Sukses

Harga Minyak Cuma Naik Tipis, Terpengaruh Aksi Militer Houthi di Laut Merah

Harga minyak naik tipis karena para pedagang mempertimbangkan rekor produksi minyak AS terhadap ancaman pengiriman di Laut Merah dari para militan.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik tipis pada hari Rabu karena para pedagang mempertimbangkan rekor produksi minyak AS terhadap ancaman pengiriman di Laut Merah dari para militan.

Dikutip dari CNBC, Kamis (21/12/2023), harga minyak mentah AS naik 28 sen atau 0,38% menjadi USD 74,22 per barel. Sementara harga minyak Brent naik 47 sen atau 0,59% menjadi USD 79,70 per barel.

Harga minyak naik lebih dari 1% sebelumnya karena para pedagang terus khawatir akan gangguan pengiriman di Laut Merah ketika militan menyerang kapal-kapal. Namun kekhawatiran pasokan dan permintaan kembali muncul hari ini karena data AS menunjukkan rekor produksi AS dan meningkatnya persediaan.

Persediaan minyak mentah naik 2,9 juta barel dalam sepekan hingga 15 Desember menjadi 443,7 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters yang memperkirakan penurunan 2,3 juta barel.

EIA juga mengatakan produksi minyak mentah AS naik ke rekor 13,3 juta barel per hari pada pekan lalu, naik dari rekor tertinggi sebelumnya sebesar 13,2 juta barel per hari.

Stok BBM AS

Stok bensin AS naik 2,7 juta barel dalam seminggu menjadi 226,7 juta barel, kata EIA, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters yang memperkirakan kenaikan 1,2 juta barel.​

Washington pada hari Selasa meluncurkan satuan tugas untuk menjaga perdagangan Laut Merah ketika serangan militan Yaman yang didukung Iran memaksa perusahaan pelayaran besar untuk mengubah rute, sehingga memicu kekhawatiran akan gangguan berkelanjutan terhadap perdagangan global.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelompok Houthi

Kelompok Houthi bersumpah untuk menentang misi angkatan laut pimpinan AS dan terus menargetkan pengiriman Laut Merah untuk mendukung gerakan Hamas yang berkuasa di daerah kantong Palestina di Gaza.

Sekitar 12% lalu lintas pelayaran dunia melewati Laut Merah dan Terusan Suez. Namun, dampaknya terhadap pasokan minyak sejauh ini terbatas, kata para analis, karena sebagian besar minyak mentah Timur Tengah diekspor melalui Selat Hormuz.

Amerika Serikat membeli 2,1 juta barel minyak mentah untuk pengiriman pada bulan Februari, Departemen Energi AS mengatakan pada hari Selasa, menjadikan total pembelian menjadi sekitar 11 juta barel karena AS terus mengisi Cadangan Minyak Strategis setelah penjualan terbesar dalam sejarah tahun lalu.

 

3 dari 3 halaman

Produksi Minyak AS

S&P Global Commodity Insights mengatakan ke depan, AS memproduksi lebih banyak minyak dibandingkan negara mana pun dalam sejarah, memimpin pertumbuhan pasokan non-OPEC+ yang kuat dan mampu memenuhi peningkatan permintaan global pada tahun 2024.

Total produksi cairan AS pada kuartal keempat mencapai 21,4 juta barel per hari, dimana 13,3 juta barel per hari adalah minyak mentah dan kondensat, perusahaan itu menambahkan.

“Amerika Serikat tidak hanya memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan negara mana pun dalam sejarah, namun jumlah minyak (minyak mentah, produk olahan, dan cairan gas alam) yang diekspor juga mendekati total produksi Arab Saudi atau Rusia,” kata Wakil Presiden di S&P Global Jim Burkhard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini