Sukses

Tak Sembarangan, Ini Aturan Orang Sukses Dalam Bekerja

Kebahagiaan Anda di tempat kerja adalah faktor kunci dalam kesuksesan Anda. Ini caranya

Liputan6.com, Jakarta - Anda tidak selalu dapat menemukan kebahagiaan dalam pekerjaan. Namun, jika Anda dapat menemukan makna dalam pekerjaan Anda, atau setidaknya belajar untuk menoleransinya, manfaatnya banyak.

Menurut Psikolog Wharton, Adam Grant, karyawan yang memahami bahwa pekerjaan mereka memiliki dampak positif yang berarti bagi orang lain tidak hanya lebih bahagia daripada mereka yang tidak; mereka juga lebih produktif.

Penelitian menunjukkan bahwa kenaikan gaji dan promosi lebih sering terjadi pada orang-orang yang merasa pekerjaannya bermakna. Terlebih lagi, penelitian menemukan, para pekerja ini cenderung lebih tangguh, termotivasi dan bekerja lebih keras daripada rekan-rekan mereka.

Dengan kata lain, kebahagiaan Anda di tempat kerja adalah faktor kunci dalam kesuksesan Anda.

Wajar jika Anda merasa bahwa pekerjaan Anda telah kehilangan tujuan setelah tiga tahun yang penuh goncangan akibat pandemi global dan ekonomi yang tidak menentu, di antara pemicu stres lainnya, kata Nicholette Leanza, seorang psikoterapis yang berbasis di Beachwood, Ohio. Namun, menghidupkan kembali semangat harus menjadi prioritas utama.

Menurut Leanza, orang-orang yang paling sukses mengikuti satu aturan untuk mencegah kelelahan dan menjadi lebih bahagia di tempat kerja: Mereka membuat setiap tugas di tempat kerja menjadi penting, sekecil apa pun dan tanpa pamrih.

"Hal ini tidak bisa ditawar lagi. Ini mungkin terlihat sederhana, namun jika Anda bisa menikmati apa yang Anda lakukan dan menemukan makna dalam hal-hal kecil sekalipun, itulah jalan terbaik menuju kebahagiaan yang berkelanjutan," jelas dia.

Inilah cara untuk melakukannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanyakan Pertanyaan Ini

Satu pertanyaan yang harus 'selalu' Anda tanyakan pada diri sendiri di tempat kerja. Untuk meningkatkan makna dalam pekerjaan Anda, pertama-tama Anda harus memahami mengapa Anda melakukan apa yang Anda kerjakan.

Tidak semua tugas harus diselesaikan dengan luar biasa. Tugas tersebut haruslah sesuatu yang bermanfaat bagi Anda, masyarakat, atau yang dihargai oleh orang lain agar memiliki makna yang positif, kata Leanza.

Sebelum mengerjakan suatu hal dalam daftar tugas Anda, "Anda harus selalu bertanya pada diri sendiri: 'Mengapa saya melakukan ini, dan apa maknanya?" tambah Leanza.

Dalam beberapa kasus, seperti saat Anda bekerja lembur untuk memenuhi tenggat waktu proyek, jawabannya mungkin hanya untuk membuat atasan Anda senang atau untuk mempertahankan pekerjaan Anda agar Anda bisa membayar sewa rumah.

Ketika Anda bekerja keras dalam tugas yang sangat membosankan atau berulang-ulang, Leanza merekomendasikan untuk memvisualisasikan upaya positif dan terukur dari pekerjaan Anda. Sebagai contoh: Menangani keluhan pelanggan akan membantu mempertahankan klien penting dan meningkatkan keuntungan bisnis.

Leanza mengatakan bahwa Anda juga bisa memikirkan keterampilan yang sedang Anda pelajari atau sempurnakan, seperti komunikasi atau pemecahan masalah, yang bisa membantu Anda mengukir karier yang lebih memuaskan dalam jangka panjang.

3 dari 3 halaman

Temukan Makna Dalam Membantu Orang Lain

Jika Anda tidak dapat dengan mudah mengidentifikasi dampak positif dan terukur dari pekerjaan Anda, lihatlah rekan kerja Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa bersikap baik kepada atasan, kolega, dan bawahan dapat meningkatkan perasaan bahagia, percaya diri, dan optimisme di tempat kerja.

Jika Anda ingin membuat pekerjaan Anda lebih bermakna dan memuaskan, kata Leanza, fokuslah untuk membangun hubungan yang positif. "Tiba-tiba saja, kesibukan menjadi sebuah tindakan pelayanan yang memuaskan," katanya.

Sebagai contoh: Jika Anda secara sukarela membantu rekan kerja Anda memformat ulang spreadsheet, pertimbangkan bagaimana waktu yang dihemat dapat membantu tim Anda membuat klien terkesan, atau bagaimana hal tersebut membuat rekan kerja Anda dapat pulang lebih cepat dan menghabiskan waktu bersama keluarga mereka.

"Tindakan kebaikan terkecil bisa membuat perbedaan besar," kata Leanza. "Anda tidak pernah tahu, satu percakapan yang Anda lakukan, atau pujian yang Anda berikan kepada seseorang, bisa menjadi hal yang membuat mereka bersemangat menjalani minggu kerja. sulit untuk tidak merasa senang dengan hal itu."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini