Sukses

Konser Coldplay Jakarta, Penumpang KA Jarak Jauh di Stasiun Gambir Membludak

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, jumlah penumpang KA Jarak Jauh yang tiba melalui Stasiun Gambir, Jakarta Pusat meningkat pesat.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, terjadi peningkatan volume penumpang KA Jarak Jauh di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, menjelang diselenggarakannya konser grup band Coldplay di Jakarta pada Rabu (15/11). 

Tercatat, pada periode 14 - 15 November 2023 terdapat 15.687 penumpang kereta api Jarak Jauh yang tiba di Stasiun Gambir. Angka ini meningkat 30 persen dibanding periode pekan lalu pada 7 - 8 November 2023 sebanyak 12.033 penumpang.

 

"Kami berkomitmen untuk terus melayani pelanggan yang menggunakan kereta api untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk menyaksikan konser Coldplay tersebut," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (15/11).

Pengunjung konser tersebut juga dapat menggunakan commuter line untuk menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (tempat berlangsungnya konser). Setidaknya ada 3 stasiun commuter line terdekat, yakni Stasiun Palmerah, Stasiun Karet, dan Stasiun Sudirman.

"Diharapkan masyarakat terus menggunakan kereta api sebagai transportasi massal yang aman, nyaman, dan bebas macet serta tepat waktu," ujar Joni.

Tiket Kereta Api

Per Rabu (15/11), KAI mencatat bahwa tiket kereta api untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024 masih tersedia. Sebanyak 232.574 tiket kereta api yang sudah terjual, dari 1.182.968 tiket yang disediakan untuk periode 21 sampai 30 Desember 2023.

"Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. Masyarakat dapat segera memesan tiket karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia," ucap Joni.

Kereta api yang menjadi favorit untuk Angkutan Nataru sejauh ini masih di dominasi kota tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di antaranya KA Bengawan relasi Pasarsenen – Purwosari pp, KA Airlangga relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp, KA Kahuripan relasi Kiaracondong – Blitar pp, KA Serayu relasi Pasarsenen – Purwokerto pp, dan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Konser Coldplay, Trafik Penumpang Garuda Indonesia Bertambah

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengaku ada peningkatan jumlah penumpang maskapai menjelang konser Coldplay di Jakarta. Namun, peningkatan yang terjadi dinilai tak terlalu signifikan.

Diketahui, grup band asal Inggris, Coldplay menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Konser ini mendapat minat yang cukup tinggi dari para penggemar di Indonesia.

"Ada peningkatan, tapi nggak terlalu signifikan," kata Irfan saat ditemui di DPR RI, Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Irfan tidak merinci persentase kenaikan jumlah penumpang maskapai pelat merah itu. Dia menduga banyak basis penggemar Coldplay dari Jakarta atau lebih hadir di Jakarta sejak jauh hari sebelum pelaksanaan konser.

"Nggak banyak sih, ya ada satu dua penerbangan, keliatannya lebih banyak yang di Jakarta, kedua mungkin meraka pada jauh jauh hari," tuturnya.

Dia berkelakar peningkatan tak signifikan karena konser Coldplay hanya berlangsung satu hari. Berbeda halnya jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

"Tapi oke, ini juga nggak terlalu ada peningkatan karena kan ini cuma sekali, mungkin kalo tahun depan Coldplay maen seminggu, lebih terasa," kata dia.

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik Coldplay

Sebelumnya, Coldplay untuk pertama kalinya menyambangi dan akan segera menghibur para fans-nya di Indonesia pada Rabu malam di Stadion Gelora Bung Karno, Konser Coldplay di Jakarta ini merupakan bagian dari tur bertajuk "Music of The Spheres World Tour 2023".

Berikut sejumlah fakta menarik terkait Coldplay dikutip dari Antara, Rabu (15/11/2023).

Pertama Dibentuk

Coldplay adalah sebuah band rock alternatif asal Inggris, yang dibentuk di London pada tahun 1997. Mereka beranggotakan Chris Martin (vokal, gitar, piano), Guy Berryman (bass), Jonny Buckland (lead guitar) dan Will Champion (drum).

Mereka bertemu satu sama lain pada bulan September 1996 di Ramsay Hall (aula tempat tinggal) di University College London.

Pernah punya 5 Personel

Legenda tenis Roger Federer dikabarkan pernah menjadi personel kelima dari Coldplay, memainkan perkusi.

Sang vokalis Chris Martin pernah memperkenalkan Federer sebagai mantan anggota band, pada sebuah konser di Swiss.

"Pada tahun 1996 kami memiliki lima anggota, dengan anggota kelima memainkan perkusi. Dia bersama kami sekitar tiga bulan, dan kemudian dia berkata, 'Saya akan menjadi pemain tenis terhebat sepanjang masa'," ujar Chris.

 

4 dari 4 halaman

Mendukung Palestina

Coldplay sudah sejak lama menyatakan dukungannya untuk Palestina. Setidaknya, dukungan pertama mereka terlihat pada tahun 2011 silam.

Saat itu, akun resmi Coldplay di Facebook menyerukan kepada pengikutnya untuk mendengarkan lagu berjudul "Freedom for Palestine", sebuah lagu yang diinisiasi gerakan One World.

Unggahan tersebut kemudian menuai pro kontra antara penggemar pro-Palestina dan pro-Israel, hingga akhirnya diblokir oleh pihak Facebook setelah menerima banyak pengguna melaporkannya sebagai konten "abusive".

Lagu "Arabesque" juga merupakan hasil kolaborasi dengan musisi asal Palestina bernama Le Trio Joubran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini