Sukses

Pertamina Jamin Stok BBM dan LPG Aman sampai Pemilu

PT Pertamina Patra Niaga memastikan kesiapan stok BBM hingga LPG di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan Sulawesi aman selama libur panjang Isra Mikraj dan Imlek 2024.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina Patra Niaga memastikan kesiapan stok BBM hingga LPG di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan Sulawesi aman selama libur panjang Isra Mikraj dan Imlek 2024.

Tak hanya BBM dan LPG, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara, Susanto August Satria pun menjamin kesiapan stok bahan bakar pesawat (avtur) di libur panjang ini.

"Pertamina Patra Niaga menjamin stok BBM, LPG, dan avtur aman selama masa libur dan cuti bersama Isra Mikraj, Imlek, serta Pemilu 2024," ujar Satria, Jumat (9/2/2024).

Satria menjelaskan, stok BBM jenis Biosolar dan Pertalite di Sumut dipastikan aman. Per hari ini, ada sebanyak 40.214 Kilo Liter (KL) stok Biosolar dan 18.533 KL Pertalite.

Stok LPG

Sementara untuk stok LPG sebesar 5.099 Metrik Ton (MT) dan dalam kondisi aman. "Stok ini belum termasuk stok yang akan disalurkan dari kilang dan stok yang sedang berjalan dari kapal tanker,” imbuhnya.

Selain itu, kata Satria, Pertamina Patra Niaga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pemilu sejak 5-18 Februari 2024 yang bertugas untuk memastikan kelancaran distribusi energi di Sumut dan mendukung kelancaran Pemilu yang aman dan damai.

"Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kita memiliki Satgas Pemilu, agar lebih meningkatkan kewaspadaan penyaluran BBM dan LPG selama masa libur panjang dan Pemilu ini," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beroperasi Normal

Pihaknya memastikan sarana dan fasilitas Fuel Terminal, Integrated Terminal, Depot LPG dan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) beroperasi secara normal dan optimal dalam mengantisipasi peningkatan konsumsi energi di masyarakat.

Beralih ke sisi timur Indonesia, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan ekstra effort dalam mempersiapkan dan mengantisipasi kenaikan tingkat mobilisasi masyarakat jelang pemilu.

"Ketahanan stok LPG di Sulawesi pada hari ini mencapai 8.315 Metrik Ton (MT) sementara rata-rata konsumsi harian Masyarakat Sulawesi saat ini sebesar 1.758 MT per hari. Hal ini menunjukkan kondisi aman," jelasnya.

"Begitu pula dengan stok BBM saat ini misalnya Pertalite, berdasarkan data satgas stok BBM Pertalite sebanyak 89.581 KL di mana konsumsi rerata harian sebesar 7.377 KL," ujar Fahrougi.

 

3 dari 3 halaman

Beli LPG Pakai KTP

Lebih lanjut, Fahrougi mengimbau masyarakat terkait aturan pembelian LPG 3 kg yang sejak per 1 Januari 2024 sudah diwajibkan menggunakan KTP tidak ada hubungannya dengan Pemilu 2024.

"Aturan penggunaan KTP ini bertujuan agar LPG bisa tepat sasaran digunakan oleh Masyarakat yang berhak, di mana program ini disebut subsidi tepat LPG yang sosialisasinya sudah dilaksanakan sejak bulan Mei tahun 2023," ungkapnya.

Saat ini, sebanyak 30.664 pangkalan sudah bertransaksi pembelian LPG 3kg menggunakan KTP melalui website Merchant Apps My Pertamina dari target 31.435 pangkalan atau sebesar 97,55 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.