Sukses

Cek Link Pengumuman Hasil SKD CPNS 2023 di Kementerian Perindustrian

Peserta yang tidak lulus SKD CPNS berdasarkan hasil pengolahan nilai dapat mengajukan masa sanggah termasuk dalam penerimaan CPNS di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengumumkan hasil seleksi kompentesi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kementerian Perindustrian Tahun Anggaran 2023.

Hasil seleksi itu tertuang dalam Pengumuman Nomor: B/446/SJ-IND/KP/XI/2023 tentang hasil seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil di lingkungan kementerian perindustrian tahun anggaran 2023.

Link Pengumuman

Untuk mengetahui pengumuman hasil SKD CPNS 2023 Kementerian Perindustrian dapat diakses di https://rekrutmen.kemenperin.go.id

Kemenperin menyebutkan, jumlah peserta yang dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) ditentukan paling banyak tiga kali jumlah formasi kebutuhan pada setiap jabatan berdasarkan peringkat tertinggi nilai SKD.

Peserta SKD yang dinyatakan lulus dan berhak untuk mengikuti tahapan seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS adalah peserta yang pada lampiran sebagaimana dimaksud, tercantum kode P/L pada kolom keterangan.

Bagi peserta yang tidak tercantum kode P/L pada kolom keterangan, peserta yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tahapan SKB CPNS.

Adapun kode P/L ini berarti peserta yang memenuhi Nilai Ambang Batas SKD dan secara peringkat masuk dalam tiga kali jumlah formasi yang berhak mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB).

Masa Sanggah

Peserta yang tidak lulus SKD CPNS berdasarkan hasil penqolahan nilai sebagaimana tercantum pada lampiran, dapat melakukan sanggahan melalui akun masing-masing peserta pada halaman situs https://sscasn.bkn.go.id mulai 23-25 November 2023 (atau sesuai periode dan batas waktu yang tertera pada akun SSCASN).

Panitia akan memeriksa dan menjawab sanggahan yang disampaikan melalui akun SSCASN peserta pada halaman situs https://sscasn.bkn.go.id sampai dengan tanggal 27 November 2023.

Hasil Akhir SKD CPNS setelah masa sanggah akan diumumkan melalui portal Rekrutmen ASN Kementerian Perindustrian dengan alamat: http://rekrutmen.kemenperin.go.id pada 27 November-2 Desember 2023.

Peserta yang dinyatakan lulus SKD CPNS pasca sanggah (keterangan P/L), berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yaitu SKB CPNS terdiri dari SKB CPNS menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara dan SKB Tambahan dengan jadwal dan ketentuan teknis yang akan disampaikan secara terpisah.

Kemenperin meminta setiap peserta agar selalu memantau informasi dan pengumuman terkait pelaksanaan Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Perindustrian yang terdapat pada portal resmi di lingkungan Kementerian Perindustrian http://rekrutmen.kemenperin.go.id dan media sosial resmi Biro Organisasi dan SOM Kementerian Perindustrian (instagram: @osdm_kemenperin; twitter. @osdm_kemenperin).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Definisi Masa Sanggah Tes SKD CPNS 2023 dan Cara Pengajuannya

Sebelumnya diberitakan, saat ini para pelamar CPNS 2023 telah menyelesaikan ujian tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang dilaksanakan sejak tanggal 9-18 November 2023 lalu. Hasil tes SKD CPNS 2023 juga sudah bisa dilihat sejak tanggal 20 hingga 22 November 2023 di laman SSCASN masing-masing dan website instansi.

Besok, pelamar akan melewati masa sanggah dan masa jawab sanggah SKD. Jadwal masa sanggah SKD ini berlangsung mulai 23-25 November 2023, dan masa jawab sanggah mulai 23-27 November 2023.

Berdasar Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 651 Tahun 2023, terdapat ambang batas atau passing grade yang ditetapkan, dengan rincian 65 untuk TWK, 80 untuk TIU, dan 166 untuk TKP.

Pelamar yang mendapati kesalahan, merasa keberatan, atau merasa kurang puas dengan hasil tes SKD, bisa mengajukan sanggah selama masa sanggah. Meskipun begitu, peserta yang mengajukan sanggah harus memiliki alasan yang logis dan substansial mengenai sanggahannya. 

Kemudian setelah sanggahan diajukan, instansi terkait akan mengkaji alasan dan dokumen yang disertakan oleh peserta. Apabila kesalahan terbukti bukan disebabkan oleh peserta, hasil sanggahan akan diproses.

Setelah melakukan proses sanggahan terhadap hasil SKD CPNS 2023, peserta harus menunggu respons jawab sanggah dari pihak panitia yang dijadwalkan akan diberikan pada 23-27 November 2023. 

Selanjutnya, pengolahan nilai SKD hasil sanggah akan dilakukan pada 26-30 November 2023, dan pengumuman pasca sanggah dijadwalkan pada 27 November-2 Desember 2023.

Perlu dicatat bahwa sanggahan ini tidak bisa untuk mengubah nilai SKD yang telah diperoleh peserta setelah menyelesaikan ujian. 

3 dari 4 halaman

Cara Mengajukan Sanggahan SKD di SSCASN

Untuk mengajukan sanggahan hasil tes SKD CPNS 2023, Anda bisa melakukannya di akun SSCASN Anda masing-masing, berikut tata caranya:

1. Kunjungi laman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id/

2. Log in menggunakan NIK dan password Anda yang sudah terdaftar

3. Hasil seleksi SKD dapat dilihat pada halaman 'Resume Pendaftaran'

4. Peserta yang dinyatakan tidak lulus akan mendapatkan pilihan untuk melakukan sanggahan di bagian bawah hasil pengumuman, klik 'Ajukan Sanggah'

5. Peserta dapat menyampaikan alasan sanggah dari hasil SKD pada kolom alasan sanggah yang telah disediakan. Lampirkan juga bukti pendukung untuk memperkuat alasan sanggahan Anda.

6. Apabila sudah yakin terhadap sanggahan yang telah disampaikan, klik 'Akhiri Proses Sanggah'

4 dari 4 halaman

1.853.617 Pelamar Ikuti SKD CPNS 2023 dan Seleksi Kompetensi

Setelah tahap seleksi administrasi berakhir, para pelamar seleksi CASN 2023 yang dinyatakan lulus atau Memenuhi Syarat (MS) akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi pelamar CPNS 2023. Tes SKD CPNS 2023 dimulai 09 November 2023 dan Seleksi Kompetensi bagi pelamar PPPK mulai 10 November 2023.

Terhitung 1.853.617 pelamar CASN berhasil melaju ke tahapan selanjutnya, meliputi 725.589 pelamar CPNS 2023 lanjut ke tahap SKD dan 1.128.028 pelamar PPPK lanjut ke tahap Seleksi Kompetensi.

Tahapan pelaksanaan SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK akan dilaksanakan dengan berbasis Computer Assisted Test atau CAT BKN di 304 titik lokasi atau Tilok dalam negeri dan 62 Tilok luar negeri.

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto selaku Wakil Ketua Pengarah Panselnas CASN 2023 memastikan aspek keamanan demi kenyamanan seluruh peserta seleksi.

“BKN bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berkolaborasi untuk mengawal keamanan pelaksanaan seleksi, khususnya dari aspek teknologi informasi. Selain itu, sebagai antisipasi terhadap oknum yang tidak diinginkan, BKN juga sudah meningkatkan seluruh aspek keamanannya,” terangnya, Kamis (09/11/2023).

Sesuai jadwal yang ditetapkan Panselnas, pelaksanaan SKD bagi pelamar CPNS akan berlangsung hingga 18 November 2023. Sementara pelaksanaan Seleksi Kompetensi bagi pelamar PPPK hingga 04 Desember 2023 mendatang.

Pelaksanaan ujian dengan metode CAT BKN akan memungkinkan masyarakat umum dapat melihat secara langsung perolehan nilai atau skor saat mengerjakan ujian selama pelaksanaan SKD dan Seleksi Kompetensi sebagai bentuk keterbukaan informasi publik BKN.

Dengan begitu masyarakat luas dapat menyaksikan nilai peserta yang sedang mengikuti ujian secara langsung melalui laman youtube Official CAT BKN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini