Sukses

Istirahat Sejenak Bisa Kurangi Stres dan Kelelahan Bekerja, Ini Buktinya

Ketika karyawan menghadapi tingkat kelelahan yang tinggi akibat stres di tempat kerja, perusahaan dan peneliti akan semakin berupaya mencegah hal ini berdampak buruk pada tenaga kerja mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika karyawan menghadapi tingkat kelelahan yang tinggi akibat stres di tempat kerja, perusahaan dan peneliti akan semakin berupaya mencegah hal ini berdampak buruk pada tenaga kerja mereka.

Salah satu perusahaan tersebut adalah Exos, sebuah perusahaan pelatihan kinerja yang bekerja sama dengan psikolog dari Universitas Hofstra untuk melakukan penelitian tentang bagaimana mereka dapat memanfaatkan konsep “aliran”, suatu keadaan dengan kesadaran optimal yang didambakan dengan kinerja dan kepuasan yang tinggi, serta seringkali dilakukan oleh orang-orang yang berprestasi di tempat kerjanya.

Dilansir dari CNBC Make It, Senin (30/10/2023), mereka menemukan bahwa istirahat singkat secara berkala yang didedikasikan untuk olahraga, meditas, dan menetapkan tujuan dapat membantu meningkatkan aliran saat bekerja dan dapat mencegah kelelahan.

Gambaran besarnya seperti ini, menurut Direktur Senior Ilmu Saraf Terapan Exos, Dr. Chris Bertram, pilihan yang sering dihadapi pengusaha antara kesejahteraan karyawan dan keuntungan bisnisnya adalah dikotomi yang salah. Bertram mengatakan, dengan menggunakan intervensi yang dirancang untuk membangun aliran ini, pemberi kerja dapat secara bersamaan meningkatkan produktivitas sekaligus mengurangi stres.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aliran Menurunkan Stres dan Meningkatkan Keterlibatan

Selama sebulan penuh, 150 karyawan Exos dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok tetap bekerja sebagaimana adanya dan kelompok lainnya menerima apa yang para peneliti sebut sebagai intervensi yang mendukung aliran. Intervensi ini mencakup pendidikan dasar tentang aliran dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Kelompok intervensi diberi tahu tiga kali sehari untuk mengadakan istirahat penetapan tujuan, dimana mereka akan menguraikan dengan jelas apa yang ingin mereka capai dalam kerja satu jam 20 menit berikutnya. Ini disebut pemicu aliran.

“(memiliki tujuan yang jelas) tidak serta merta membuat kita langsung mengikuti arus, tetapi hal ini merupakan salah satu langkah pertama yang membuat kita fokus pada suatu tugas dan mengikuti fokus,” kata Bertram.

“Mengalir bisa menjadi praktik yang disengaja, tetapi banyak orang menganggapnya sebagai hal yang terjadi secara ajaib, ketika semua bintang dan alam semesta sejajar, kita mendapatkan kinerja dari diri kita sendiri.” Lanjutnya.

Selain itu, karyawan dalam kelompok ini juga didorong untuk melakukan istirahat 10-15 menit dua hingga tiga kali sepanjang hari. Dalam istirahat singkat yang strategis ini, karyawan akan melakukan meditasi atau olahraga ringan. Latihan tersebut belum tentu merupakan olahraga secara utuh, tetapi cukup untuk membuat karyawan bangkit dari kursinya dan bergerak.

Semua orang dalam penelitian ini diberi FitBit untuk digunakan sehingga para peneliti dapat melacak detak jantung dan kualitas tidur mereka, yang mereka gunakan untuk menghitung variabilitas denyut jantung, sebuah indikator fisiologis stres berdasarkan respons tubuh peserta. Sepanjang hari, peserta diminta untuk menilai seberapa besar stres dan aliran yang mereka rasakan hari itu dan seberapa terlibatnya mereka dengan pekerjaan mereka.

Pada akhir bulan, Bertram dan timnya menemukan bahwa intervensi melipatgandakan jumlah aliran yang dilaporkan dan melipatgandakan jumlah keterlibatan yang dilaporkan dalam pekerjaan mereka. Peningkatan aliran ini menyebabkan penurunan stres yang dilaporkan dan stabilitas gejala fisiologis.

Di sisi lain, karyawan dalam kelompok pertama melaporkan bahwa mereka memiliki tingkat stres yang stabil, tetapi menunjukan peningkatan gejala stres di tubuh mereka. Serupa dengan orang yang mengalami periode tekanan fisik atau emosional yang ekstrem.

Peserta dalam kelompok aliran meninggalkan pekerjaan dengan perasaan yang tidak terlalu lelah dan benar-benar memiliki waktu setelah bekerja untuk beristirahat dan memulihkan diri, mempersiapkan untuk memasuki hari kerja berikutnya dengan lebih fokus dan energi yang cukup.

“Istirahat dan pemulihan, bahkan dalam waktu yang kecil, menghasilkan laba atas investasi yang besar,” kata Bertram. “Ada ungkapan umum bahwa ‘stres + istirahat = sukses’, kamu mengubahnya sedikit menjadi ‘aliran + istirahat = sukses’.”

3 dari 3 halaman

Istirahat Penting

Temuan penelitian ini menyiratkan bahwa memasukkan ‘jeda’ singkat ke dalam hari kerja dapat membantu mencegah kelelahan dengan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk pulih dari stres.

Bertram menggambarkan aliran sebagai bagian dari siklus yang dimulai dengan masa perjuangan. Hal ini mirip dengan berlari, ketika pada menit-menit pertama tubuh berjuang untuk mengimbangi pengeluaran energi hingga mencapai ritme dan merasakan kelegaan dari perjuangan tersebut. bertram mengatakan titik lega ini merupakan saat ketika kamu bisa mengikuti arus.

“Aliran merupakan keadaan energi yang tinggi sehingga ada biaya energi untuk mengalir,” kata Bertram. “Bagian yang sangat penting dari siklus aliran ini adalah mengembangkan energi ke dalam sistem sehingga ketika perjuangan berikutnya tiba, kamu bisa melakukannya dengan lebih baik.”

Bertram menambahkan, periode istirahat dan olahraga ini mengembalikan energi yang terkuras ke dalam sistem, memungkinkan kamu untuk kembali dengan pekerjaan.

Exos sangat senang dengan hasil penelitian ini sehingga mereka menambahkan intervensi aliran ke dalam kebiasaan dan kode kinerja perusahaan mereka. Setelah mengetahui pentingnya istirahat, Bertram mengatakan bahwa mereka kini mempertimbangkan untuk beralih ke empat hari kerja dalam seminggu saat mereka bekerja sama dengan Adam Grant dan Wharton School of Business untuk melakukan penelitian tentang efektivitasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini