Sukses

Pertamina Jamin Tak Ada Kelangkaan BBM Sepanjang Nataru 2023/2024

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menjelaskan dalam bagian satgas Natal dan Tahun Baru, untuk memastikan suplai BBM maupun LPG untuk kebutuhan natal dan tahun baru bisa disiapkan dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menjelaskan dalam bagian satgas Natal dan Tahun Baru, untuk memastikan suplai BBM maupun LPG untuk kebutuhan natal dan tahun baru bisa disiapkan dengan baik. 

“Kita akan terus pastikan secara sistem bahwa suplai kita jaga, tidak ada kelangkaan (BBM), kemudian dari sisi kualitas kita jaga sehingga memberikan kenyamanan kepada masyarakat untuk melakukan liburan natal dan tahun baru,” kata Nicke dalam konferensi pers di TBBM Plumpang, Jumat (29/12/2023).

Nicke juga mengungkapkan kesiapan Pertamina untuk menyuplai Pertamax Green di area Jabodetabek yang secara bertahap akan terus ditingkatkan demi memberikan dampak baik pada kualitas udara di Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengungkapkan terjadi lonjakan volume konsumsi untuk pertalite sebanyak 3 persen selama periode natal dan tahun baru 2023. 

Untuk LGP Riva menuturkan ada penurunan volume. Sedangkan untuk Pertamax dan bahan bakar umum naik cukup signifikan di angka 7 sampai 10 persen. 

Memasuki periode natal dan tahun baru, Pertamina juga memberikan sejumlah fasilitas bagi masyarakat. Untuk daerah Jawa Bagian Barat, Pertamina menyiapkan dua Rumah Pertamina Siaga (RPS), 11 SPBU Modular, 63 SPBU Kantong, 35 SPBU Jalur Tol, dan 43 Motorist.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wamen BUMN Tiba-Tiba Datangi TBBM Plumpang, Ada Apa?

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo melakukan kunjungan kerja ke Integrated Terminal Plumpang Pertamina dalam rangka memantau dan memastikan ketersediaan (stok) serta distribusi BBM di seluruh SPBU dalam posisi aman pada hari Natal dan Tahun Baru. 

Dalam kunjungan tersebut, Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan ada peningkatan keamanan di Plumpang yaitu pemasangan alat untuk melakukan monitoring pressure.

“Akan ada juga pemadaman atau pematian otomatis jika terjadi gangguan. Kita juga terus melakukan perbaikan aset. Di mana kita tahu perpipaan di Pertamina umurnya cukup lama, sehingga kita lakukan perbaikan dan peremajaan secara bertahap,” kata Kartika Wirjoatmodjo atau yang akrab disapa Tiko, Jumat (29/12/2023). 

Tiko berharap dari sisi integritas aset Pertamina selama beberapa tahun ke depan semakin baik. 

Selain itu, Tiko juga berdiskusi dengan Pertamina dalam jangka panjang akan melakukan relokasi Terminal BBM ini ke reklamasi area di Kalibaru Priok secara bertahap. 

“Di Kalibaru Priok ini nanti akan ada integrated energy hub yang bukan hanya untuk BBM bersubsidi tapi juga untuk green energy untuk mensuplai daerah Jabodetabek,” jelas Tiko. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menjelaskan dalam bagian satgas Natal dan Tahun Baru, untuk memastikan suplai BBM maupun LPG untuk kebutuhan natal dan tahun baru bisa disiapkan dengan baik. 

“Kita akan terus pastikan secara sistem bahwa suplai kita jaga, tidak ada kelangkaan, kemudian dari sisi kualitas kita jaga sehingga memberikan kenyamanan kepada masyarakat untuk melakukan liburan natal dan tahun baru,” pungkas Nicke.

 

3 dari 4 halaman

1.947 Mobil Tangki Dikerahkan JagPT Elnusa Petrofin (Elnusa Petrofin), anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) Kembali mendapat amanah untuk mendukung Satuan Tugas (Satgas) Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) PT Pertamina Patra Niaga. Satgas Nataru ini dimulai dari tanggal 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 mendatang. Peran Satgas Nataru sangatlah penting dalam menjaga ketersediaan energi, diprediksikan sekitar 43% pergerakan masyarakat akan meningkat dalam rentang waktu tersebut bila dibandingkan dengan tahun lalu. Dalam Satgas ini, Elnusa Petrofin turut serta menjadi bagian untuk mensupport Pertamina Patra Niaga dalam mendistribusikan energi ke seluruh penjuru Negeri demi menjaga ketahanan energi. Dalam menjalankan tugas Satgas Nataru 2023-2024, beberapa hal yang telah disiapkan PT Elnusa Petrofin untuk mendukung PT Pertamina Patra Niaga dalam menjaga ketahanan energi khususnya direntang waktu tersebut. Dalam Operational Excellence, Elnusa Petrofin mempersiapkan SDM dan kendaraan yang akan beroperasi di seluruh wilayah operasi. Untuk kesiapan Awak Mobil Tangki (AMT) yang akan mengoperasikan mobil, Elnusa Petrofin telah menyiapkan 5.984 AMT. Selain itu, Elnusa Petrofin juga mempersiapkan backup mobilisasi AMT dari lokasi lain ke lokasi yang terdampak satgas Nataru secara siginifikan. “Satgas Nataru 2023-2024 menjadi prioritas setiap tahunnya oleh karena itu segala sesuatunya kami persiapkan dengan baik. Kami juga senantiasa melakukan koordinasi baik internal maupun eksternal. Mengingat pada masa Nataru 2023-2024 aktivitas warga mulai meningkat dan kami harus memastikan pasokan energi tetap terjaga," ujar Manager Corporate Communication & Relations Elnusa Petrofin Putiarsa Bagus Wibowo dikutip Rabu (20/12/2023). a Pasokan BBM dan LPG Saat Nataru

PT Elnusa Petrofin (Elnusa Petrofin), anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) Kembali mendapat amanah untuk mendukung Satuan Tugas (Satgas) Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) PT Pertamina Patra Niaga. Satgas Nataru ini dimulai dari tanggal 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 mendatang.

Peran Satgas Nataru sangatlah penting dalam menjaga ketersediaan energi, diprediksikan sekitar 43% pergerakan masyarakat akan meningkat dalam rentang waktu tersebut bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Dalam Satgas ini, Elnusa Petrofin turut serta menjadi bagian untuk mensupport Pertamina Patra Niaga dalam mendistribusikan energi ke seluruh penjuru Negeri demi menjaga ketahanan energi. 

Dalam menjalankan tugas Satgas Nataru 2023-2024, beberapa hal yang telah disiapkan PT Elnusa Petrofin untuk mendukung PT Pertamina Patra Niaga dalam menjaga ketahanan energi khususnya direntang waktu tersebut. Dalam Operational Excellence, Elnusa Petrofin mempersiapkan SDM dan kendaraan yang akan beroperasi di seluruh wilayah operasi.

Untuk kesiapan Awak Mobil Tangki (AMT) yang akan mengoperasikan mobil, Elnusa Petrofin telah menyiapkan 5.984 AMT. Selain itu, Elnusa Petrofin juga mempersiapkan backup mobilisasi AMT dari lokasi lain ke lokasi yang terdampak satgas Nataru secara siginifikan.

“Satgas Nataru 2023-2024 menjadi prioritas setiap tahunnya oleh karena itu segala sesuatunya kami persiapkan dengan baik. Kami juga senantiasa melakukan koordinasi baik internal maupun eksternal. Mengingat pada masa Nataru 2023-2024 aktivitas warga mulai meningkat dan kami harus memastikan pasokan energi tetap terjaga," ujar Manager Corporate Communication & Relations Elnusa Petrofin Putiarsa Bagus Wibowo dikutip Rabu (20/12/2023).

 

4 dari 4 halaman

Distribusi Energi

Dari segi kesiapan armada Mobil Tangki (MT), sebanyak 1.947 unit disiapkan untuk mendistribusikan energi kepenjuru negeri. Elnusa Petrofin pun memastikan seluruh sarana dan fasilitas serta unit kendaraan operasional telah dilakukan kalibrasi, upgrading, dalam kondisi baik.

Selain Mobil Tangki (MT) Reguler, Elnusa Petrofin juga menyediakan MT Spot Charter sebanyak 222 MT yang tersebar di lokasi Satgas Nataru.

“Seluruh sarana dan fasilitas yang dimiliki Elnusa Petrofin pun dipastikan berjalan dengan baik. Unit kendaraan yang akan menjalankan tugas operasional telah dikalibrasi, upgrading, dan semuanya dipastikan dalam kondisi baik. Sarana penunjang seperti Bengkel kendaraan atau Workshop serta ratusan Rest Area bagi Awak Mobil Tangki juga dipastikan berfungsi dengan optimal," tambah Putiarsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini