Sukses

Standard Chartered Ramal Ekonomi Global Cuma Tumbuh 2,9%, Sedangkan Indonesia Capai 5,2%

Untuk tahun 2024, Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2%, dengan inflasi yang rendah dan stabil sekitar 2,5%.

Liputan6.com, Jakarta - Standard Chartered memperkirakan pertumbuhan ekonomi global bakal melambat menjadi 2,9% di 2024. Namun khusus untuk Asia, kemungkinan akan menjadi kawasan dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di angka 4,9%.

Hal ini merupakan poin penting dalam laporan Standard Chartered Global Focus – Economic Outlook 2024, yang dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan. 

Turut hadir mewakili Standard Chartered dalam penyampaian proyeksi ekonomi global dan domestik adalah Edward Lee, Chief Economist, ASEAN and South Asia, Standard Chartered dan Aldian Taloputra, Senior Economist, Standard Chartered Indonesia.

Menko Luhut menjelaskan, Realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia mencatat kinerja positif yang didukung oleh sektor hilir. Nilai total realisasi investasi, baik PMA maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), mencapai Rp 1.419 triliun pada 2023, 17% lebih tinggi dari realisasi tahun sebelumnya.

"Sedangkan total nilai realisasi investasi di sektor hilir mencapai Rp 375,4 triliun, menyumbang 26,5% dari seluruh realisasi investasi pada periode tersebut," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (1/2/2024).

Selain itu, realisasi PMA di sektor lain di luar sektor hilir juga menunjukkan kinerja positif pada tahun 2023. Hal ini mencerminkan kepercayaan investor asing yang jauh lebih baik terhadap Indonesia.”

Sedangkan untuk tahun 2024, Luhut menjelaskan bahwa pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2%, dengan inflasi yang rendah dan stabil sekitar 2,5%.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Cukup Tangguh

Vice Chairman ASEAN & President Commissioner Indonesia Standard Chartered Rino Donosepoetro mengatakan, Laporan Global Focus – Economic Outlook 2024 kami menunjukkan bahwa Indonesia cukup tangguh dalam menghadapi gejolak perekonomian global.

"Melihat lintasan perekonomian Indonesia di tahun ini, Standard Chartered memperkirakan pertumbuhan PDB sebesar 5,2% di 2024, atau naik sedikit dari besaran 5,1% pada tahun sebelumnya.” jelas Rino.

Juga mengutip hasil laporan Standard Chartered yang menunjukkan bahwa konsumsi swasta yang lebih tinggi serta pertumbuhan investasi yang masih relatif kuat dapat mengimbangi permintaan eksternal yang lebih lemah di tahun 2024.

Belanja terkait pemilu dan consumer spending terkait berbagai hari besar diperkirakan akan turut memberikan dampak positif secara sementara bagi perekonomian sepajang Semester 1-2024, sebelum adanya normalisasi pada Semester kedua.

 

3 dari 3 halaman

Sticky Inflation

Senior Economist Standard Chartered Bank Indonesia Aldian Taloputra menjelaskan, “Standard Chartered mempertahankan perkiraan inflasi rata-rata Indonesia selama tahun 2024 sebesar 2,9% secara year on year, atau lebih tinggi dari perkiraan inflasi bulan Oktober 2023 sebesar 2,6%.

"Standard Chartered juga memperkirakan kondisi sticky inflation pada semester I 2024 yang akan menjaga inflasi umum tetap tinggi, mendekati batas atas kisaran target Bank Indonesia (BI) sebesar 1,5-3,5%, sebelum turun menjelang akhir tahun 2024.” kata dia. 

Terkait kebijakan moneter, Standard Chartered mempertahankan pandangannya bahwa BI akan menurunkan BI Rate sebesar 50 basis poin bps pada paruh kedua 2024, meskipun pemotongan lebih awal juga dapat terjadi jika perekonomian AS yang tengah melemah berhasil mendorong penurunan suku bunga The Fed lebih awal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini