Sukses

Pesan Luhut ke Anak Muda di IdeaFest 2023: Masa Depan Negeri di Tangan Kalian

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pesan kepada generasi muda agar mempersiapkan diri untuk memimpin Indonesia di masa mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pesan kepada generasi muda agar mempersiapkan diri untuk memimpin Indonesia di masa mendatang.

Hal itu disampaikan dalam event tahunan IdeaFest dengan topik pembicaraan Many Responsibilities, One Statesman: Navigating the Changing Waves of Governance, di JCC Senayan, Minggu (1/10/2023).

“Saya ingin sampaikan kepada anda yang muda, masa depan di tangan anda. Saya ulangi, masa depan negeri ini ada di tangan anda semua. Bekerjalah dengan rajin, buat teamwork yang bagus,” sambungnya," kata Luhut.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut mengingatkan generasi muda agar senantiasa optimis dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan, karena tidak akan mudah.

“Seiring dengan angkatan saya yang beranjak dengan anggun, kami mewariskan kepada Anda, generasi muda yang dinamis dan optimis saat ini, tugas suci untuk membentuk takdir bangsa kami. Terimalah tantangan yang ada di depan Anda, karena itulah tempat di mana potensi tanpa batas Anda akan diuji dan diasah," ujarnya.

“Jadi, pemuda yang terkasih, dengan harapan sebagai panduan kami dan kebijaksanaan sejarah kami sebagai fondasi yang kokoh bagi Anda, manfaatkan saat ini yang singkat ini untuk menciptakan warisan yang akan menyinari jalan bagi generasi yang akan datang. Perjalanan Anda adalah mercusuar yang bersinar yang membimbing tanah air tercinta kita menuju kemakmuran dan kegemilangan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tambah Luhut.

Harus Melek Pendidikan

Disisi lain, Luhut juga berpesan bahwa generasi muda harus melek terhadap pendidikan. Menurut Luhut, pendidikan itu sangat penting untuk bekal masa depan.

"Saya ingin cerita kepada anak-anak muda yang ada di sini mengenai misteri of life, karena menurut saya misteri of life itu kita tidak bisa merancang hidup kita, kita berusaha untuk menyelesaikan studi kita dengan baik, itu mutlak. Tapi setelah itu banyak hal yang tidak kita tahu. Jadi, kamu jangan pernah frustasi," ujar Luhut.

Luhut bercerita, kalau dirinya selalu mengedepankan pendidikan. Hampir semua pendidikan militer di dunia ia ikuti. Berkat konsistensinya tersebut ia bisa merasakan hasil dari usahanya.

"Dalam perjalan hidup saya sebagai militer profesional saya hampir semua pendidikan pasukan khusus di dunia saya pergi. Kalau Anda lihat misteri kehidupan ini tetapi itu bisa berubah. Saya dulu tukang demo tahun 65-66 waktu PKI, operasi militer, dan sekarang saya banyak urus ekonomi, itulah hidup," pungkas Luhut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh Besok 2 Oktober 2023

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Presiden Jokowi akan meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh besok Selasa (2/10/2023).

“Presiden besok itu akan meresmikan kereta cepat, tapi saya kira belum akan bayar karena butuh beberapa waktu,” kata Luhut saat ditemui usai menghadiri acara di iDEAFest 2023 di JCC, Minggu (1/10/2023).

Terkait tarif, untuk tahap pengenalan kepada masyarakat, Pemerintah sementara ini belum mengenakan tarif untuk Kereta Cepat Whoosh alias gratis.

Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan akan menggratiskan sementara Kereta Cepat Whoosh guna menyenangkan rakyat

“Kira kira berapa persen teknisnya belum tahu, akan diberikan kesempatan ke rakyat lagi untuk menikmati,” ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Tarif Kereta Cepat

Sejauh ini, kata Luhut, Pemerintah masih menggodok peraturan mengenai ketentuan tarif Kereta Cepat Whoosh tersebut. Disisi lain, Luhut menyebut Presiden China Xi Jinping dipastikan tidak hadir dalam peresmian besok.

“Ini masih diatur berapa lama. Presiden intinya ingin menyenangi rakyat selama bisa, karena kami sedang membuat moda transportasi yang terintegrasi,” kata Luhut.

Luhut menyampaikan, bahwa Presiden Jokowi dan Xi Jinping akan melaksanakan kegiatan resmi bersama terkait Kereta Cepat di China.

“Besok engga (hadir). Nanti waktu di Tiongkok Presiden (Jokowi) dengan Xi Jinping membuat kegiatan resmi bersama, karena ini proyek proyek dua negara bisa berjalan dengan bagus,” pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini