Sukses

Ajang UIIA 2023 PHE Bukukan Value Creation Real hingga Rp 1,5 Triliun

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina, telah menggelar kegiatan tahunan Forum Upstream Improvement & Innovation Awards (UIIA) 2023

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina, telah menggelar kegiatan tahunan Forum Upstream Improvement & Innovation Awards (UIIA) 2023 di Surabaya, Jawa Timur, pada 5-7 Desember 2023 lalu. Ajang ini pun sukses membukukan value creation hingga Rp 1,5 tirliun.

Mengusung tema "Elevating the Path to Excellence and Sustainable Through Collaborative Innovation and Replication", Forum UIIA 2023 dibuka secara langsung oleh Direktur Utama PHE, Wiko Migantoro, Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PHE, Oto Gurnita, serta VP Human Capital PHE, Linda Delina. Forum ini mendorong terciptaan nilai di seluruh lini yang pada akhirnya bertujuan pada peningkatan kinerja perusahaan.

UIIA merupakan wadah berbagi pengetahuan terhadap hasil karya improvement, inovasi dan replikasi di lingkungan Subholding Upstream. Secara bersamaan dilakukan verifikasi terhadap value creation yang berbasis pada salah satu program utama yaitu Optimization Upstream (Optimus) yang dikategorikan menjadi cost saving, revenue growth, dan cost avoidance.

Pada kesempatan ini, Direktur Utama PHE Wiko Migantoro, mengungkapkan bahwa UIIA adalah forum inovatif yang mewarnai proses bisnis Subholding Upstream.

"Saya sangat mengapresiasi forum ini dan berharap forum ini dapat terus dilanjutkan, tentunya guna menggerakkan roda perusahaan, menciptakan nilai ekonomi, serta menciptakan inovasi dan motor-motor penggerak roda perusahaan," ujar Wiko.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Bisnis Tidak Mudah

Lebih lanjut Wiko menambahkan situasi dan kondisi bisnis ke depan dapat dikatakan tidak mudah atau penuh dengan tantangan, karena itu diperlukan inovasi dan kreativitas dari insan Subholding Upstream agar bisa tetap survive (bertahan) di segala situasi dan kondisi bisnis.

"Kita harus mampu mengelola bisnis secara baseline, maupun transisi dan peluang bisnis baru di masa depan. Karena itu diperlukan suatu upaya guna menggerakkan dan membuat konsep bisnis baru yang relevan sesuai dengan perubahan jaman dan aspirasi dunia,salah satunya melalui Forum UIIA ini," tambah Wiko.

Di kesempatan yang sama Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PHE, Oto Gurnita menyampaikan bahwa UIIA adalah forum tradisi yang sangat positif dalam menghadirkan aktivitas-aktivitas inovasi, efisiensi dan secara konsisten dilakukan setiap tahunnya. Pada tahun 2023 ini total potensi Value Creation yang dibukukan mencapai angka Rp1,5 Triliun.

"Dengan semangat luar biasa, Perwira Subholding Upstream membuktikan dedikasi dan loyalitas ke perusahaan melalui ide-ide inovasi yang memberikan Value Creation kepada perusahaan melalui UIIA ini. Saya harapkan UIIA bisa terus terlaksana makin agresif lagi, guna men-deliver value creation di masa depan, dimana dinamika dan tantangan industri migas akan lebih menantang lagi," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Jadi Perusahaan Kelas Dunia

Oto menambahkan bahwa upaya tersebut juga membutuhkan kerja sama dari para perwira dan seluruh jajaran manajemen, guna menjalankan upaya Operational Excellence dalam rangka menjadikan Subholding Upstream menjadi perusahaan berkelas dunia.

Pada penyelenggaraan tahun 2023 ini, UIIA diikuti oleh 110 Tim, melibatkan keikutsertaan 1.100 Perwira Subholding Upstream juga anak perusahaan, 94 Dewan Juri dan Moderator, serta menghasilkan 29.700 learning hours.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat terbangun upaya business matching bagi semua pihak, sehingga dapat dimanfaatkan secara masif di seluruh proses bisnis Subholding Upstream. Kegiatan ini juga berfokus pada development tidak hanya bagi perusahaan mengenai strategi pengembangan bisnis, tapi juga bagaimana mindset para pekerja semakin berkembang untuk kepentingan perusahaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.