpajakan,” imbuhnya..

Tips selanjutnya, ketepatan waktu dalam mencatat setiap transaksi keuangan sangat penting. Hindari menumpuk pekerjaan akuntansi dan lakukan pencatatan secara teratur. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa data yang dihasilkan lebih akurat dan dapat diandalkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Komunikasi Transparan

Terakhir, buka komunikasi yang transparan antara tim keuangan dan pihak terkait lainnya di perusahaan. Diskusikan hasil laporan keuangan dan strategi keuangan menggunakan layanan keuangan Finfloo. Ini dapat membantu menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang situasi keuangan perusahaan.

Selain membantu permasalahan laporan keuangan bisnis Anda, Finfloo juga menyediakan berbagai layanan menarik. Seperti laporan laba rugi, neraca keuangan, laporan pajak, asset dan inventaris, serta laporan keuangan lainnya. 

Mengelola laporan keuangan dengan baik memerlukan komitmen, disiplin, dan pemahaman mendalam tentang kondisi keuangan perusahaan. Dengan menerapkan tips di atas, perusahaan dapat memastikan bahwa laporan keuangannya menjadi alat yang efektif dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat dan berkelanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini