Sukses

Pupuk Kaltim Berhasil Jual 2 Juta Urea selama 2023

Pupuk Kaltim terus berupaya melakukan penguatan pemasaran produk di sektor komersil

Liputan6.com, Jakarta PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) terus berupaya melakukan penguatan pemasaran produk di sektor komersil, dengan melakukan evaluasi kinerja secara berkala sekaligus meningkatkan loyalitas pelanggan yang selama ini telah mendukung pencapaian penjualan secara optimal.

Hal ini melihat pemasaran komersil Pupuk Kaltim satu tahun terakhir kembali mencatatkan prestasi, dengan kontribusi terbesar dari seluruh perusahaan di lingkungan Pupuk Indonesia Grup.

SVP Transformasi Bisnis Pupuk Kaltim Wisnu Ramadhani, menyampaikan dalam satu tahun terakhir kinerja penjualan Pupuk Kaltim mencapai 2.042.837 MT untuk Urea, disusul Amoniak sebesar 802.737 MT dan NPK sebanyak 2.496 MT.

Hal tersebut didukung berbagai pengembangan inovasi seperti peningkatan Loading Rate, perbaikan serta peningkatan kapasitas dermaga yang beroperasi selama 24 jam, hingga pemilihan agen sesuai kebutuhan buyer dan penyediaan fasilitas Cherry Picker.

"Begitu juga dari sisi pelayanan semakin dioptimalkan agar loyalitas pelanggan turut meningkat, sehingga kinerja penjualan yang didukung oleh pelanggan setia Pupuk Kaltim bisa terus dipacu," tutur Wisnu, saat Customer Talk, dalam rangkaian Customer Gathering Pupuk Kaltim 2024 belum lama ini.

Kemudahan Layanan

Dijelaskan Wisnu, pelanggan merupakan salah satu faktor penting terhadap penjualan Pupuk Kaltim, sehingga pelayanan yang diberikan pun terus dimaksimalkan untuk memberi kemudahan dalam mendorong kinerja sektor komersil di tiap daerah.

Salah satunya terkait skema penjualan, dengan memberikan dukungan optimal kepada seluruh pelanggan mulai dari penerapan tata niaga yang baik, proses jual beli yang mudah, hingga layanan purna jual secara berkelanjutan.

"Selain itu, Pupuk Kaltim juga memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja pelanggan dalam satu tahun, disamping berbagai bekal tambahan untuk meminimalisasi segala bentuk kendala di lapangan," tambah Wisnu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Pelanggan

Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman, pun menyebut peranan pelanggan sangat krusial bagi Pupuk Kaltim, sebagai perpanjangan tangan perusahaan dalam pemasaran produk di seluruh wilayah distribusi.

Oleh sebab itu, Perusahaan pun menyediakan wadah bagi pelanggan sebagai sarana bertukar pikiran dan menyampaikan aspirasi dalam memaksimalkan pelayanan yang diberikan, sehingga Pupuk Kaltim maupun Pupuk Indonesia Grup dapat terus memberikan kinerja terbaik khususnya di sepanjang tahun 2024.

"Pupuk Kaltim berkomitmen memberikan produk berkualitas tinggi dengan layanan terbaik, serta selalu berusaha memahami kebutuhan dan harapan pelanggan agar dapat terus berkembang dengan memberikan solusi yang inovatif," terang Qomaruzzaman. 

Melalui Customer Gathering tahun ini, Qomaruzzaman pun memastikan aspirasi dan masukan dari seluruh pelanggan menjadi bahan evaluasi bersama, agar kinerja penjualan makin tumbuh seiring komitmen pelayanan terbaik dalam memenuhi kebutuhan pupuk di tiap wilayah distribusi perusahaan. Dari hal tersebut, ketahanan pangan dapat terus terjaga seiring meningkatnya produktivitas hasil pertanian masyarakat.

"Kerjasama dan sinergi antara perusahaan dengan pelanggan akan terus diperkuat Pupuk Kaltim, tentunya dengan pelayanan yang juga jauh lebih baik kedepannya," tandas Qomaruzzaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini