Sukses

Mendag Ingin UMKM Perkuat Ekonomi Nasional

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas) menghadiri pembukaan UMKM Expo Brillianpreneur 2023 bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi),

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan menghadiri pembukaan UMKM Expo Brillianpreneur 2023 bersama  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Menteri BUMN Erick Thohir, Koordinat Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Direktur Utama BRI Sunarso di Gedung Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, pada Kamis (7/12/2023). 

Selanjutnya, Mendag juga merujuk pada pernyataan Presiden Jokowi yang menegaskan peran vital Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai penopang ekonomi Indonesia.

Dengan UMKM menyumbang, 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan menciptakan 90% lapangan kerja, Zulhas juga menekankan urgensi kemajuan UMKM sebagai fondasi utama bagi kemajuan ekonomi nasional. 

“Seperti pak Jokowi bilang UMKM itu penompang ekonomi Indonesia terbesar 60% Produk Domestik Produk (PDB) dan 90% ketenagakerjaan kita dari UMKM,” jelas Zulhas.

Dalam penutupannya, Mendag optimistis bahwa dengan kemajuan UMKM, Indonesia akan mampu mencapai kemajuan ekonomi yang berkelanjutan. “Oleh karena itu, kita bisa maju kalau UMKM kita bisa maju,” pungkasnya.

Diapresiasi Jokowi

Sebelumnya dalam sambutan, Presiden Jokowi mengapresiasi pelaksanaan BRILIANPRENEUR dan mengatakan kegiatan ini penting dilakukan untuk mempertemukan buyers dengan para pelaku UMKM. 

“Memang UMKM kita harus terus naik kelas harus Go Digital, Go Internasional dan harus menguasai pasar lokal yang kita miliki karena pasar kita besar sekali tapi juga tidak melupakan pasar ekspor dan global,” ucap Joko Widodo atau Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Penyelenggaraan

Untuk informasi, ajang BRI UMKM EXPO(RT) Briliapreneur diselenggarakan pada 7 s.d. 10 Desember 2023 sebagai sarana business matching antara UMKM Indonesia dengan konsumen luar negeri. Dengan adanya program ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan pelaku UMKM dan meningkatkan ekspor nasional. 

Tahun ini menjadi yang ke-5 penyelenggaraan pameran BRI UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur, yang tahun ini ini mengambil tema “Crafting Global Connection” atau merakit koneksi global. Dalam UMKM EXPO(RT). BRILIANPRENEUR 2023, BRI mengundang 700 UMKM terpilih. 

Dari jumlah tersebut, 378 UMKM merupakan pendaftar baru, 122 UMKM merupakan alumni acara sebelumnya, 6 UMKM binaan perusahaan anak seperti Pegadaian, PNM, dan BRI Ventures, 153 UMKM Local Heroes yang sudah menjadi pemimpin pasar diharapkan dapat memperluas dampak bisnis dan berkolaborasi dengan UMKM lainnya. 

Ada juga 32 UMKM yang merupakan anggota SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) dan 9 UMKM SMExcellence yang mendapat dukungan dari Kementerian Koperasi & UKM. UMKM ini berasal dari berbagai daerah dan akan memamerkan produk terbaru dan terbaik merek mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini