Sukses

Angkut Kurir ke IKN, Pos Indonesia Luncurkan Nusantara Logistics Hub

PT Pos Indonesia (Persero) dengan PT Bina Karya (Persero) meluncurkan Nusantara Logistics Hub & Services di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu 17 Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta PT Pos Indonesia (Persero) dengan PT Bina Karya (Persero) meluncurkan Nusantara Logistics Hub & Services di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu 17 Januari 2024.

Sinergi kedua perusahaan yang telah tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini meliputi kerjasama operasi (KSO) pelayanan kurir dan logistik Nusantara.

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, dalam mendukung proses pembangunan dan penyediaan layanan logistik jangka panjang di Nusantara, Pos Indonesia bersinergi dengan Bina Karya dengan membentuk kerjasama operasi.

"KSO ini akan mengembangkan dan memperkuat rantai pasok nasional melalui pembangunan Nusantara Logistics Hub di Ibu Kota Nusantara. Selain untuk Ibu Kota Nusantara, Superhub ini nantinya dapat menjadi penghubung arus perdagangan dan Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia," terangnya, Rabu (17/1/2024).

Faizal mengklaim, Nusantara Logistics Hub merupakan upaya untuk mendukung Nusantara menjadi Superhub IKN, yang merupakan penggerak ekonomi bagi Kalimantan Timur. Sekaligus untuk memperkuat rantai nilai domestik di seluruh kawasan timur Indonesia.

"Dalam KSO ini Pos Indonesia salah satu peran utamanya sebagai koordinator dalam menyiapkan model bisnis dan model operasi untuk pelaksanaan kegiatan logistik di Otorita IKN," ungkapnya.

Sebagai tahap awal, kerjasama operasi ini akan melayani kebutuhan logistik untuk pengangkutan barang-barang milik pribadi ASN/TNI/POLRI, Pegawai BUMN dan Pegawai Swasta yang pindah tugas dan dan menuju Nusantara. Juga pengangkutan dokumen dan barang milik Kementerian/Lembaga, BUMN. Serta, dukungan logistik untuk pekerja konstruksi pembangunan Nusantara.

Menurut dia, pihaknya ingin menjadi bagian penting dari proses pembangunan IKN dan penyediaan layanan kurir dan logistik bagi warga Nusantara melalui investasi secara bertahap. Dengan perkiraan nilai investasi keseluruhan mencapai Rp 350 miliar.

Investasi tersebut difokuskan untuk membangun infrastruktur Green Logistics Hub yang didukung oleh teknologi terbaru antara lain delivery robot dan drone, advance robotic sorting machine dan utilisasi operasional logistik menggunakan electric vehicle (EV).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aktivitas Marketing dan Sales

Sementara Direktur Utama Bina Karya Boyke P Soebroto menilai, kerjasama yang dijalin dengan Pos Indonesia mampu mengkoordinir aktivitas marketing dan sales untuk seluruh target pasar secara intensif dan berdedikasi.

"Fasilitas Nusantara Logistics Hub diantaranya meliputi Cargo Drones, EV autonomous work vehicle, green packaging, dan supply chain monitoring system," paparnya.

Adapun peta jalan yang telah ditetapkan kedua belah pihak mencakup dari rencana kerja jangka pendek (2024-2029) yang terdiri dari pemindahan barang ASN, TNI/Polri, dan pegawai BUMN, pemindahan dokumen arsip dan arsip negara, penanganan proyek dan kontrak logistik.

Sedangkan rencana kerja jangka panjang (2030-2045) meliputi pengembangan Nusantara Green Logistics Hub yang mencakup pembangunan container depo, climate control station, hingga pusat logistik berikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.