Sukses

Cara Tetap Produktif di Tempat Kerja Saat Pikiran Kacau

Mendapatkan informasi tentang politik, berita, dan peristiwa dunia, terutama saat ini, mungkin bisa berdampak buruk pada kesehatan mental Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan informasi tentang politik, berita, dan peristiwa dunia, terutama saat ini, mungkin bisa berdampak buruk pada kesehatan mental Anda.

“Trauma adalah udara yang kita hirup pada tahun 2020-an,” kata Katharine Manning, seorang pakar dengan pengalaman lebih dari 25 tahun menangani tekanan di tempat kerja.

Mulai dari pandemi Covid-19 hingga kekerasan yang terjadi baru-baru ini di Gaza dan Israel, menggambarkan manusia lain yang berada dalam kesusahan yang parah bisa menyebabkan trauma bagi orang lain juga. Hal ini dapat menyebabkan rasa lelah serta kelelahan.

Pekerjaan dan tanggung jawab lainnya mungkin tampak biasa saja jika dihadapkan pada ancaman eksistensial yang lebih besar, dan hal ini dapat mempersulit motivasi. Jika produktivitas dan suasana hatimu menurun, kamu tidak sendirian.

“Kita tidak akan mampu mendukung orang lain jika kita tidak menjaga diri kita sendiri,” kata Manning.

Ia merujuk pada puisi karya penyair Australia berjudul “Notes from the First Few Days of 2020″ tentang kebakaran hutan, yang lagi-lagi mendapat perhatian di media sosial selama perang di Ukraina dimulai.

“Setiap kali saya membaca (puisi ini), saya merasa puisi itu seharusnya ditulis hari itu, dan itulah intinya,” kata Manning. “Jika kita menunggu sampai semua kebakaran yang melanda dunia, (produktivitas) di tempat kerja, atau di komunitas kita padam sebelum kita mulai memprioritaskan diri kita sendiri, kita tidak akan pernah mencapai tujuan tersebut.

“Di tengah semua kejadian mengerikan yang terjadi, kita harus menemukan cara untuk menjaga diri kita sendiri.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Luangkan Waktu untuk Cek Diri Sendiri

Daripada menekan emosi negatif, izinkan diri dan berikan ruang untuk merasakannya. “Kami terprogram untuk empati. Sebenarnya ada bagian otak kita yang memungkinkan kita merasakan perasaan orang-orang yang hanya kita amati,” kata Manning.

“Prioritaskan hobi yang kamu gunakan untuk mengatasinya. Berikan fleksibilitas ini kepada orang lain yang bekerja denganmu juga,” sarannya.

“Bagi sebagian orang bisa melalui olahraga, sebagian lainnya mungkin melalui menulis, berjalan-jalan, atau melakukan karya seni,” katanya. “Kamu sebenarnya akan melewati ini lebih cepat jika kamu meluangkan waktu untuk melihat diri sendiri dan menangani perasaan dengan cara apa pun yang cocok untuk diri sendiri.”

Hitung Kemenangan, Lalu Identifikasi Apa yang Kamu Syukuri

Untuk kembali ke jalur yang benar dan kembali memotivasi diri sendiri, Manning menyarankan untuk memikirkan setidaknya tiga hal yang telah kamu lakukan dengan baik di penghujung hari.

“Kelelahan bisa disebabkan oleh perasaan tidak efektif, seperti tidak menyelesaikan apapun,” katanya. “Jadi, mengubah perspektif sedikit dengan menghitung kemenangan dan rasa terima kasih, daripada melihat-lihat semua hal yang tidak beres di dunia, ini bisa membantu.”

Kemenangan ini tidak harus berupa pencapaian besar. Mengingat untuk menemui teman atau berjalan-jalan di waktu makan siang bisa berarti. Rasa syukur bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti secangkir teh nikmat yang kamu nikmati hari itu.

3 dari 3 halaman

Kembali dengan Tujuan Anda

Pada saat kurangnya motivasi dan keyakinan akan pentingnya pekerjaan, penting untuk “memperkecil sedikit” dan mengingatkan diri sendiri mengapa kamu melakukan pekerjaan ini.

“Ada alasan mengapa kamu memilih bidang yang kamu geluti atau organisasi tertentu tempat bekerja,” kata Manning. Mungkin karena tertarik pada isu global sehingga pekerjaan ini dapat membantu kamu mengatasi hal tersebut, atau karena gaji yang kamu peroleh memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Mengingatkan diri sendiri tentang arti pekerjaan bagi diri sendiri adalah “cara yang bagus untuk mendapatkan kembali ketahanan dan kemampuan untuk merasa sukses dalam pekerjaan dan kehidupan.”

Lihat Keadaan Rekan Kerja dan Karyawan Lebih dari Sekali

“Bahkan pesan dan upaya yang bermaksud baik dari pemberi kerja bisa saja gagal pada saat ini,” kata Manning. Mengingatkan karyawan dan rekan kerja bahwa kamu ingin mereka merasa dilihat dan didengar, dan mengarahkan mereka ke sumber daya yang tersedia, sangatlah penting.

“Namun hal tersebut tidak seharusnya menjadi situasi yang “selesai”,” kata Manning. “Sebaliknya, lanjutkan pembicaraan.”

“Seringkali, ketika kita sedang melalui masa-masa kekacauan dan pergolakan ini, orang-orang memberikan respons emosional mereka dalam rentang waktu yang sangat berbeda. Jadi, jika kamu mengirim pesan tetapi tidak pernah membalasnya lagi, hal itu saja dapat membuat pesan kamu terasa kurang tulus. " katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.