Sukses

Ada Dana Desa, Cak Imin Sebut Kini Desa Tertinggal Hanya 4.000

Cak Imin yakin pembangunan dari bawah yang berasal dari desa akan menumbuhkan ekonomi masyarakat, menjaga dan melestarikan sosial budaya.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menuturkan, saat ini tinggal 4.000 desa tertinggal seiring penerapan dana desa yang membangun infrastruktur dan transformasi desa.

Cak Imin yakin pembangunan dari bawah yang berasal dari desa akan menumbuhkan ekonomi masyarakat, menjaga dan melestarikan sosial budaya.Selain itu, sejak Undang-Undang (UU) pembangunan desa yang diikuti penerapan dana desa yang terus meningkat setiap tahun mendorong pembangunan infrastruktur dan transformasi di desa.

“Dari 13 ribu desa yang tertinggal menjadi desa maju, desa mandiri, sekarang tinggal 4.000, ini bukti infrastruktur berjalan baik. Dana desa berjalan baik sehingga masyarakat desa merasakan anggaran. Dana kita tingkatkan Rp 5 miliar, tak hanya untuk infrastruktur tetapi juga BUMdes,kegiatan usaha, pertanian, peternakan, ekonomi kreatif sehingga orang tertarik (tinggal di desa-red),” ujar dia.

Cak Imin menuturkan, seiring pertumbuhan desa yang terjaga itu akan membentuk komunitas membanggakan sehingga membuat masyarakat untuk tidak tertarik urbanisasi.

Debat capres dan cawapres memasuki debat keempat atau debat kedua untuk cawapres pada Minggu, 21 Januari 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema debat keempat yakni tema energi dan sumber daya alam, pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Tiga kandidat yakni Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar memaparkan visi misi dalam debat cawapres. Demikian dikutip dari Kanal Bisnis Liputan6.com.

KPU menetapkan lokasi debat sesi keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Debat Pilpres untuk kandidat Cawapres kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Janji Gibran di Debat Cawapres, Lanjutkan Pendaftaran Tanah via Reforma Agraria hingga Tambah Dana Desa

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Gibran Rakabuming Raka berjanji untuk melanjutkan program reforma agraria berupa kepemilikan tanah hingga meningkatkan anggaran dana desa.

Janji itu disampaikan Gibran Rakabuming Raka dalam sesi Debat Cawapres kedua pada Minggu, 21 Desember 2024.

Gibran mengatakan, pihaknya menyatakan komitmen untuk meneruskan agenda reforma agraria, juga terkait kepemilikan tanah dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan.

"Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap), redistribusi tanah, dan one map policy akan dilanjutkan," ujar Gibran, Minggu (21/1/2024).

 

3 dari 3 halaman

Terbukti Turunkan Angka Desa Tertinggal

Selanjutnya, mantan Walikota Surakarta itu juga hendak melanjutkan program anggaran dana desa yang menurutnya sudah terbukti menurunkan angka desa tertinggal, sekaligus mendongkrak angka desa berkembang dan mandiri.

"Oleh karena itu, anggaran dana desa akan ditingkatkan sesuai dengan kekuatan fiskal di dalam negeri," imbuh Gibran.

Selain itu, Gibran bersama tim kampanyenya juga akan mendorong Rancangan Undang-Undang (RUU) Masyarakat Hukum Adat agar lebih berkeadilan.

"Karena sesuai prinsip sustainable development goals (SDG's), yaitu leave no one behind. Narasi besarnya di sini adalah keberlanjutan dan penyempurnaan," tegas Gibran Rakabuming Raka .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini