Sukses

Ingin Tahu Isi Perusahaan, Tanyakan Ini saat Wawancara Kerja!

Banyak hal yang digunakan ketika wawancara kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal yang harus dilalui saat melamar pekerjaan. Mulai dari menyiapkan syarat yang diajukan hingga wawancara kerja. Nah, dalam wawancara kerja adalah saat paling krusial karena pewawancara ingin tahu mengenai pelamar dan sebaliknya pelamar ingin tahu mengenai isi dari perusahaan.

Seringkali peawancara memberikan waktu 10 hingga 15 menit di akhir sesi agar pelamar bisa mengajukan beberapa pertanyaan mengenai pekerjaan atau perusahaan.

Biasanya, pelamar ingin mengisi waktu tersebut untuk bertanya tentang peran dalam perusahaan hingga keberlangsungan bisnis perusahaan.

Menurut mantan perekrut Google Nolan Church, terdapat satu pertanyaan yang harus serta wajib ditanyakan oleh calon pekerja dalam wawancara kerja. Pertanyaan tersebut adalah:

 

“Apa masalah pertama yang harus saya selesaikan dalam 30 hari pertama?”

Jadi, pertama-tama kamu harus bertanya kepada pewawancara tentang masalah paling kritis akan menjadi tanggungjawabmu. Dari pertanyaan tersebut maka bisa dilihat bahwa apakah ini benar-benar pekerjaan yang ingin kamu jalankan.

Pertanyaan ini juga memberikan kesempatan untuk berpikir tentang "apakah kamu benar-benar ingin menyelesaikan masalah seperti itu?” kata Church, yang sekarang menjadi CEO perusahaan pencari bakat Continuum.

“Lalu, bagaimana tanggapan tim terhadap pendekatan yang kamu buat? Apakah mereka terbuka terhadap ide-ide baru? Atau apakah mereka terjebak dalam caranya masing-masing?”

Intinya, Church mengatakan bahwa ini adalah cara untuk mengetahui, apakah kamu cocok dengan mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang Kesuksesan

Manfaat lain dari menanyakan pertanyaan tersebut adalah ketika kamu memutuskan untuk mengejar peluang tersebut, hal ini bisa menyiapkan dirimu untuk jadi sukses.

“Kami tidak akan membuka peran baru kecuali ada lebih banyak masalah yang harus diselesaikan,” kata Church.

Dengan menilai masalah apa yang paling kritis bagi tim, bahkan selama wawancara kerja, kamu bisa mulai mengorientasikan diri terhadap pekerjaan tersebut dan memikirkan cara menyelesaikan masalah tersebut. Dengan begitu, ketika kamu diterima kerja, kamu bisa mulai bekerja pada hari pertama.

“Tentu saja mendapatkan tawaran pekerjaan akan sangat diinginkan,” kata Church.

“Tetapi, bagian selanjutnya adalah bagaimana kita mendapatkan kemenangan dengan cepat,” yang akan membuat kehidupan tim baru menjadi lebih baik dan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini