Sukses

Harga Perak Global Diramal Cetak Rekor Baru di 2024, Berpotensi Ungguli Emas?

Harga perak akan mencapai USD 30 per ounce, yang merupakan harga tertinggi dalam 10 tahun

Liputan6.com, Jakarta Permintaan perak global diperkirakan akan mencapai 1,2 miliar ons di tahun 2024, yang akan menandai rekor tertinggi kedua.
 
Hal itu diungkapkan oleh sebuah asosiasi internasional nirlaba perak, Silver Institute dalam laporannya baru-baru ini.
 “Penyerapan industri yang lebih kuat merupakan katalis utama bagi meningkatnya permintaan global terhadap logam putih, dan sektor ini akan mencapai titik tertinggi baru di tahun ini,” kata Silver Institute, dikutip dari CNBC International, Rabu (7/2/2024)
 
“Kami pikir perak akan mengalami tahun yang hebat, terutama dalam hal permintaan,” ungkap Michael DiRienzo, direktur eksekutif Silver Institute.
 
Dia memperkirakan harga perak akan mencapai USD 30 per ounce, yang merupakan harga tertinggi dalam 10 tahun, menurut data dari LSEG. Perak, yang diperdagangkan pada USD 22,4 per ounce, terakhir mencapai USD 30 pada Februari 2013.
 
Silver Institute juga memperkirakan adanya peningkatan permintaan barang-barang perak sebesar 9 persen dan peningkatan permintaan perhiasan sebesar 6 persen di 2024, dengan India diperkirakan akan mendorong lonjakan pembelian perhiasan.
 
Proyeksi pemulihan pada barang elektronik konsumen juga siap memberikan dorongan tambahan pada pasar perak, kata laporan itu.
 
Meskipun demikian, lembaga ini mencatat bahwa dalam jangka pendek, perlambatan ekonomi China dan menurunnya peluang penurunan suku bunga AS di awal tahun dapat memberikan hambatan bagi investasi institusional perak.
 
Namun, keadaan bisa berbalik pada paruh kedua tahun 2024, ketika sebagian besar pengamat pasar yakin Federal Reserve akan mulai menurunkan suku bunganya.
 
Sebagai informasi, perak digunakan terutama untuk keperluan industri dan umumnya digunakan dalam pembuatan mobil, panel surya, perhiasan dan elektronik.
 
Harga perak, seperti emas, cenderung memiliki hubungan terbalik dengan suku bunga. Tingkat suku bunga yang lebih tinggi mengurangi permintaan terhadap perak dan emas karena logam mulia tidak memberikan bunga apa pun, sehingga kurang menarik dibandingkan dengan investasi alternatif seperti obligasi.
 
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perak Bisa Mengungguli emas?

 
“Emas akan melonjak terlebih dahulu dan kemudian Anda akan melihat perak melonjak dengan cepat. Dan perak selalu mengungguli. Ini baru terlambat,” kata Smallwood, menambahkan bahwa harga perak menembus USD 50 mungkin terjadi, tetapi hanya setelah emas bergerak melewati USD 2,200. 
 
Saat ini, harga emas berada pada USD 2,034 per ons.
 
Perak mempunyai reputasi buruk sebagai sepupu emas yang lebih buruk, namun keduanya memiliki korelasi positif dalam hal harga, meskipun dengan jeda yang lambat.
 
“Inilah yang biasanya terjadi pada perak: ia bergerak bersama emas, tetapi kemudian bergerak,” kata Randy Smallwood, CEO Wheaton Precious Metals.
 
Karena banyaknya aplikasi perak dalam industri, kinerjanya sangat bergantung pada kesehatan perekonomian atau siklus bisnis secara keseluruhan. Sebaliknya, harga emas biasanya naik pada saat perekonomian lemah atau ketidakpastian.
 
Oleh karena itu, perak lebih sensitif terhadap perubahan ekonomi dan lebih fluktuatif dibandingkan emas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini