Sukses

Goldman Sachs: Ekonomi Jerman Bikin Takut

Jerman jatuh ke dalam resesi teknis pada kuartal pertama 2023 ketika PDB menjadi -0,3 persen.

Liputan6.com, Jakarta Ekonom di Goldman Sachs, melihat Jerman berada di persimpangan masalah global saat menghadapi kontraksi ekonomi.

“Kesulitan yang dihadapi perekonomian (Jerman) saat ini sebenarnya disebabkan oleh sejumlah faktor,” ungkap Kepala penelitian makro EMEA di Goldman Sachs, Peter Oppenheimer, dikutip dari CNBC International, Rabu (20/9/2023).

Faktor ini salah satunya adalah tantangan di sektor manufaktur, dorongan pembukaan kembali China yang masih menunjukkan perlambatan, dan biaya energi yang lebih tinggi berkontribusi terhadap resesi di negara dengan ekonomi terbesar di Eropa.

"Ini… bukan resesi yang dalam tetapi jelas lebih terkena dampak buruknya,” kata Oppenheimer.

Komentar tersebut senada dengan proyeksi terbaru Bundesbank, yang memperkirakan pada bahwa perekonomian Jerman kemungkinan akan menyusut pada kuartal ini karena melambatnya konsumsi swasta dan perlambatan industri.

Seperti diketahui, Jerman secara resmi jatuh ke dalam resesi teknis pada kuartal pertama 2023 ketika pertumbuhan PDB direvisi dari nol menjadi -0,3 persen.

Perkiraan suram terhadap ekonomi Jerman telah memicu diskusi mengenai apakah negara itu sekali lagi akan menghadapi penurunan "tersakit di Eropa,” sebuah julukan yang pertama kali digunakan untuk menggambarkan Jerman pada tahun 1998 ketika negara tersebut menghadapi tantangan ekonomi pasca-reunifikasi.

Namun, menurut Oppenheimer, masih ada hal positif yang bisa ditemukan dalam perekonomian Jerman.

"Pasar ekuitas telah bertahan cukup baik dan saya pikir ada beberapa titik terang dalam hal aktivitas perekonomian," katanya, menyoroti peluang di perusahaan kecil dan menengah di Jerman, yang dikenal sebagai Mittelstand.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jerman Masuk Jurang Resesi, Ekonomi 2023 Diramal Stagnan

Dengan Jerman yang sudah berada dalam resesi teknis, para ekonom memperkirakan bahwa pertumbuhan PDB negara ekonomi terbesar di Eropa akan stagnan selama sisa tahun ini.

Melansir CNBC International, Jumat (7/7/2023) kantor statistik Jerman merevisi pembacaan PDB kuartal pertama dari nol menjadi -0,3 persen pada bulan Mei 2023, mengikuti kontraksi 0,5 persen pada kuartal terakhir tahun 2022. Ini menjadikan Jerman masuk ke jurang resesi.

Tetapi ekonomi yang berkontraksi bukanlah satu-satunya angka yang menunjukkan bahwa ekonomi Jerman sedang mengalami perlambatan.

Untuk bulan Juni 2023, inflasi Jerman diperkirakan akan mencapai 6,4 persen, menandai peningkatan dari 6,1 persen pada bulan Mei.

Meskipun diproyeksikan meningkat, angka tersebut masih merupakan penurunan yang signifikan dari level tertinggi dalam hampir 50 tahun sebesar 8,8 persen pada bulan Oktober, tetapi tetap jauh di atas target Jerman sebesar 2 persen.

"Sepertinya, setidaknya untuk beberapa bulan ke depan, inflasi akan tetap berada di level yang sangat tinggi. Harapan mungkin untuk paruh kedua inflasi mungkin turun sampai batas tertentu," kata Joachim Nagel, presiden bank sentral Jerman, Bundesbank.

Sementara inflasi mungkin mulai turun, bank sentral Jerman memperkirakan bahwa inflasi tidak akan mencapai 2 persen hingga setidaknya tahun 2025.

Konsumen Jerman bahkan merasakan dampak inflasi tinggi yang bertahan lama, tekanan keuangan pada rumah tangga juga tampaknya tidak akan mereda dalam waktu dekat.

Meskipun pemerintah tidak dapat serta merta mengendalikan inflasi, hal itu dapat mengurangi dampaknya terhadap populasi Jerman, menurut Sylvain Broyer, kepala ekonom EMEA di S&P Global Ratings.

"Apa yang dapat dilakukan oleh otoritas fiskal dalam menghadapi inflasi yang tinggi adalah meringankan rasa sakit akibat inflasi pada warga negara yang paling rapuh," katanya.

3 dari 4 halaman

Jerman Hadapi Lonjakan Biaya Energi

Jerman telah memperkenalkan berbagai paket bantuan pada tahun 2022, yang dirancang untuk membantu warga Jerman mengatasi kenaikan biaya hidup, termasuk peningkatan tunjangan anak dan pembayaran satu kali untuk pelajar dan pensiunan.

Bank Sentral Eropa secara konsisten menaikkan suku bunga sejak Juli 2022 karena berupaya menurunkan inflasi di seluruh kawasan, dan suku bunga utama saat ini duduk di 3,5 persen setelah kenaikan 25 basis poin lebih lanjut pada 15 Juni.

Di sisi lain, beberapa sumber energi di Jerman mulai menyesuaikan dengan harga sebelum perang Rusia Ukraina pecah. Hal ini mendorong krisis energi terus berdampak pada beberapa industri terbesar di negara ekonomi terbesar di Eropa itu.

"Produksi industri intensif energi berkurang secara substansial. Sektor otomotif (juga telah] mengalami kesulitan selama beberapa waktu dan restrukturisasi substansial masih ada di depan," kata Ketua Ekonomi Moneter di Universitas Goethe di Frankfurt, Volker Wieland.

Tagihan listrik di Jerman diperkirakan akan meningkat sekitar 35 persen tahun ini, sementara harga listrik industri akan naik sekitar 75 persen, menurut laporan oleh Allianz.

4 dari 4 halaman

Resesi Jerman Diramal Memburuk, Harus Susah Payah Keluar

Ekonom di Ifo Institute memprediksi perekonomian Jerman akan berkontraksi lebih dari yang diperkirakan sebelumnya tahun ini, karena inflasi akan berdampak pada konsumsi swasta. 

"Ekonomi Jerman bekerja sangat lambat untuk keluar dari resesi," kata kepala prakiraan ekonomi Ifo Timo Wollmershaeuser, dikutip dari US News, Kamis (22/6/2023).

Produk domestik bruto Jerman diperkirakan turun 0,4 persen tahun ini, lebih dari perkiraan 0,1 persen oleh Ifo Institute pada bulan Maret.

"Saat kami membandingkan Jerman dengan mitra dagang utama kami, negara-negara ini setidaknya diharapkan mencatat pertumbuhan," ungkap Wollmershaeuser.

Ifo memperkirakan PDB zona euro akan meningkat hanya sebesar 0,6 persen tahun ini dan AS sebesar 0,9 persen.

Lembaga ekonomi itu juga memangkas perkiraan pertumbuhan PDB Jerman pada 2024 menjadi 1,5 persen, turun dari 1,7 persen yang diperkirakan sebelumnya.

Inflasi Jerman diperkirakan akan turun perlahan dari 6,9 persen pada 2022 menjadi 5,8 persen tahun ini, turun menjadi 2,1 persen pada 2024. 

Mengenai inflasi inti Jerman, Institut Ifo memperkirakan akan meningkat menjadi 6 persen tahun ini dari 4,9 persen pada tahun 2024 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini