Sukses

Harga Promo Tiket Kereta Suite Class Compartment Rp 1,95 Juta, Ini Jadwalnya

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan kereta suite class kompartemen di Stasiun Gambir, Selasa (10/10). Kereta ini menawarkan layanan kelas VVIP selama perjalanannya dengan harga Rp1.950.000.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan kereta suite class kompartemen di Stasiun Gambir, Selasa (10/10). Kereta Suite Class Compartment ini menawarkan layanan kelas VVIP selama perjalanannya.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, saat ini KAI memberikan tarif promo dengan harga Rp1.950.000 untuk periode 10 sampai 31 Oktober 2023. Namun, dirinya enggan memberikan informasi harga KA Kompartemen saat dijual normal.

"Untuk harga (normal) kita belum, saat ini masih promo dengan harga Rp1.950.000 sampai 31 Oktober," ujar Didiek kepada awak media di lokasi.

Dengan harga tiket  yang mahal tersebut, KAI menyasar target konsumen masyarakat kalangan ekonomi atas. Didiek menekankan, KA Kompartemen akan mewarkan pengalaman setara dengan maskapai penerbangan first class, baik dari sisi kenyamanan ataupun makanan yang disajikan.

"Target pasarnya, kita menyasar masyarakat high end. Kami optimis kehadiran kereta suite Class Compartment akan mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat dan menjadi pilihan utama bagi pelanggan yang  melakukan perjalanan jarak jauh dengan nuansa kemewahan," ungkap Didiek.

KA Kompartemen Didesain untuk Privasi Pelanggan

Selain itu, KA Kompartemen didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal. Dalam 1 kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan. Tak hanya itu, kursi KA Kompartemen juga dapat direbahkan hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur.

Kereta tersebut dirangkaikan pada KA Bima relasi Gambir - Surabaya Gubeng pp. Untuk keberangkatan dari Gambir pukul 17.00, tiba di Surabaya Gubeng pukul 03.30. Sementara keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 19.20, tiba di Gambir pukul 06.00).

KA Kompartemen juga dirangkaikan pada KA Argo Semeru relasi Gambir - Surabaya Gubeng pp. Untuk keberangkatan dari Gambir pukul 06.20, tiba di Surabaya Gubeng pukul 16.50. Sedangkan, keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 09.05, tiba di Stasiun Gambir pukul 19.40.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di Balik Kereta Compartment Suites, Desain Terinspirasi Borobudur hingga Terbuat dari Bahan Ramah Lingkungan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menguji coba layanan Kereta Compartment Suites sebagai bagian dari peluncuran kereta tersebut pada Sabtu, 7 Oktober 2023. Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga turut mengundang Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo untuk merasakan pengalaman naik Kereta Compartment Suites.

Dikutip dari siaran pers KAI, Minggu, 8 Oktober 2023, perjalanan kereta tersebut mengambil rute dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Cirebon PP. Rombongan berangkat dari Stasiun Gambir pukul 12.00 WIB dan tiba di Stasiun Cirebon pukul 14.30 WIB.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dari Stasiun Cirebon pukul 16.15 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 18.00 WIB. Kereta ini adalah layanan terbaru dari KAI yang memiliki perbedaan dengan layanan kereta sebelumnya.

Selain dari segi fasilitas layanan yang banyak memiliki keunggulan, kereta Compartment Suites juga berornamen pembeda dibanding dengan kereta lainnya, baik pada eksterior ataupun interior kereta. Tampilan eksterior kereta ini dibalut dengan warna biru dengan livery warna emas.

Warna itu menunjukkan karakter dan ketegasan bahwa kereta ini adalah untuk kelas high-end. Pilihan warna eksterior Kereta Compartment Suites terinspirasi dari warna kereta Orient Express yang merupakan kelas tertinggi untuk pelayanan kereta api di dunia.

"Ornamen mahkota kami buat dengan dasar warna painting gold ditambah logam kuningan yang dilapis emas sepuh agar logo terlihat semakin cantik dan berkelas sesuai tema high-end class, menunjukkan identitasnya sebagai kelas suites," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

3 dari 3 halaman

Detail Desain

Livery bergaya Palace Decorative Striped yang menggambarkan gaya elegan dan kemewahan sebuah istana, namun masih terlihat simpel dan minimalis. Garis pada livery adalah bentuk dari perumpamaan lintasan kereta yang menuju kejayaan, direpresentasikan oleh simbol mahkota.

Pada interior kereta, dinding lorong Kereta Compartment Suites bermotif lingkar Borobudur dengan sudut pandang dari atas yang terangkai, menggunakan warna toska. Warna toska mencerminkan alam yang terdiri dari warna hijau Bumi dan warna biru laut samudera, yang memberikan kesan sejuk.

Filosofi motif Borobudur mencerminkan konsep kosmos dengan struktur dan tata letaknya yang melambangkan alam dan perjalanan menuju pencerahan atau kejayaan. Pondasi yang kuat dan kokoh menjaga kestabilannya.

"Kami juga memasang tata pencahayaan yang apik dengan perpaduan material berwarna gold dan silver untuk memberikan nuansa kehangatan, seperti halnya KAI yang melayani dengan kehangatan kepada pelanggannya," kata Joni.

Di bagian plafon, Kereta Compartment Suites menggunakan ukiran Perisai Talawang dari material kayu dengan motif Burung Enggang yang dianggap suci dan gagah. Ini memiliki filosofi perlindungan diri sekaligus menumbuhkan keberanian dan tekad keras memperjuangkan cita-cita. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini