Sukses

KAI Logistik Tambah Kapasitas Angkut Hadapi Lonjakan Pengiriman di Libur Nataru

PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), salah satu anak usaha KAI, turut mengambil peran dalam menyukseskan momentum libur Nataru

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), salah satu anak usaha KAI, turut mengambil peran dalam menyukseskan momentum libur Natal  2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024) dengan memperkuat ekosistem logistik yang dimiliki.  Berbagai persiapan jelang masa puncak libur Nataru terus diupayakan khususnya pada aspek operasional.

Sejak awal Desember, tren pengiriman barang khususnya paket dan barang lainnya yang dilayani melalui KALOG Express terus memperlihatkan peningkatan dan akan diprediksi memasuki masa puncak pada libur Nataru 2023/2024.

Mengantisipasi hal tersebut, KAI Logistik telah memetakan berbagai strategi dan persiapan untuk memastikan pelayanan prima sehingga mampu mengakomodir lonjakan pengiriman pada masa puncak tersebut.

“Selama masa liburan ini, KAI Logistik menambah kapasitas angkut sebesar 25% khususnya pada beberapa kereta yang berpotensi mengalami kenaikan permintaan pengiriman. Dengan demikian kapasitas angkut harian berbasis KA menjadi 10 ton per hari, kapasitas ini tidak termasuk dengan moda lain yang juga digunakan dalam perluasan jalur distribusi," kata TLN Ahmad Malik Syah, Direktur Utama KAI Logistik, Sabtu (23/12/2023).

Selain itu, KAI Logistik juga telah melakukan penguatan konektivitas jaringan layanan sebagai upaya langkah strategis operasional distribusi. Bila sebelumnya KAI Logistik hanya berfokus kepada layanan berbasis angkutan menggunakan moda KA, namun saat ini, berbagai armada baik trucking maupun armada lainnya telah KAI Logistik gunakan untuk dapat mempercepat dan memperluas layanan pengiriman barang kepada pelanggan seiring perubahan izin usaha KAI Logistik menjadi Badan Usaha Angkutan Multimoda yang telah dikantongi sejak 2021.

Mempercepat Pengiriman

Dengan optimasi armada penunjang untuk mempercepat dan menjangkau jaringan yang lebih luas, maka diharapkan pelayanan pengiriman dapat lebih optimal diantaranya waktu pengiriman barang, termasuk layanan pengiriman hingga alamat tujuan di seluruh wilayah jaringan KALOG Express,yang tersebar di 175 titik layanan.

Langkah strategis ini tentunya dilakukan sejalan dengan tagline ‘KAI Logistik ispossible’ yaitu dengan KAI Logistik semuanya menjadi mungkin, dimana dalam hal ini adalah memastikan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan logistik di masa puncak liburan.

“Selama masa liburan, KALOG Express akan libur beroperasi pada 24, 25, 26 dan 31 Desember 2023 serta 1 Januari 2024. Guna menghindari adanya penumpukan pengiriman, kami menghimbau kepada pelanggan agar dapat mengelola pengirimannya dalam waktu yang cukup. Untuk memudahkan akses layanan, pelanggan dapat melakukan cek tarif termasuk pelacakan secara real time melalui website kalogistics.co.id serta aplikasi Access by KAI,” tutup Malik.

Masa puncak liburan Nataru Th. 2023/2024 diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 15 s.d. 20% dan menyumbang 60.000 ton terhadap kinerja operasional tahun 2023. Kinerja volume tahun ini juga meningkat 30% dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kinerja KAI Logistik

KAI Logistik, Anak Usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus meningkatkan kinerjanya sepanjang tahun. Hal ini terluhat dari laporan kinerja perusahaan hingga akhir Agustus 2023.

Hingga Agustus 2023, KAI Logistik telah membukukan pendapatan sebesar Rp 705 miliar dengan laba sebesar Rp 62 miliar. Sementara, pada sisi kinerja volume angkutan, KAI Logistik telah mengelola lebih dari 19 juta ton.

Angkutan barang ini terbesar pada layanan pengelolaan batu bara sebesar 17 juta ton, angkutan kontainer 1,2 juta ton dan angkutan non kontainer 520.000 ton mencakup komoditi semen dan Limbah B3.

Perlu diketahui, tahun lalu KAI Logistik membukukan pendapatan sebesar Rp 1,016 triliun, dan laba tahun berjalan pada 2022 yang tumbuh 10% menjadi Rp 106 miliar dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp 96 miliar. Lebih lanjut, asset perusahaan meningkat 5% menjadi Rp 847 miliar.

"Pencapaian ini juga merupakan hasil dari kerja keras seluruh insan KAI Logistik (KALOGers) serta dukungan penuh dari shareholders dan stakeholders," kata TLN Ahmad Malik Syah, Direktur Utama KAI Logistik, Minggu (1/10/2023).Pria yang akrab disapa Malik tersebut juga mengungkapkan bahwa pencapaian ini juga ditopang oleh kehandalan perseroan sebagai Badan Usaha Angkutan Multimoda dalam menangani jasa logistik dengan produk unggulan seperti KALOG Express, KALOG Plus dan KALOG Pro.

 

3 dari 3 halaman

Peroleh Pengakuan

Dari kinerjanya yang terus membaik tiap tahun ini, KAI Logistik memperoleh penghargaan Indonesia Best BUMN Awards 2023, kategori The Best SOE with Top Financial and Reliability in Handling Logistics Services yang diselenggarakan oleh wartaekonomi.co.id pada 27 September 2023 di Hotel Le Meridien Jakarta.

Ajang apresiasi ini diberikan kepada BUMN terpilih, yang dinilai turut mendorong kontribusi pada perekonomian di Tanah Air.Penghargaan tersebut diberikan kepada KAI Logistik atas capaian kinerja KAI Logistik 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.