Sukses

Ini Arti Kode P/L, P, TL, dan TH pada Hasil Tes SKD CPNS 2023

Pada pengumuman hasil SKD, calon pegawai negeri sipil 2023 bisa melihat kode yang tercantum, seperti kode P/L, P, TL, dan TH. Semua kode-kode itu, memiliki makna yang menerangkan status lulus atau tidaknya peserta CPNS 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini para pelamar CPNS 2023 telah bisa mengakses hasil tes seleksi kompetensi dasar atau SKD CPNS 2023 mereka di akun SSCASN masing-masing.

Pada pengumuman hasil SKD CPNS, calon pegawai negeri sipil 2023 bisa melihat kode yang tercantum, seperti kode P/L, P, TL, dan TH. Semua kode-kode itu, memiliki makna yang menerangkan status lulus atau tidaknya peserta CPNS 2023.

Bagi yang dinyatakan lolos SKD CPNS 2023, maka berhak untuk mengikuti tahapan selanjutnya yakni seleksi kompetensi bidang (SKB). SKB CPNS 2023 akan dilaksanakan 3 - 22 Desember 2023 untuk kategori non Computer Assisted Test (CAT) dan pada 16 - 22 Desember 2023 dengan menggunakan CAT.

Sementara itu, bagi yang dinyatakan tidak lolos, masih diberi kesempatan untuk mengajukan sanggah mulai Kamis sampai besok Sabtu tanggal 25 November 2023. 

Tak Puas dengan Hasil Tes SKD

Pelamar yang mendapati kesalahan, merasa keberatan, atau merasa kurang puas dengan hasil tes SKD, bisa mengajukan sanggah selama masa sanggah. Meskipun begitu, peserta yang mengajukan sanggah harus memiliki alasan yang logis dan substansial mengenai sanggahannya.

Lalu, apa makna kode P/L, P, TL, dan TH yang tercantum dalam nilai SKD peserta CPNS 2023?

Melansir dari laman kemenag.go.id, Kepala Biro Kepagawaian Setjen Kemenag Nurudin menjelaskan sejumlah kode pada kolom pengumuman hasil SKD, sebagai berikut:

  1. Kode “P/L” adalah peserta yang memenuhi Nilai Ambang Batas SKD Tahun 2023 dan berhak mengikuti SKB.
  2. Kode “P” adalah peserta yang memenuhi Nilai Ambang Batas SKD Tahun 2023 namun tidak berhak mengikuti SKB.
  3. Kode “TL” adalah peserta yang tidak memenuhi Nilai Ambang Batas SKD Tahun 2023.
  4. Kode “TH” adalah peserta yang tidak hadir saat pelaksanaan SKD Tahun 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Melakukan Sanggahan CPNS 2023

Bagi Anda yang dinyatakan tiak lolos tes SKD, masih diberi kesempatan untuk mengajukan sanggah sampai tanggal 25 November 2023.

Untuk mengajukan sanggahan hasil tes SKD CPNS 2023, Anda bisa melakukannya di akun SSCASN Anda masing-masing, berikut tata caranya:

  1. Kunjungi laman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id/
  2. Log in menggunakan NIK dan password Anda yang sudah terdaftar
  3. Hasil seleksi SKD dapat dilihat pada halaman 'Resume Pendaftaran'
  4. Peserta yang dinyatakan tidak lulus akan mendapatkan pilihan untuk melakukan sanggahan di bagian bawah hasil pengumuman, klik 'Ajukan Sanggah'
  5. Peserta dapat menyampaikan alasan sanggah dari hasil SKD pada kolom alasan sanggah yang telah disediakan. Lampirkan juga bukti pendukung untuk memperkuat alasan sanggahan Anda.
  6. Apabila sudah yakin terhadap sanggahan yang telah disampaikan, klik 'Akhiri Proses Sanggah'
3 dari 4 halaman

Menpan RB Janjikan Rekrutmen CPNS 2024 Banyak untuk Fresh Graduate

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan hasil pertemuannya dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada Rabu (22/11). Salah satunya membahas mengenai rencana rekrutmen CPNS 2024.

"Oh ya, jadi kita menyampaikan rencana rekrutmen (CASN) di 2024 yang masih akan dipetakan," ujar Menpan RB kepada awak media di Kementerian Keuangan.

Menteri Anas belum bersedia menyebutkan secara pasti jumlah formasi yang tersedia pada rekrutmen CASN tahun depan. Namun, dia menjanjikan formasi untuk fresh graduate atau lulusan sarjana baru akan lebih banyak tersedia pada rekrutmen CPNS 2024 dibandingkan tahun ini.

"(CPNS 2024) terutama untuk menampung fresh graduate sedang di kaji untuk jumlah yang lebih besar dibandingkan 2023 dan keuangannya akan dihitung," pungkas Menteri Anas meninggalkan awak media.

Menpan RB Minta Maaf

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas meminta maaf kepada fresh graduate atau lulusan sarjana baru karena tahun ini belum bisa membuka formasi atau lowongan lebih banyak. 

"InsyaAllah tahun 2024 saya sudah minta kepada BKN (Badan Kepegawaian Negara), kepada tim SDMA di KemenPAN-RB, kita akan buat kebijakan lebih besar lagi untuk rekrutmen fresh graduate di tahun 2024" kata Anas dalam acara Pembukaan SKD CPNS 2023, di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Kamis (9/11).

4 dari 4 halaman

Banyak untuk Honorer

Anas menjelaskan, hal itu dikarenakan tahun ini lowongan diprioritaskan untuk 80 persen untuk honorer yang telah mengabdi. Ada yang mulai 5 tahun, 10 tahun, bahkan ada yang telah 20 tahun mengabdi.

Anas pun mengakui, bahwa pihaknya banyak menerima kritik dan usulan karena belum membuka formasi fresh graduate di pemerintah daerah.

Anas meyakinkan, untuk talenta-talenta digital dan formasi yang lain akan kembali dibuka tahun 2024.

"Sekarang sedang kita data dan perencanaan sedang akan kita validasi dan kita perbaiki," tambah Anas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini