Sukses

Saat Jam Sibuk, Tiket Kereta Cepat Whoosh akan Lebih Mahal

PT KCIC tetap memberikan kualitas layanan terbaik bagi pengguna kereta cepat Whoosh saat di luar jam sibuk. Namun, dirinya enggan untuk memberikan informasi pasti terkait waktu penerapan skema tarif dynamic pricing.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menetapkan aturan baru untuk penjualan tiket. Dalam aturan ini, tarif tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Kereta Cepat Whoosh akan menggunakan dynamic pricing atau pemberian harga yang berbeda-beda selama horison waktu penjualan.

Dengan begitu, pada saat jam sibuk (peak hours) tiket Kereta Cepat Whoosh akan di jual lebih mahal. Sebaliknya, diluar jam sibuk harga tiket kereta cepat Jakarta - Bandung tersebut menjadi lebih murah.

"Nanti yang lower kita berikan tarif-tarif murah, itu biasa kok dynamic pricing," kata Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi kepada awak media di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Dwiyana mengatakan, penerapan skema tarif tiket dynamic pricing merupakan hal yang biasa di sektor usaha jasa. Hal ini untuk mengoptimalkan pendapatan suatu perusahaan.

"Itu biasa kok dynamic pricing, hotel, penerbangan, semuanya seperti itu. ya kita sebagai operator harus tahu pola seperti itu, kapan menerapkan tarif tinggi, kapan tarif rendah," bebernya.

Dwiyana menyebut, jam sibuk di Stasiun Halim, Jakarta Timur pada hari-hari biasa terjadi saat pagi hingga pukul 15.00 WIB dan malam hari terjadi lower hours. Sementara, di Stasiun Tegalluar, Bandung terjadi lower hours pada pagi hari sampai pukul 12.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tetap Beri Layanan Terbaik

Dia memastikan, PT KCIC tetap memberikan kualitas layanan terbaik bagi pengguna kereta cepat Whoosh saat di luar jam sibuk. Namun, dirinya enggan untuk memberikan informasi pasti terkait waktu penerapan skema tarif dynamic pricing.

"Yang penting pelayanannya maksimal, bagaimana prinsip kami bisa memindahkan polusi jalan raya ke kereta cepat. Segera, pokoknya segera, dalam waktu dekat," pungkas Dwiyana.

Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyampaikan bahwa harga tiket Kereta Cepat Whoosh menjadi Rp200.000 mulai Desember 2023. Sebelumnya harga tiket Kereta Cepat Whoosh seharga Rp150.000 yang berlaku hingga akhir November 2023.

Namun, pada hari Senin hingga Kamis untuk kelas premium ekonomi tiket akan dijual seharga Rp 200.000. Adapun untuk akhir pekan Jumat hingga Minggu tiket premium ekonomi dijual seharga Rp 250.000.

Seluruh tarif tersebut juga sudah termasuk perjalanan KA Feeder gratis dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung, begitu juga sebaliknya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 halaman

KCIC Tambah Trans Metro Pasundan dan Shuttle di Stasiun Padalarang

Sebelumnya, PT Kererta Cepat Indonesia China (KCIC) menambah akses angkutan intermoda ke Stasiun Kereta Cepat Padalarang, Kabupaten Bandung. Kini sudah tersedia Trans Metro Pasundan dan shuttle untuk menuju kawasan Kota Baru Parahyangan.

Keduanya merupakan hasil kerja sama KCIC dengan Dishub Provinsi Jawa Barat serta pengelola Kota Baru Parahyangan. Harapannya, ini bisa memberikan kemudahan di sisi first mile dan last mile pengguna Kereta Cepat Whoosh.

GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menegaskan kerja sama dengan penyedia jasa transportasi ini adalah langkah untuk mempermudah konektivitas masyarakat menuju stasiun kereta cepat dan sebaliknya.

"Dengan integrasi moda transportasi yang beragam, masyarakat memiliki pilihan untuk mencapai area stasiun. Kehadiran integrasi antarmoda ini menjawab kebutuhan masyarakat untuk kemudahan mencapai area stasiun," ujar Eva dalam keterangannya, Selasa (23/1/2024)

Saat ini di Stasiun Kereta Cepat Padalarang sudah tersedia layanan Trans Metro Pasundan 2D yang kini melayani rute Kota Baru Parahyangan, Stasiun Whoosh Padalarang, Cimahi, hingga Alun-Alun Bandung. Ada sebanyak 20 Bus Trans Metro Pasundan beroperasi setiap hari dari pagi hingga malam mulai pukul 04.30 WIB sampai 20.00 WIB.

 

4 dari 4 halaman

Shuttle ke Kota Baru Parahyangan

Selain itu, tersedia pula layanan Shuttle menuju Kawasan Kota Baru Parahyangan yang dapat digunakan secara gratis oleh penumpang Whoosh. Terdapat 30 perjalanan Shuttle Gratis setiap hari dimana 15 perjalanan dari Stasiun Whoosh Padalarang dan 15 perjalanan dari Kawasan Kota Baru Parahyangan.

Layanan Bus Trans Metro Pasundan dan Shuttle Gratis Kota Baru Parahyangan ini dapat diakses dari area Drop Off Stasiun Padalarang. Sehingga lebih memudahkan kepada para penumpang yang baru tiba atau akan menggunakan Whoosh dari Stasiun Whoosh Padalarang.

Kehadiran Bus Trans Metro Pasundan dan Shuttle Gratis di Stasiun Whoosh Padalarang melengkapi layanan Intermoda yang sudah ada di Stasiun Whoosh Padalarang yaitu KA Feeder menuju Cimahi dan Bandung, KA Commuter Line menuju Cicalengka dan Garut serta Taksi Blue Bird.

"Penambahan integrasi antarmoda ini merupakan peningkatan pelayanan yang KCIC hadirkan kepada para penumpang Whoosh. Dengan tersedianya layanan intermoda yang menjangkau berbagai kawasan, semakin meningkatkan minat masyarakat untuk beralih ke moda transportasi massal khususnya layanan Kereta Cepat Whoosh," tutup Eva.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.