Sukses

Cerita Penumpang Pesawat Boeing 777 yang Menukik 28 Ribu Kaki dalam 10 Menit

Seorang penumpang United Airlines menceritakan ketika pesawat Boeing 777 tiba-tiba mulai menukik dalam 10 menit hingga membuat penumpang panik.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang seniman di Jersey City menceritakan momen yang membuat perutnya mual saat berada di dalam pesawat. Tato Lovere pikir akan meninggal dunia di pesawat yang jatuh hampir 30.000 kaki dalam 10 menit pada awal pekan ini.

Dikutip dari New York Post, ditulis Selasa (19/9/2023), Tato Lovere (47) menuturkan sedang berada dalam pesawat United Airlines 510 dari Newark ke Roma bersama pacarnya saat pesawat United Airlines tiba-tiba mulai menukik. Hal itu membuat dirinya dan penumpang lain menjadi panik.

"Ada melihat orang-orang menoleh, ada orang yang saling memandang, ada orang yang mencari jawaban tanpa berteriak,” ujar dia kepada The Post.

“Anda benar-benar mengira Anda akan mati,” ia menambahkan.

Tak lama setelah pesawat Boeing 777 tujuan Italia lepas landas pada pukul 21:20, seniman itu sedang melakukan perjalanan untuk merayakan ulang tahunnya dan bertemu dengan pemilik galeri di Roma, Italia. Ia menuturkan, kapten dan pramugari memakai intercom beberapa kali memperingatkan penumpang tentang potensi masalah dengan pesawat.

Sekitar pukul 22.07, Lovere teringat akan “perasaan mual” yang mencengkeram tubuhnya saat pesawat miring ke depan, sebelum turun 28.000 kaki selama 10 menit, menurut pelacak penerbangan FlightAware.

“Saya mencoba yang terbaik yang saya bisa untuk mengirim pesan teks kepada putri saya tanpa menimbulkan rasa takur, untuk memberi tahu dia, saya sangat mencintainya, dan bangga padanya,” ujar dia.

Ia juga mengingat bagaimana pramugari berbicara kepada penumpang di tengah kekacauan yang terdengar seperti jika dia menangis atau baru saja menangis, dan merasa tidak berdaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sang Putri Melacak Pesawat

Lovere menuturkan, di tengah kejadian itu, putrinya telah melacak pesawat tersebut secara online, merasa resah ketika ibunya berputar-putar di udara di atas Halifax.

“Dia sedang menelpon United menanyakan kepada mereka mengapa dia melihat penerbangan ibunya berputar-putar di atas Halifax,” ujar dia.

“United memberitahunya bahwa semuanya baik-baik saja,” ia menambahkan.

Kapten pesawat akhirnya datang dan mengumumkan pesawat mungkin perlu mendarat darurat di Halifax sebelum mengungkapkan pesawat mulai dialihkan kembali ke Bandara Internasional Newark Liberty mendarat sebelum pukul 12:30.

Dalam video yang dibagikan kepada The Post oleh Lovere di gerbang bandara, seorang kapten United Airlines mengklaim melalui pengeras suara kalau ada lubang sekitar 6-8 inchi di sisi pesawat sehingga menyebabkan tekanan udara.

3 dari 4 halaman

Boeing dan Vietnam Airlines Dikabarkan Sepakat Pembelian 50 Pesawat 737 Max Jet

Sebelumnya, Vietnam Airlines akan menandatangani perjanjian awal untuk membeli sekitar 50 pesawat Boeing 737 Max Jet senilai USD 7,5 miliar.

Dikutip dari CNBC, Minggu, (10/9/2023), hal itu berdasarkan pernyataan sumber. Penjelasan tentang kesepakatan yang akan datang dikonfirmasi oleh laporan Reuters pekan lalu, muncul ketika Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengunjungi Hanoi untuk meningkatkan hubungan. Adapun Boeing dan Vietnam Airlines tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Kesepakatan itu akan bernilai USD 7 miliar, dan biasanya perusahaan yang belum dalam jumlah besar mendapat diskon. Namun, sumber tersebut tidak komentari mengenai hal itu.

Sebelumnya Boeing memiliki kesepakatan dengan saingan Vietnam Airlines, VietJet untuk penjualan 200 pesawat 737 MAX miliknya.

Adapun Vietnam adalah pasar penerbangan dengan pertumbuhan tercepat kelima di dunia pada 2022 ketika negara itu mencabut pembatasan perjalanan akibat COVID-19, menurut Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) yang prediksi negara itu akan melayani 150 juta penumpang angkutan udara pada 2035.

Jet Boeing 737 Max dilarang terbang di seluruh dunia selama berbulan-bulan setelah dua kecelakaan fatal di Indonesia dan Ethiopia pada 2018 dan 2019. Pesawat itu kembali beroperasi mulai akhir 2020.

Vietnam Airlines mencatat rugi 1,3 triliun dong atau setara USD 53,96 juta pada kuartal II 2023. Kinerja keuangan yang terpukul itu merupakan kuartal ke-14 dalam zona merah, berdasarkan laporan keuangannya. Maskapai itu mengatakan, rugi tersebut disebabkan harga bahan bakar dan faktor risiko keuangan lainnya.

Selain itu, Boeing juga telah melakukan pembicaraan dengan pihak berwenang Vietnam bersama dengan perusahaan pertahanan AS lainnya mengenai kemungkinan penjualan peralatan militer termasuk drone dan helicopter.

Boeing yang berbasis di Arlintong, Virginia memiliki enam pemasok di Vietnam dan berupaya meningkatkan kemampuan mereka.

 

4 dari 4 halaman

Garuda Indonesia Datangkan 2 Pesawat Boeing 737-800 NG Agustus Ini

Sebelumnya, Garuda Indonesia akan mendatangkan dua pesawat tambahan jenis Boeing 737-800 NG pada Agustus 2023 ini. Adapun satu di antaranya sudah tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Jumat (4/8/2023) malam, setelah diberangkatkan dari Bandara Internasional Istanbul Sabiha Gökçen, Turki pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, kedatangan satu pesawat jenis Boeing 737-800 NG ini merupakan bagian dari rencana penambahan armada Garuda Indonesia sebanyak total 5 armada narrow body pada 2023.

Tujuannya, dalam rangka mengoptimalkan tren peningkatan trafik penumpang dengan memperkuat jumlah armada yang dioperasikan, seiring meningkatnya aktivitas bepergian masyarakat pasca pandemi.

"Rencana kelima pesawat ini nantinya akan menunjang optimalisasi pertumbuhan frekuensi penerbangan Garuda baik rute domestik maupun internasional di sepanjang tahun 2023, khususnya rute-rute dengan capaian positif," ujar Irfan, Minggu (6/8/2023).

Masih dalam bulan yang sama, Garuda Indonesia juga direncanakan akan kembali menerima pesawat Boeing 737-800 NG sebagai pesawat kedua yang tiba di Jakarta. Untuk kemudian masuk ke proses painting livery di GMF AeroAsia sebelum secara resmi beroperasi.

"Dengan hadirnya kedua pesawat tersebut, maka saat ini kekuatan armada Boeing 737-800 NG Garuda Indonesia sebanyak 39 armada. Sementara untuk 2 pesawat berikutnya diproyeksikan akan tiba sekitar di akhir kuartal III 2023," jelas Irfan.

Memasuki kuartal III 2023, Garuda Indonesia juga terus memperkuat jaringan penerbangan dalam waktu dekat. Seperti rencana pembukaan rute baru Denpasar-Sorong, peningkatan frekuensi penerbangan untuk rute-rute favorit yakni dari/menuju Denpasar, Surabaya, Singapura, Malang, hingga Tanjung Pinang.

"Hal tersebut turut kami selaraskan dengan optimalisasi pangsa pasar umrah melalui rute penerbangan langsung ke Tanah Suci dari sejumlah kota besar di Indonesia," pungkas Irfan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini