Sukses

Maersk Berhasil Alihkan Rute 4 Kapal Kontainer Terjebak di Laut Merah

4 kapal kontainer Maersk yang berlabuh di Laut Merah pada hari Kamis (4/1) dialihkan rutenya di sekitar Tanjung Harapan.

Liputan6.com, Jakarta Raksasa logistik asal Denmark, Maersk mengatakan telah mengubah rute empat dari lima kapal kontainernya yang terjebak di Laut Merah kembali ke Terusan Suez.

Keempat kapal kontainer Maersk ini akan melalui perjalanan panjang mengelilingi Afrika untuk menghindari risiko serangan militan Houthi di Laut Merah, yang telah menimbulkan kekhawatiran logistik global dalam beberapa hari terakhir.

Mengutip US News, Jumat (5/1/2023) kapal kontainer Maersk Genoa, Maersk Londrina, Ebba Maersk dan Gjertrud Maersk, yang berlabuh di Laut Merah tepat di selatan pelabuhan Jeddah dalam beberapa hari terakhir, pada hari Kamis dialihkan rutenya di sekitar Tanjung Harapan, menurut jadwal Maersk.

Sementara kapal kelima, yaitu Maersk Utah, yang juga terjebak di Laut Merah belum dialihkan rutenya, namun juru bicara Maersk mengatakan kapal tersebut tidak akan berlayar melewati Yaman.

Namun, pengiriman ulang kapal-kapal tersebut melalui Terusan Suez akan menimbulkan biaya baru untuk membayar perjalanan dan menambah penundaan yang signifikan, serta biaya bahan bakar tambahan untuk perjalanan mengelilingi Tanjung Harapan.

Maersk mengatakan bulan lalu bahwa pihaknya telah mengenakan biaya tambahan gangguan transit (TDS) dan biaya tambahan musim puncak (PSS), sehingga menambah total biaya sebesar USD 700 untuk biaya kontainer standar berukuran 20 kaki yang melakukan perjalanan dari Tiongkok ke Eropa Utara.

Sebagai informasi, Terusan Suez digunakan oleh sekitar sepertiga kargo kapal kontainer global, dan mengarahkan kembali kapal-kapal di sekitar ujung selatan Afrika diperkirakan akan menghabiskan biaya tambahan bahan bakar hingga USD 1 juta untuk setiap perjalanan pulang pergi antara Asia dan Eropa Utara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ancaman Houthi di Laut Merah

Seperti diketahui, militan Houthi baru-baru ini menyerang sejumlah kapal di Laut Merah bagian selatan, termasuk kapal Maersk.

Masalah tersebut mengganggu perdagangan global dan meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya inflasi global karena tarif pengiriman melonjak.

Amerika Serikat pada 19 Desember 2023 meluncurkan operasi multinasional untuk menjaga perdagangan di Laut Merah, namun banyak perusahaan pelayaran dan pemilik kargo masih mengalihkan kapal ke seluruh Afrika.

Maersk sendiri sempat berupaya memulai kembali pelayaran di Laut Merah pekan lalu, mengatakan bahwa kapal kontainernya akan kembali menghindari rute yang memberikan akses ke Terusan Suez, jalan pintas antara Asia dan Eropa.

Namun lima kapal Maersk yang menuju Asia telah melintasi kanal dari utara dan siap melakukan perjalanan ke selatan melewati Yaman ketika jeda diumumkan, meninggalkan awak kapal dan puluhan ribu kontainer dalam keadaan terlantar.

3 dari 4 halaman

Tarif Kargo Kontainer dari Asia ke Israel Naik Gara-gara Serangan di Laut Merah

Perusahaan pelayaran asal Prancis, CMA CGM mengungkapkan akan menaikkan tarif pengiriman peti kemas dari Asia ke wilayah Mediterania hingga 100 persen pada 15 Januari 2024 dibandingkan dengan 1 Januari.

Pengumuman itu disampaikan CMA CGM dalam pemberitahuan yang diposting di situs webnya pada hari Selasa (2/1), menyusul serangan lanjutan dari militan Houthi pada sebuah kapal logistik di Laut Merah.

Mengutip Channel News Asia, Kamis (4/1/2023) 15 Januari mengacu pada tanggal pemuatan di pelabuhan asal, dan hingga pemberitahuan lebih lanjut, tarif Freight All Kinds (FAK) CMA CGM untuk kontainer sepanjang 40 kaki antara Asia dan Mediterania Barat akan menjadi USD 6.000, naik dari USD 3.000 pada 1 Januari.Harga pengiriman ke Mediterania Timur, Laut Adriatik, Laut Hitam, dan Suriah juga meningkat tajam.

Juru bicara CMA CGM enggan memberikan rincian lebih lanjut mengenai kenaikan suku bunga bank sentral dunia.

Namun, juru bicara itu mengatakan perusahaan tidak melakukan apa pun sejak pekan lalu, ketika mereka merencanakan peningkatan bertahap dalam jumlah kapal yang transit melalui Terusan Suez, sambil bersiap untuk menilai kembali dan menyesuaikan rencana mereka sesuai kebutuhan.

Saham Perusahaan Naik

Saham perusahaan pelayaran telah meningkat sejak serangan yang dilakukan oleh militan Houthi terhadap beberapa kapal di Laut Merah dengan ekspektasi bahwa rute yang lebih panjang akan mengakibatkan tarif angkutan yang lebih tinggi.

Maersk Denmark mengatakan pihaknya akan memutuskan pada apakah akan melanjutkan pengiriman kapal melalui Terusan Suez melalui Laut Merah atau mengikuti saingannya Hapag-Lloyd yang terus mengubah rute mereka setelah serangan dinakhir pekan terhadap salah satu kapalnya.

4 dari 4 halaman

Houthi Menyerang, Raksasa Logistik Global Mogok Tak Mau Lewat Laut Merah

Raksasa logistik global kembali menghentikan operasionalnya di Laut Merah, setelah serangan kelompok militan Houthi melanda salah satu kapal milik Maersk.

Mengutip VOA News, Rabu (3/1/2024) perusahaan logistik asal Denmark, Maersk dan Hapag-Lloyd asal Jerman mengatakan bahwa kapal kontainer mereka akan terus menghindari rute Laut Merah, yang memberikan akses ke Terusan Suez.

Kedua raksasa pelayaran tersebut telah mengubah rute pelayaran melalui Tanjung Harapan di bagian selatan Afrika ketika militan Houthi menyerang kapal kargo di Laut Merah.

Gangguan ini mengancam kenaikan biaya pengiriman barang, sehingga meningkatkan kekhawatiran bahwa hal ini dapat kembali memicu inflasi global.

Maersk pada Minggu (31/12) menghentikan semua pelayaran di Laut Merah selama 48 jam menyusul upaya militan Houthi untuk menaiki kapal Maersk Hangzhou. Helikopter militer AS berhasil menghalau serangan tersebut.

"Penyelidikan atas insiden ini sedang berlangsung, dan kami akan terus menghentikan semua pergerakan kargo melalui area tersebut sementara kami menilai lebih lanjut situasi yang terus berkembang," jelas Maersk dalam keterangannya.

"Jika hal ini paling masuk akal bagi pelanggan kami, kapal akan dialihkan rutenya dan melanjutkan perjalanan mereka di sekitar Tanjung Harapan," terangnya.

Diketahui, Maersk memiliki lebih dari 30 kapal kontainer yang akan berlayar melalui Suez dari Laut Merah, sementara 17 pelayaran lainnya ditunda.

Adapun Hapag-Lloyd yang mengatakan kapal-kapalnya akan terus menghindari dari Laut Merah, dan berlayar melalui ujung selatan Afrika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini