Sukses

Selalu Mengantuk Tiap Jam 3 Sore? Mungkin Kamu Butuh 3 Hal Ini Biar Lebih Produktif

Jika pernah menahan diri untuk tidak menguap saat rapat sore hari, kamu mungkin familiar dengan hilangnya produktivitas bekerja saat jam 3 sore.

Liputan6.com, Jakarta - Jika pernah menahan diri untuk tidak menguap saat rapat sore hari, kamu mungkin familiar dengan hilangnya produktivitas bekerja saat jam 3 sore. Saat yang menakutkan ketika masih terlalu dini untuk keluar dari kantor atau rumah bagi yang WFH, tetapi sudah pasti terlambat untuk fokus pada pekerjaan.

Menurut survei global baru dari anak perusahaan Salesforce, Slack, dan firma riset Qualtrics, jam-jam setelah makan siang memperlambat produktivitas kebanyakan orang.

Menurut survei terhadap lebih dari 10.000 pekerja kantoran dan eksekutif, 71% pekerja setuju bahwa sore hari adalah waktu terburuk untuk bekerja, dengan produktivitas menurun antara pukul 15.00 dan 18.00.

Mengantuk di sore hari adalah bagian dari ritme normal tubuh yang menurun secara signifikan antara jam 2 dan 5 sore menurut The National Sleep Foundation.

 

“Budaya perusahaan juga cenderung memandang produktivitas sebagai hal yang linier,” kata Christina Janzer, wakil presiden senior penelitian dan analitik di Slack.

“Mudah bagi kita untuk berasumsi bahwa jika kamu memiliki waktu kerja 8 jam sehari, kamu akan sama produktifnya dengan orang yang bekerja pada jam 8 pagi hingga jam 3 sore,” jelasnya, dikutip dari CNBC, Selasa (2/1/2024).

“Tapi itu tidak benar.”

Jika kamu merasa lelah setiap sore, pertimbangkan tiga cara yang didukung penelitian ini untuk mengatasi kemerosotan produktif di jam 3 sore tanpa mengkonsumsi kafein.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Istirahat 5 Menit

Slack menemukan bahwa meluangkan waktu untuk istirahat selama hari kerja, meskipun hanya lima menit, akan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan.

“Beristirahat sejenak, katakanlah antara pukul 14.30 dan 14.45, dapat membantu membangunkan otak dan melakukan transisi sore itu ke zona produktivitas,” kata Janzer.

Janzer menambahkan, melepaskan diri dari pekerjaan meski hanya beberapa menit dapat membuatmu tidak bosan dan segera pulih dari segala pemicu stres yang muncul sepanjang hari.

Dengarkan Musik

Penelitian lain menemukan bahwa mendengarkan musik di tempat kerja dapat meningkatkan konsentrasi, suasana hati, dan kinerja kita.

“Sama seperti musik yang dapat memotivasi selama berolahraga, musik juga dapat melakukan hal yang sama sebelum presentasi jam 3 sore.,” menurut Carson Tate, penulis “Bekerja Sederhana: Merangkul Kekuatan Gaya Produktivitas Pribadi Anda.”

Pakar di dunia kerja berbeda pendapat tentang genre terbaik untuk dikerjakan, tetapi, Srini Pillay, M.D., seorang musisi dan ahli saraf Harvard, baru-baru ini mengatakan melalui CNBC Make It bahwa “musik yang familier”, atau lagu yang paling kamu sukai dan ketahui adalah “cara yang paling efektif” untuk memaksimalkan konsentrasi.

 

3 dari 3 halaman

Simpan Pekerjaan yang Mudah untuk Sore Hari

Mungkin kamu tergoda untuk menunda-nunda suatu tugas atau mematuhi tenggat waktu EOD.

“Namun, jika kamu dapat menyimpan pekerjaan itu untuk waktu yang berbeda atau meminta perpanjangan, kamu mungkin akan melakukan pekerjaan dengan lebih baik,” kata Janzer.

“Produktivitas terlihat berbeda untuk setiap orang. Jika sore hari bukan waktu yang tepat untuk kamu, mungkin ada jenis pekerjaan lain yang bisa diselesaikan yang tidak memerlukan pemikiran mendalam,” kata Janzer.

Ia menyarankan untuk menggunakan sore hari untuk menyelesaikan tugas administratif cepat, seperti mengatur kotak masuk atau bertemu dengan rekan kerja. Tugas-tugas seperti itu “sama pentingnya dengan menyelesaikan presentasi, misalnya, tetapi mungkin tidak terlalu membuat frustasi.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.