Sukses

Ini Jawaban Chatib Basri soal Kesiapan Gantikan Posisi Menkeu

Beberapa waktu lalu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati diisukan akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati diisukan akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, Sri Mulyani menegaskan dirinya masih tetap bekerja di Kabinet Indonesia Maju. Bendahara negara ini juga tidak merespons lebih jauh mengenai isu itu. Adapun hal dirinya siap mundur dari Kabinet Indonesia Maju dihembuskan oleh ekonom senior, Faisal Basri.

Menanggapi hal tersebut, Ekonom senior yang juga mantan menteri keuangan Periode 2013-2014 Chatib Basri, enggan menjawab pertanyaan wartawan terkait kesiapan dirinya jika mendapat tawaran menggantikan Sri Mulyani.

"Ah aya ngapain jawab pertanyaan yang berandai-andai," kata Chatib saat ditanya wartawan usai Forum diskusi IFF yang digelar di Astor Ball Room St. Regis Hotel Jakarta, Senin (29/1/2024).

Dalam kesempatan itu, Chatib juga enggan berkomentar mengenai kabar mundurnya Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Maju.

"Tanya Ibu Sri Mulyani," imbuhnya.

Selain Sri Mulyani, Faisal Basri juga menyebut sejumlah menteri lainnya juga berencana untuk mundur.

Salah satunya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Faisal menyebut, daftar menteri yang akan mundur lainnya dengan latar belakang teknokrat, bukan berasal dari partai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jawab Isu Mundur dari Kabinet Indonesia Maju, Sri Mulyani: Saya Bekerja

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan dirinya masih tetap bekerja di Kabinet Indonesia Maju. Hal itu menjawab pertanyaan terkait isu dirinya akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

“Saya bekerja, saya bekerja,” ujar Sri Mulyani saat ditemui di Istana Negara Jakarta, setelah rapat terbatas soal ekonomi, Jumat (19/1/2024) demikian dikutip dari Kanal News Liputan6.com.

Sri Mulyani juga tidak merespons lebih jauh mengenai isu itu. Adapun hal dirinya siap mundur dari Kabinet Indonesia Maju dihembuskan oleh ekonom senior, Faisal Basri.

Ia juga tidak menanggapi kabar tidak harmonis dirinya dengan Menteri Pertahanan yang juga Calon Presiden Prabowo Subianto mengenai anggaran di Kementerian Pertahanan. Ia memilih tutup mulut dan tidak menjawab pertanyaan awak media.

Dikutip dari Antara, Sri Mulyani menghadiri dua agenda rapat di Istana Negara yaitu membahas pajak hiburan dan dana pendidikan.

 

3 dari 3 halaman

Rapat Kedua

Usai hadiri kedua rapat itu, Sri Mulyani yang memakai atasan berwarna merah jambu tampak keluar dari kawasan Istana Negara sekitar pukul 11.30 WIB. Ketika dihampiri awak media, Sri Mulyani menjawab singkat berbagai pertanyaan yang diajukan wartawan. Sri Mulyani bergegas memasuki mobil berpelat RI 26 yang sudah terparkir.

Sebelumnya ekonom senior Faisal Basri dalam sebuah acara diskusi di Jakarta baru-baru ini menuturkan, Sri Mulyani adalah menteri yang secara moral paling siap untuk mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

Selain Sri Mulyani, Faisal menyampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono siap mundur. Faisal menuturkan, menteri dari kalangan teknorat siap mundur karena isu dukungan presiden dalam pemilihan presiden (Pilpres).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.