Sukses

Harga Emas Terus Cetak Level Tertinggi, Kini Tembus USD 2.040

Harga emas naik untuk sesi keempat berturut-turut pada hari Selasa dan mencapai level tertinggi dalam lebih dari enam bulan.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas naik untuk sesi keempat berturut-turut pada hari Selasa dan mencapai level tertinggi dalam lebih dari enam bulan. Naiknya harga emas dunia ini didorong oleh melemahnya dolar AS dan ekspektasi bahwa Federal Reserve AS telah selesai menaikkan suku bunga.

Dikutip dari CNBC, Rabu (29/11/2023), harga emas terakhir naik 1,35% menjadi USD 2,040,87 per ounce. Emas berjangka AS untuk pengiriman Desember naik 1,47% menjadi USD 2,042.00.

Harga emas terus menjadi bullish dalam waktu dekat, dengan indeks dolar AS dalam tren turun di tengah harapan The Fed tidak akan lagi menaikkan suku bunga dan bahkan mungkin akan menurunkan suku bunga pada musim semi, kata Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals.

Namun, “jika angka PDB (AS) dan indikator inflasi lebih kuat dari perkiraan, hal ini akan mengurangi antusiasme pedagang terhadap emas batangan,” tambah Wyckoff.

Suku Bunga AS

Para pedagang secara luas memperkirakan bank sentral AS akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada bulan Desember, dan memperkirakan kemungkinan penurunan suku bunga sebesar 50% pada bulan Mei tahun depan, menurut FedWatch Tool dari CME.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak berbunga.

Gubernur Fed AS Christopher Waller mengatakan ia “semakin yakin” bahwa kebijakan tersebut berada pada titik yang tepat.

Membuat emas batangan lebih murah bagi pembeli luar negeri, indeks dolar menyentuh level terendah sejak pertengahan Agustus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Data Ekonomi Minggu Ini

Investor akan memantau data Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS pada hari Kamis, yang merupakan indikator inflasi pilihan The Fed. Fokusnya juga tertuju pada revisi angka PDB AS kuartal ketiga yang dijadwalkan pada hari Rabu.

“Rasa kehati-hatian menjelang minggu sibuk lainnya di pasar keuangan global juga memberikan dukungan kepada logam mulia. Mengingat bagaimana level $2.000 terbukti merupakan resistensi yang sangat sulit untuk ditaklukkan, emas bisa turun tanpa katalis fundamental yang kuat,” kata analis riset senior FXTM, Lukman Otunuga.

3 dari 4 halaman

Meramal Harga Emas Dunia Minggu Ini, Bertahan di Atas USD 2.000?

Pasar emas telah berhasil menembus level USD 2.000 pada minggu kemarin. Dan ini menjadi sinyal bahwa harga emas akan mengakhiri minggu kedua berturut-turut di wilayah positif.

Namun, para analis mengatakan bahwa momentum emas masih terbatas, dan harga tidak mungkin menembus level resistensi saat ini karena Federal Reserve mempertahankan bias kebijakan moneternya yang ketat.

Para analis mencatat bahwa dengan Israel dan Hamas menyetujui gencatan senjata terbatas, yang melemahkan daya tarik logam mulia sebagai aset safe-haven. Kebijakan moneter AS diperkirakan menjadi faktor paling signifikan yang mendorong pergerakan harga emas dalam jangka pendek.

“Ekonom kami hanya memperkirakan penurunan suku bunga pertama akan dilaksanakan pada pertengahan tahun depan, sehingga harga satu troy ons emas kemungkinan akan naik selamanya di atas USD 2.000,” kata analis komoditas Commerzbank Barbara Lambrecht dikutip dari Kitco, Senin (26/11/2023).Namun, meskipun harga emas dunia kemungkinan akan tertahan di bawah USD 2.000 per ounce, banyak analis tidak memperkirakan akan melihat banyak risiko penurunan karena faktor musiman mulai berpengaruh.

 

4 dari 4 halaman

Jelang Akhir Tahun

Dalam catatannya baru-baru ini, Nicky Shiels, kepala strategi logam di MKS PAMP, mengatakan bahwa dalam lima tahun terakhir, emas telah mengalami kenaikan rata-rata sebesar 2,7% antara Thanksgiving dan 31 Desember.

Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank, mengatakan risiko terbesar bagi emas adalah kenaikan imbal hasil obligasi yang memperkuat dolar AS.

“Emas terlihat mendapat dukungan yang baik dan hanya kenaikan tajam dolar yang akan mengubah hal tersebut,” katanya dalam komentarnya kepada Kitco News. "Apakah sudah siap untuk melakukan dorongan lebih tinggi atau tidak, agak diragukan kecuali penembusan/penutupan di atas tahun 2010 memicu [takut ketinggalan]."

Dengan fokus baru pada kebijakan moneter AS, pasar emas akan sensitif terhadap data PDB dan inflasi AS. Meskipun perekonomian AS diperkirakan akan mengalami pertumbuhan luar biasa pada kuartal ketiga, terdapat kekhawatiran akan melambatnya aktivitas pada kuartal keempat. Pada saat yang sama, pertumbuhan yang lebih lambat diperkirakan akan terus memperlambat inflasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini