Sukses

Menko Luhut Pilih Nyoblos di Bali, Ternyata Ini Alasannya

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan suaranya di TPS 14 Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan suaranya dalam Pemilu 2024 di TPS 14 Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Rabu.

Dalam pantauan di lapangan, Luhut Panjaitan terlihat ditemani sang istri Devi Simatupang tiba di TPS 14 Cemagi, Kabupaten Badung. Menggunakan baju Polo berwarna merah putih, Luhut tiba di TPS 14 Cemagi pada pukul 10.53 Wita dengan pengawalan ketat dari pihak keamanan.

Setibanya di lokasi, Luhut menyapa warga yang sedang menunggu jadwal pemanggilan untuk mencoblos. Tak berselang lama, petugas KPPS 14 Desa Cemagi langsung memanggil nama Luhut Panjaitan bersama sang istri Devi Simatupang untuk langsung memberikan hak pilihnya untuk memilih calon Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Luhut mengaku memberikan hak pilihnya di Desa Cemagi karena bertepatan dengan rapat persiapan World Water Forum Ke-10 yang akan dilaksanakan di Bali pada Mei 2024 mendatang.

 

"Saya pas ada rapat mengenai Word Water Forum di Bali esok dan lusa. Jadi sekalian saja," kata Luhut  dikutip dari Antara, Rabu (14//2/2024).

Dia berharap Pemilu yang sedang berlangsung di Indonesia berjalan dengan lancar dan aman.

Luhut mengatakan perbedaan dalam menentukan pilihan calon pemimpin merupakan hak demokratis dari setiap warga negara.

"Ya saya harap semua damai walaupun kemarin kita banyak beda-beda, itu sah-sah saja, demokrasi. Tapi sudah terpilih nanti sore kan kita sudah tahu ni kira-kira siapa presiden yang terpilih, ya kita guyub lagi," katanya.

Keputusan KPU

Dirinya berharap, setelah ada keputusan KPU mengenai calon pemimpin yang telah ditetapkan terpilih, masyarakat diharapkan untuk bersatu kembali membangun bangsa dan negara Indonesia.

"Kita harus satu untuk membangun Indonesia yang lebih bagus. Kalau kita tidak kompak kan gak bisa," katanya.

Setelah melakukan pencoblosan di TPS 14 Desa Cemagi, Badung, Bali, Luhut dan sang istri kembali ke tempat penginapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menko Airlangga Nyoblos di TPS SMKN 6 Melawai Bareng Sang Anak: Ini Pertama Kali Mencoblos

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyalurkan hak pilihnya  di TPS 05 yang terletak di SMKN 6, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (14/2).

Dari pantauan Merdeka.com, Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut tiba di TPS 05 untuk melakukan pencoblosan pada sekitar pukul 10.00 WIB. 

Saat ditanya awak media terkait hujan yang mengguyur wilayah Jakarta di hari pencoblosan. Airlangga mengaku, hujan sebagai pertanda yang baik agar lebih nyenyak untuk tidur.

"(Hujan) ya pertanda enak buat tidur, oke deh," ujar Airlangga.

Sesaat, kemudian Airlangga memperkenalkan sosok putrinya yang baru pertama kali ikut mencoblos pada pemilu serentak.

"Saya datang dengan putri saya juga, kebetulan ini pertama kali (mencoblos)," ungkapnya sambil bergegas memasuki area TPS 05.

3 dari 3 halaman

Perdana, Mendagri Tito Karnavian Nyoblos di TPS 01 Widya Chandra

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Widya Chandra, Senayan, Jakarta Selatan. Ini merupakan penggunaan hak suara perdananya dalam Pemilihan Umum Indonesia 2024 atau Pemilu 2024 usai pensiun dari jabatan Kapolri.

Mendagri Tito Karnavian terpantau tiba di TPS 01 Widya Chandra pukul 08.51 WIB menggunakan kendaraan roda 4 berwarna hitam. Dia mengenakan baju kemeja berwarna putih sambil didampingi oleh sang istri dengan pakaian yang sama.

Keduanya berjalan dari mobil menuju TPS 01. Tak lama menunggu, Tito langsung diberikan 4 surat suara oleh panitia pencoblosan.

Tito lebih dulu berjalan ke bilik suara, diikuti sang istri yang juga menuju bilik suara, di sebelah kiri Tito Karnavian. Sekitar 1 menit di bilik suara, Tito melanjutkan berjalan menuju kotak suara.

Dia mulanya memasukkan surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Lalu, diikuti dengan memasukkan surat suara lainnya ke kotak-suara masing-masing kategori.

Sekitar 5 menit berada di TPS 01 Widya Chandra, Tito Karnavian bersama istri langsung meninggalkan lokasi pencoblosan menggunakan kendaraan yang sama.

Diketahui, dia mencoblos di Pemilu 2024  tak lama dari Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman yang lebih dulu. Keduanya mencoblos hanya berselang sekitar 30 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini