Sukses

Luhut Curhat Jadi Menteri Paling Banyak Tugas, Ini Sederet Jabatannya

Kerap disebut sebagai Menteri yang dipercaya memegang banyak tugas selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, mengaku sering banyak komentar mengenai hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Kerap disebut sebagai Menteri yang dipercaya memegang banyak tugas selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengaku sering banyak komentar mengenai hal tersebut.

Luhut pun mengatakan, tidak keberatan dengan sederet tugas-tugas yang diberikan Presiden Jokowi terhadapnya. Menurutnya, yang terpenting tugas tersebut berdasarkan untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Jadi, tentang semua keputusan yang telah membentuk saya hingga hari ini, selama 9 tahun terakhir. Selama saya tak memiliki konflik kepentingan, let me repeat, selama saya tak memiliki konflik kepentingan, I just do it,” kata Luhut dalam paparan acara iDeaFest 2023 di Jakarta Convention Center, Minggu (1/10/2023).

Di sisi lain, Luhut sering kali menghiraukan komentar miring tentangnya yang disebut sebagai Menteri yang paling banyak tugas dari Jokowi.

“Jadi orang mau ngomong apa saja, ya, saya anggap (lewat) begitu saja. Istri saya suka ngeluh, dia bilang begini-begitu. Saya bilang, kamu tahu kan saya enggak lakukan. Jangan baca itu medsos terlalu banyak, jadi sakit kamu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut juga memuji sosok Jokowi sebagai figur pemimpin bangsa yang sederhana, berani, dan penuh tanggung jawab. Menurutnya, generasi muda bisa menjadikan Jokowi sebagai contoh.

“Kita beruntung ada Pak Jokowi. Sangat sederhana dan sangat berani, juga memberikan payung pada anak buahnya. Itu contoh kesederhanaan, kalian harus belajar seperti ini,” katanya.

Sederet Jabatan Luhut

Adapun sebagai informasi, berikut sederet jabatan yang diberikan pada Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan sepanjang pemerintahan Presiden Jokowi, yang dirangkum dari berbagai sumber : 

  • - Ketua Dewan Sumber Daya Air (SDA)
  • - Wakil Ketua KPC-PEN
  • - Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali
  • - Ketua Tim Gernas BBI
  • - Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri
  • - Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan Danau Nasional
  • - Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung
  • - Menteri ESDM
  • - Menteri Perhubungan
  • - Menteri Kelautan dan Perikanan
  • - Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20
  • - Memimpin Penanganan Masalah Kelangkaan Minyak Goreng
  • - Ketua Pengarah Pengelolaan Industri Sawit
  • - Ketua Task Force Investasi Indonesia-Papua Nugini
  • - Ketua Tim Percepatan Investasi IKN Nusantara
  • - Ketua World Water Forum
  • - Koordinator Percepatan Pergaraman Nasional

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kala Luhut Puji Langkah Kaesang Pangarep Jadi Ketua Umum PSI

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengingatkan pentingnya peran generasi muda dalam pemilihan umum (pemilu). Lantaran suara generasi muda itulah yang menentukan masa depan bangsa.

Luhut menyebut, populasi generasi muda ada sekitar 53 persen dari penduduk Indonesia. Dia berharap mereka bisa memilih sosok pemimpin bangsa yang memberikan contoh yang baik.

“Anak muda di Indonesia itu sekarang ada sekitar 53 sekian persen, dan akan ikut dalam pemilihan (umum) ke depan. Masa depan kita sekarang ditentukan juga oleh pemilih, supaya bisa meneruskan sosok pemimpin seperti Pak Jokowi,” kata Luhut dalam acara iDeaFest 2023 di Jakarta Convention Center, Minggu (1/10/2023)

Selain itu, Luhut juga berpesan agar generasi muda dapat memilih pemimpin yang memiliki karakter yang kuat dan idealismenya tinggi terhadap negara.

“Apalagi kita sudah mau pilpres ini kan. Gunakan hak pilihmu untuk memilih anak-anak muda, yang punya idealisme buat negara. Saya titip itu,” ujarnya.

Luhut Puji Langkah Kaesang

Disisi lain, Luhut pun memuji langkah Kaesang Pangarep yang menjadi Ketua Umum PSI. Menurut Luhut, langkah yang dilakukan putera Presiden Joko Widodo itu bisa dicontoh oleh generasi muda lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam politik.

"Ada partai anak muda, kalau bagus contoh barang itu. Kenapa dipersoalkan. Ada Kaesang pilihlah yang diparlemen itu orang-orang yang memiliki idealisme," pungkas Luhut.

 

3 dari 3 halaman

Pesan Luhut ke Anak Muda di IdeaFest 2023: Masa Depan Negeri di Tangan Kalian

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pesan kepada generasi muda agar mempersiapkan diri untuk memimpin Indonesia di masa mendatang.

Hal itu disampaikan dalam event tahunan IdeaFest dengan topik pembicaraan Many Responsibilities, One Statesman: Navigating the Changing Waves of Governance, di JCC Senayan, Minggu (1/10/2023).

“Saya ingin sampaikan kepada anda yang muda, masa depan di tangan anda. Saya ulangi, masa depan negeri ini ada di tangan anda semua. Bekerjalah dengan rajin, buat teamwork yang bagus,” sambungnya," kata Luhut.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut mengingatkan generasi muda agar senantiasa optimis dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan, karena tidak akan mudah.

“Seiring dengan angkatan saya yang beranjak dengan anggun, kami mewariskan kepada Anda, generasi muda yang dinamis dan optimis saat ini, tugas suci untuk membentuk takdir bangsa kami. Terimalah tantangan yang ada di depan Anda, karena itulah tempat di mana potensi tanpa batas Anda akan diuji dan diasah," ujarnya.

“Jadi, pemuda yang terkasih, dengan harapan sebagai panduan kami dan kebijaksanaan sejarah kami sebagai fondasi yang kokoh bagi Anda, manfaatkan saat ini yang singkat ini untuk menciptakan warisan yang akan menyinari jalan bagi generasi yang akan datang. Perjalanan Anda adalah mercusuar yang bersinar yang membimbing tanah air tercinta kita menuju kemakmuran dan kegemilangan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tambah Luhut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini